LADIESTORY.ID | PARENTING | CARA SUPAYA ANAK MAU PAKAI MASKER SAAT KELUAR RUMAH

Cara Supaya Anak Mau Pakai Masker Saat Keluar Rumah

LS Parenting
Durasi baca: 2 menit, 29 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Supaya Anak Mau Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Di tengah mewabahnya virus Corona seperti sekarang, memakai masker adalah keharusan pada kondisi tertentu. Misalnya saat sedang sakit atau berada di tempat ramai seperti bandara dan rumah sakit. Anjuran ini tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak.

Meski demikian, tidak mudah memakaikan masker pada anak-anak. Mereka seringkali menolak dipakaikan masker atau mencopotnya setelah terpasang. Mungkin mereka merasa gerah, sulit bernapas, dan merasa tidak nyaman. Namun, tidak sedikit dari orang tua yang masih kesulitan memakaikan masker pada anaknya, terlebih untuk waktu yang lama. Nah, berikut beberapa cara jitu yang bisa ladies coba. Disimak baik-baik, yuk!

Beri pemahaman pada anak

Baca juga: Staycation Ala Perkemahan Di Kota Bogor Yang Ramah Anak

Di usianya yang masih sangat kecil, anak mungkin belum tahu kenapa ia wajib memakai masker saat berada di luar rumah. Di sinilah peran Ayah dan ladies sebagai orang tua diperlukan, yaitu untuk memberikannya pemahaman. Gunakan bahasa yang ringan dan sesuai dengan usianya, ya.

Membiasakan diri lewat bermain

Terkadang untuk memulai sesuatu yang baru tidaklah mudah. Padahal, hal tersebut sangat baik untuk kita, seperti masker yang melindungi kita dari paparan Virus Corona. Semua itu karena kita belum terbiasa saja. Nah, ladies bisa mulai dengan mengenalkan si kecil pada masker lewat kegiatan bermain, misalnya berlatih memakaikan masker kain pada boneka. Jahit terlebih dahulu dua masker yang serasi, ladies, satu untuk anak dan satunya lagi untuk boneka. Pasangkan masker anak dengan benar, lalu, biarkan ia yang memakaikan masker pada boneka kesayangannya.

Beri contoh yang baik

Sebagai seorang anak, ia akan mencari sosok untuk menjadi role model yang bisa ia tiru, ladies. Biasanya sosok role model ini tidak lain adalah Ayah dan ladies sebagai orang tua. Oleh karena itu, sebaiknya ladies memberikan contoh yang baik dengan memakai masker selama bepergian agar terhindar dari Virus Corona. Bila perlu, pakai masker di dalam rumah. Hal ini agar rasa takut anak akan masker bisa hilang. Selain itu, masker tidak dianggap sebagai sesuatu yang aneh atau gangguan, ladies.

Membiarkan anak memilih atau membuat maskernya sendiri

Sekali-kali, saat ladies membeli masker secara online, ladies bisa memberikan kesempatan pada buah hati untuk memilih maskernya sendiri. Atau ladies juga bisa membuat masker di rumah dengan menggunakan kain bermotif yang ada. Namun, usahakan untuk tetap melibatkan anak dalam proses pembuatannya. Tanyakan pada mereka, hiasan apa yang ingin digunakan agar masker kain terlihat makin cantik. Dengan begitu, akan timbul rasa memiliki dan anak menjadi lebih senang untuk mengguakannya.

Pastikan masker dipakai dengan benar

Bisa jadi anak merasa tidak nyaman karena pemakaian masker yang salah, ladies. Untuk itu, pastikan masker anak sudah terpasang dengan benar. Masker menutup bagian hidung dan mulut si kecil dan rapat sampai ke bawah dagu. Cek juga apakah anak dapat bernafas dengan baik dan nyaman selama masker terpasang. Jangan lupa cuci tangan sebelum memakaikan maskernya, ya! Tentunya agar anak terlindungi dari paparan Virus Corona, ladies.

Wah, semoga dengan cara ini, anak jadi tidak enggan lagi kala diminta untuk memakai masker, ya, ladies. Walaupun penggunaan masker ini sangat dianjurkan di tengah pandemi Virus Corona, tapi tidak untuk anak berusia di bawah 2 tahun.

Baca juga: Yuk, Mulai Mengajari Anak Hidup Sehat Sedini Mungkin

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

 

Cara agar anak mau pakai masker masker untuk anak covid - 19 tips agar anak mau memakai masker

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting