LADIESTORY.ID | HEALTH | CEGAH INFLUENZA DI MUSIM HUJAN DENGAN VITAMIN C

Cegah Influenza Di Musim Hujan Dengan Vitamin C

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 1 menit, 59 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cegah Influenza Di Musim Hujan Dengan Vitamin C

Saat musim hujan, suhu udara cenderung lebih dingin dan lembap. Dalam kondisi tersebut, virus penyebab flu bisa berkembang biak lebih cepat dan lebih mudah menular. Selain itu, udara dingin saat musim hujan juga diduga dapat menurunkan daya tahan tubuh, sehingga virus influenza lebih mudah menimbulkan infeksi.

Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Jumlah asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah 75-90 mg setiap harinya. Vitamin ini banyak terdapat dalam sayur dan buah. Salah satu buah yang sangat kaya akan vitamin C adalah jambu biji.

Manfaat dan Sumber Vitamin C Terbaik untuk Menangkal Influenza

Baca juga: Manfaat Suplemen Vitamin C Untuk Imunitas Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat menangkal serangan berbagai penyakit di musim hujan. Nah, salah satu cara untuk memperkuat daya tahan tubuh adalah mencukupi kebutuhan vitamin C setiap hari. Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Jumlah asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah 75-90 mg setiap harinya. Vitamin ini banyak terdapat dalam sayur dan buah. Salah satu buah yang sangat kaya akan vitamin C adalah jambu biji.

Ada banyak alasan mengapa jambu biji termasuk sumber vitamin C terbaik, di antaranya:

Memiliki Rasa Yang Enak Dan Mudah Diolah

Jambu biji atau guava banyak digemari karena rasanya yang manis dan lezat. Selain dikonsumsi secara langsung, buah ini juga dapat diolah menjadi jus, salad buah, rujak, atau asinan buah.

Mengandung Lebih Banyak Vitamin C

Kandungan vitamin C pada jambu biji dua kali lipat lebih banyak daripada jeruk. Dalam satu buah jeruk ukuran sedang, hanya terkandung sekitar 50 mg vitamin C. Sedangkan dalam satu buah jambu biji, terkandung sekitar 225 mg vitamin C. Jumlah ini setara dengan 140% dari angka kebutuhan vitamin C harian. Inilah alasan mengapa jambu biji merupakan pilihan yang tepat untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian Anda.

Mengandung Banyak Nutrisi Lain Yang Penting Bagi Tubuh

Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung vitamin A, folat, serat, protein, dan antioksidan likopen yang dapat membantu tubuh melawan virus penyebab penyakit. Selain jambu biji dan jeruk, makanan yang juga merupakan sumber vitamin C adalah buah pepaya, mangga, stroberi, tomat, cabai, dan sayur-sayuran, termasuk bayam dan brokoli.

Meskipun terkesan ringan, penyakit flu, pilek, dan batuk bisa mengganggu aktivitas dan menurunkan produktivitas. Maka agar terhindar dari influenza dan tetap aktif di musim hujan, jagalah kondisi tubuh dengan memperbanyak asupan vitamin C dan melakukan berbagai langkah pencegahan.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

sumber vitamin C Manfaat Vitamin C Vitamin C Influenza

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health