?>
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | CEMBURU DENGAN MANTAN PACAR PASANGAN? BEGINI CARA MENGATASINYA

Cemburu dengan Mantan Pacar Pasangan? Begini Cara Mengatasinya

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 0 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cemburu dengan Mantan Pacar Pasangan? Begini Cara Mengatasinya

Sebagai informasi, cemburu bukanlah sebuah perasaan tunggal tapi kombinasi banyak perasaan negatif yang tercampur aduk jadi satu. Menurut Wikipedia, kecemburuan melibatkan rasa kesal, iri, kaget, sirik, gagal, curiga, dengki, kecewa, jijik, dan lain sebagainya. Dan akar utama yang mengikat semua emosi itu menjadi satu adalah rasa takut, bukannya cinta. Dan rasa cemburu dirasakan semua orang dan terjadi di berbagai jenis hubungan, entah itu keluarga dan hubungan romantis. Jadi, cemburu merupakan sebuah perasaan yang wajar. Namun, bagaimana jika rasa cemburu yang kamu rasakan sudah tidak sehat dan berlebihan? Yuk, ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasi rasa cemburu yang berlebihan. 

Stop kepo berlebih tentang masa lalu pasangan

Hargai dan dengarkan saat pasangan menceritakan sesuatu termasuk masa lalu, apalagi jika selama ini dia orang yang sulit terbuka. Jika kamu memiliki pertanyaan, ajukan. Namun, tidak perlu juga menanyakan tentang cerita mantan yang bisa membuatmu malah lebih tenang 

Komunikasikan kekhawatiranmu

Jika ada sesuatu yang membuatmu tidak nyaman, komunikasikan. Jangan ngedumel atau bersungut-sungut. Ini akan membuat terkesan insecure dan alhasil menjadikan pasangan tidak nyaman. Bicarakan baik-baik kepada pasangan apa yang membuatmu cemas dan cemburu. Keterbukaan dan kejujuran mengenai perasaan cemburu yang dialami adalah cara menghilangkan cemburu yang efektif karena bisa membuka suatu percakapan dari hati ke hati. Jadikan rasa cemburu tersebut sebagai suatu motivasi untuk  meningkatkan hubungan bersama pasangan. Dan cari solusi terbaik untuk kalian berdua. 

Baca juga: 6 Cara Menghadapi Sikap Pasangan yang Cuek Jadi Lebih Perhatian

Jangan pernah membandingkan

Ingat, setiap orang itu punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jangan membandingkan dirinya dengan orang lain, atau dirimu dengan mantannya. Hal ini tidak akan ada habisnya, malah akan membuat hubungan semakin tidak harmonis dan runyam. Terima kelebihan dan kekurangan pasanganmu, seperti kamu juga ingin diterima sesuai dengan jati dirimu. 

Fokus pada keunggulan dirimu

Kamu itu berharga! Tentu pasangan kamu punya alasan khusus untuk memilih kamu menjadi partner-nya. Dengan kata lain, percaya diri juga bisa menjadi kunci agar tidak gampang cemburu. Jika kamu merasa tersaingi dengan mantan pasangan kamu, yuk mulai belajar menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Namun, seperti yang disebutkan di atas: berhenti membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, terutama mantannya. 

Berteman dengan teman & sahabat pasangan

Hindari berasumsi apalagi memiliki pemikiran negatif tentang teman-temannya. Salah satu cara agar kamu berhenti berasumsi negatif adalah dengan mencoba untuk mengenal dunia pasanganmu. Jika memungkinkan bertemanlah dengan teman-temannya, dan mantannya. Tidak hanya membuat tenang, dengan cara ini kamu juga bisa mengenal pasangan lebih baik lewat teman-teman dekatnya. 

Sumber foto utama: Freepik.com 

Baca juga: 5 Tips Meminta Maaf Kepada Pasangan Usai Bertengkar


mengatasi rasa cemburu tips menghilangkan rasa cemburu cemburu cemburu pada pasangan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle