?>
LADIESTORY.ID » LIFESTYLE » CARA MENGHILANGKAN NODA DI PAKAIAN BERWARNA PUTIH

Cara Menghilangkan Noda Di Pakaian Berwarna Putih

LS Lifestyle
Kamis, 25 Juni 2020 | 03:39:32
Durasi baca: 2 menit, 19 detik
Dibaca: 3 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara  Menghilangkan Noda Di Pakaian Berwarna Putih

Noda kuning bisa jadi disebabkan oleh keringat maupun bekas deodorant yang mengering. Yang bikin kesal, noda kuning terhitung susah banget dibersihkan, apalagi di pakaian berwarna putih. Nggak perlu kesal lagi, kalian bisa praktikkan beberapa tips di bawah ini untuk membersihkan noda kuning membandel di baju. Seiring waktu keringat yang mengandung minyak, garam, dan protein dari tubuh dapat meninggalkan noda kuning di baju putih. Biasanya noda kuning meninggalkan jejaknya di kerah baju dan bagian ketiak yang sangat sulit dihilangkan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui cara menghapus noda kuning pada baju. Berikut ada beberapa bahan yang dapat menghilangkan noda kuning di baju putih. Yuk, simak ulasannya

Perasan lemon

Lemon nggak hanya bagus buat tubuh. Kadar asam yang tinggi dalam buah berwarna kuning ini juga merupakan agen pembersih paling ampuh, tak terkecuali dalam menghilangkan noda membandel pada kain. Campurkan perasan setengah gelas perasan lemon ke dalam satu liter air panas lalu rendam pakaian bernoda kuning. Kalau bisa, rendam pakaian semalaman sebelum dicuci seperti bisa.

Larutan soda kue

Satu lagi bahan dapur yang bisa dimanfaatin untuk membersihkan noda kuning di baju. Soda kue terkenal memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menghilangkan kerak dan noda membandel. Cukup campurkan 4 sendok makan soda kue dengan mura mangkuk air hangat dan kucek area yang terkena noda. Diamkan hingga setengah jam, lalu cuci baju seperti biasa. Gampang banget, kan?

Baca juga: Arti Tersembunyi Dari Logo Pada Label Pakaian

Sabun pencuci piring

Bener banget, ternyata sabun cuci piring juga bisa dipakai buat bikin baju jadi kinclong lagi. Soalnya, sabun cuci piring dikenal memiliki zat pembersih yang lebih keras dan mampu membersihkan noda lemak hingga asam dengan lebih efektif. Caranya, kamu bisa oleskan setitik sabun ke area noda, lalu sikat dengan lembut. Noda yang mengeras dan berwarna kuning lama kelamaan bakal memudar. Pakaian pun bisa kembali kinclong.

Cuka putih

Cara menghilangkan noda kuning dengan asam penetral. Asam bisa menghilangkan noda kuning di baju secara efektif, termasuk untuk memudarkan noda kuning. Contoh opsi yang kamu bisa gunakan adalah cuka putih (jangan gunakan cuka dengan pewarna karena justru bisa mengubah warna baju) dan asam salisilat yang kamu bisa dapatkan dari tablet aspirin.

  • Jika kamu menggunakan cuka putih, tuangkan sedikit ke atas noda. Metode ini ampuh untuk noda yang sudah lama.
  • Jika kamu menggunakan asam salisilat, hancurkan dua tablet aspirin dan campur dengan sedikit air hingga menjadi adonan pasta. Oleskan adonan ke atas noda.
  • Diamkan selama 30 menit agar asam bekerja memudarkan noda kuning, kemudian bilas.
  • Cuci dengan mesin cuci seperti biasa untuk menghilangkan sisa noda. 

Asam penetral seperti cuka putih bekerja efektif untuk baju berbahan sintetis, misalnya rayon dan akrilik. Jika kamu menggunakan adonan aspirin, jangan lupa untuk segera menyimpan kembali kemasan obat jauh dari jangkauan anak-anak. Ketika mencoba untuk menghilangkan noda kuning pada baju, kamu perlu membaca label perawatan baju tersebut dan mengetes metode pilihan kamu pada satu area kecil terlebih dahulu. Selamat mencoba ya!

cara menghilangkan noda kuning di baju tips menghilangkan noda kuning di baju menghilangkan noda kuning di baju

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE