?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » CEGAH FLU DENGAN VAKSIN INFLUENZA

Cegah Flu Dengan Vaksin Influenza

LS Health
Penulis: LS Health
Minggu, 07 Juni 2020 | 11:04:56
Durasi baca: 1 menit, 53 detik
Dibaca: 1 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cegah Flu Dengan Vaksin Influenza

Jangan anggap remeh sakit flu. Penyakit ini musiman dan mudah menular, apalagi di musim penghujan seperti akhir – akhir ini. Anak – anak paling rentan tertular virus influenza. Karena kekebalan tubuh mereka tak sekuat orang dewasa. Sebab itulah vaksinasi influenza diperlukan.

Vaksin influenza merupakan vaksin yang mampu melindungi kamu dari penyakit flu. Vaksin influenza sebaiknya diberikan setiap satu tahun sekali karena meski merupakan penyakit ringan, nyatanya flu bisa menimbulkan masalah besar bagi sebagian orang. Vaksin influenza menjadi penting untuk diberikan karena influenza atau flu sangat mudah untuk menyebar. Virus ini menyebar melalui percikan air liur atau kontak dengan barang yang telah terkontaminasi virus.

Anak – anak berusia di atas umur 6 bulan sudah dapat diberikan vaksin influenza. Anjuran ini juga direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Vaksin ini diberikan untuk mencegah penyakit influenza yang berat. Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan vaksin influenza untuk:

Baca juga: Ternyata 8 Bahan Alami Ini, Bisa Untuk Mengatasi Flu dan Batuk Pada Ibu Menyusui

  • Anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun
  • Orang lanjut usia (lebih dari 65 tahun)
  • Wanita hamil
  • Penderita penyakit kronis
  • Pekerja medis

Ada dua jenis vaksin influenza, yakni injeksi dan semprot hidung. Pada anak – anak yang belum pernah terpapar virus flu akan bereaksi bila diberikan vaksin ini. Reaksinya umumnya ringan saja dan sangat minim terjadi. Reaksinya berupa demam ringan. Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan, anak – anak di bawah 9 tahun yang belum pernah mendapatkan vaksinasi influenza diberikan 2 dosis dengan interval 4 minggu. Sebabnya, anak – anak yang belum mendapat vaksin tidak mengembangkan kadar antibody yang cukup ketika pertama kali diberikan vaksin. Antibodi ini melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Vakisn ini dinilai cukup aman bagi siapa saja. Namun tak boleh diberikan kepada anak – anak yang pernah bereaksi terhadap vaksin terdahulu, alergi terhadap telur, memiliki penyakit autoimun, atau sedang demam. Bila anak sedang demam, tunggu sampai demam anak menurun. Vaksin flu efektif 70 – 90% dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh flu tergantung lama dan intensitas musim flu dan kesehatan tubuh secara umum.

Vaksin flu memberikan kesempatan yang baik untuk mencegah flu tapi tidak bisa menjamin tidak sakit. Vaksin flu melindungi tubuh dari 2-3 virus influenza yang umum. Namun vaksin flu tidak dapat melindungi dari infeksi virus bukan influenza seperti virus penyebab pilek. Banyak orang yang salah mengira bahwa mereka tidak akan sakit sama sekali jika mereka mendapat vaksin flu. Tetapi tubuh akan terlindung dari virus umum saat musim flu.

vaksin flu manfaat vaksin Vaksin influenza

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH