?>
LADIESTORY.ID » FASHION & BEAUTY » CEGAH RAMBUT KERING DENGAN 5 RACIKAN PELEMBAP ALAMI BERIKUT

Cegah Rambut Kering dengan 5 Racikan Pelembap Alami Berikut

Kamis, 19 September 2019 | 07:05:00
Durasi baca: 2 menit, 5 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

 Cegah Rambut Kering dengan 5 Racikan Pelembap Alami Berikut

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama halnya dengan jenis kulit wajah, rambut pun juga memiliki kriteria kering. Selain faktor dari dalam tubuh, rambut kering juga bisa dipicu oleh dari rangkaian styling rambut mulai dari meluruskan, mewarnai hingga mengeriting. Mencuci rambut secara berlebihan, menggunakan sampo berbahan keras yang berlebihan hingga paparan garam atau air keras  juga termasuk faktor eksternal penyebab rambut kering. Paparan terik sinar matahari juga tak bisa dihapus dari faktor pemicu rambut kering, bila tak diatasi dengan perawatan yang tepat.

Oleh karena itu, pentingnya memberikan pelembap rambut untuk mencegah atau mengatasi rambut kering. Anda bisa membuat racikan pelembap alami rambut di rumah. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan di sekitar Anda.

Melansir laman Pink Villa, berikut ini sejumlah racikan pelembap alami rambut.

1. Pisang dan minyak zaitun

Baca juga: Model Potongan Rambut Wanita Yang Sesuai Untuk Wanita Gemuk

Kedua bahan ini sangat bagus dalam melembapkan dan melembutkan rambut. Campurkan satu buah pisang matang dengan dua sendok makan minyak ekstra virgin zaitun. Oleskan campuran ini pada rambut dan kulit kepala Anda. Diamkan selama sekitar 20 menit lalu cuci dengan air.

2. Minyak kelapa

Kami percaya bahwa ibu dan nenek kita pernah menyebut minyak kelapa untuk menjaga kesehatan rambut. Minyak turun-temurun ini memang memiliki beragam manfaat di antaranya mencegah hilangnya protein. Cara penggunaannya, langkah pertama pastikan Anda memakai minyak kelapa murni, lalu pijat dengan lembut di kulit kepala Anda dan biarkan selama sekitar satu jam. Cuci rambut Anda dengan sampo ringan diikuti kondisioner.

3. Shea butter

Shea butter terdiri dari sifat emolien yang bagus untuk menjaga kelembapan rambut tetap utuh. Untuk racikannya, Anda membutuhkan adalah sekitar 2 sendok makan shea butter. Hangatkan sedikit dan oleskan di kulit kepala dan rambut Anda. Pijat dengan lembut dan biarkan selama setidaknya satu jam. Bilas dengan sampo dan kondisioner.

Baca juga: Produk Skincare Untuk Mencegah Stretch Mark


4. Lidah buaya dan lavender

Rambut kita mengalami kerusakan besar karena teriknya paparan sinar matahari. Lidah buaya memiliki sifat yang memberikan lapisan pelindung pada rambut dari sinar matahari. Sedangkan minyak lavender membantu dalam pertumbuhan rambut sekaligus membuat rambut berkilau.

Untuk membuat campurannya, Anda membutuhkan sekitar 1/4 cangkir gel lidah buaya , 1 cangkir air, dan 2-3 tetes minyak lavender, campurkan secara merata. Masukkan larutan ke dalam botol semprot agar bisa digunakan kapan pun.

5. Telur mentah dan minyak zaitun

Telur seperti yang kita semua ketahui bermanfaat memberikan efek halus pada rambut. Di sisi lain, minyak zaitun mendukung pertumbuhan rambut dan melembapkan rambut kering. Maka dari itu campuran keduanya akan berkhasiat melembapkan dan menjaga kesehatan rambut.

Baca juga: Produk Shampo Untuk Kulit Kepala Berketombe dan Gatal

Pecahkan satu telur dan campur dengan dua sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran itu pada kulit kepala dan rambut , diamkan sekitar satu jam. Bilas dengan sampo dan kondisioner.

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS