?>
LADIESTORY.ID | FASHION | CARA MENCUCI BAJU GAMIS BERBAHAN RAYON AGAR TIDAK MENCIUT

Cara Mencuci Baju Gamis Berbahan Rayon Agar Tidak Menciut

LS Fashion
Penulis: LS Fashion
Durasi baca: 2 menit, 23 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Mencuci Baju Gamis Berbahan Rayon Agar Tidak Menciut

Baju Gamis Rayon. Pernahkah kamu merasa baju gamis kamu yang berbahan rayon menyusut setelah dicuci? Hal ini otomatis bikin kamu terganggu karena bisa membuat kamu baju menjadi tidak nyaman jika dipakai. Beberapa jenis bahan baju seperti rayon, rajut, jeans, wol, chiffon, atau bahan katun memang rentan mengalami penyusutan, terutama saat pencucian pertama.

Hal ini karena jenis bahan pembuat baju tertentu akan ditarik, dipintal, dan dihubungkan dengan berbagai proses untuk menghasilkan benang yang kemudian dijadikan kain untuk dijahit menjadi baju. Nah, saat berbagai proses ini dilakukan, maka serat-serat dari bahan pembuat baju tadi akan berubah bentuk dan ukuran. Bahan-bahan ini akan jadi memanjang dan membuatnya menyatu karena ikatan hidrogen. Hal ini mengakibatkan baju gamis yang kamu cuci menyusut dari ukuran semula. Jika baju gamis tiba-tiba mengecil setelah dicuci, jangan khawatir. Ternyata kamu cukup melakuakan hal dibawah ini untuk mengatasinya:

Basahi terlebih dahulu

Penuhi ember dengan air hangat dan secangkir penuh sampo bayi, kucek baju secara lembut di dalam ember dan biarkan serat-serat baju menyerap air yang sudah dicampur sampo bayi tersebut. Setelah itu remas-remas secara pelan baju tersebut, jangan diperas dan dibilas ya ladies.

Baca juga: Pemilihan Warna Baju Ternyata Dapat Menentukan Karaktermu. Cari Tau, Yuk

Kurangi intensitas mencuci dengan mesin cuci

Mencuci baju gamis yang berbahan rayon dan menjadi kesayangan.  Hindari mencuci dengan mesin cuci yang dapat menimbulkan beragam risiko, termasuk baju yang mengkerut. Agar baju gamis kesayangan tidak semakin mengkerut, kurangi intensitas mencuci baju kesayanganmu dengan mesin cuci. Mencuci secara manual akan menghindarkan kamu dari risiko baju yang kian mengkerut. Selain itu, menambahkan pelembut baju dapat membuat bahan baju menjadi tetap lembut.

Menggunakan conditioner rambut

Cara mencuci baju gamis rayon berikutnya adalah menggunkan conditioner yang dikenal sebagai pelembut rambut ternyata juga memiliki kemampuan yang ampuh untuk melembutkan serat baju terutama berbahan rayon. Conditioner bisa digunakan untuk mencuci baju gamis berbahan rayon yang menyusut dan mengembalikannya ke ukuran semula.

Caranya cukup mudah yaitu siapkan 1liter air hangat untuk mencuci dan tuangkan 1 sendok makan conditioner. Campur dan aduk hingga berbusa. Rendam baju gamis selama 30 menit lalu angkat, peras dan bentangkan diatas handuk yang kering dan gulung bersama, kemudian jemur baju gamis tanpa membilasnya.

Mengganti deterjen dengan shampo bayi

Bahan sampo bayi dikenal memiliki lebih banyak bahan pelembabnya dibandingkan deterjen. Hal ini membuat shampoo bayi dapat dimanfaatkan untuk mengendurkan serat baju yang menyusut terutama yang berbahan rayon. Untuk mengembalikan baju gamis rayon ke ukuran semula, rendamlah baju gamis dengan campuran air dingin dan sampo bayi selama 30 menit. Kemudian cuci seperti biasa dan baju rajutmu yang munyusut akan mengendur ke ukuran semula.

Menyetrika baju setelah pakaian kering

Setelah dicuci, biasanya baju gamis memang akan sedikit mengkerut. Oleh karena itu, kamu perlu menyetrikanya agar baju kembali rapi dan tidak terlalu kaku. Menyetrika baju dapat membuat serat-serat baju kembali meregang. Untuk kerutan yang cukup sulit dirapikan, kamu dapat memanfaatkan semprotan pelicin pakaian.

Baca juga: 8 Inspirasi Warna Baju Lebaran Serba Coklat yang Bisa Disontek


Bagaimana ladies mudah bukan tips diatas tadi agar baju gamis kesanyangan yang berbahan rayon tidak mengkerut setelah dicuci. Selamat Mencoba!

 

 

Cara mencuci baju gamis berbahan Rayon agar tidak menciut cara menuci baju berbahan gamis tips mencuci baju agar tidak menysuut

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Fashion