Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | CARA MENGATASI DAN MENGHILANGKAN NYERI HAID

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Nyeri Haid

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 1 menit, 46 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Nyeri Haid

Nyeri haid atau dismenore umum dialami setiap wanita selama menstruasi. Penyebab nyeri haid bermacam-macam. Namun, kamu perlu waspada bila nyeri haid yang muncul tak tertahankan dan tak kunjung hilang, karena bisa jadi ini menkamukan adanya penyakit atau gangguan tertentu.

Nyeri haid umumnya dialami wanita pada awal masa menstruasi. Rasa sakit di perut bagian bawah ini tidak begitu menyiksa pada sebagian wanita, sehingga mereka tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Begitu pula jika nyeri haid muncul beserta keluhan lain, seperti perdarahan berlebih, periode menstruasi lebih lama dari biasanya, keputihan tidak normal, nyeri terasa intens di area panggul, serta demam.

Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Tidak Tertahankan

Baca juga: Apakah Normal Atau Tidak? Keputihan Sebelum Haid

Mengonsumsi Teh Chamomile

Sebuah penelitian ilmiah di Imperial College of London menemukan fakta bahwa daun teh memiliki manfaat untuk mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri haid, terutama teh chamomile. Teh mengandung nutrisi anti peradangan yang meredakan kadar prostaglandin penyebab dari kontraksi otot perut yang menjadi akar dari nyeri haid.

Kompres dengan Air Panas

Temperatur hangat membantu meringankan kontraksi otot-otot di uterus, penyebab utama dari rasa nyeri haid. Basahkan kain dengan daya serap air tinggi menggunakan air panas dan kompres bagian-bagian nyeri haid yang kamu rasa seperti di pinggang dan pinggul belakang.

Motode Akupuntur

Akupuntur adalah metode pengobatan alami dari Tiongkok. Akupuntur menggunakan jarum yang ditancapkan ke titik-titik tertentu pada kulit manusia. Para peneliti menemukan bahwa teknik akunpuntur memiliki efek positif untuk menghilangkan nyeri saat datang bulan.

Berolahraga

Di saat nyeri haid menyerang, sangatlah sulit untuk menggerakkan tubuh. Namun penelitian menemukan bahwa melakukan aktivitas fisik ringan seperti mengangkat dumbbell kecil atau sekadar berjalan di rumah dapat memompa aliran darah yang melepaskan hromon endorfin untuk mengurangi kadar prostaglandin yang berujung pada meredanya rasa nyeri haid.

Minum Banyak Air Putih

Air putih adalah obat nyeri haid ampuh yang mudah kita dapatkan di mana pun. Minum lah air putih setidaknya 6 hingga 8 gelas setiap hari, terutama saat sedang mengalami fase menstruasi. Menjaga tubuh tetap terhidrasi akan menghindarkan dari derita nyeri saat menstruasi.

Itulah cara mengatasi dan menghilangkan nyeri haid secara alami, ladies. Dengan mengikuti langkah tersebut, kamu bisa lebih tenang ketika datang bulan, dan terhindar dari rasa sakit yang menyiksa.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

 

Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Tidak Tertahankan Nyeri Haid yang Tidak Tertahankan Nyeri Haid

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health