Ladiestory.id » Beauty » Cleansing Oil vs Micellar Water: Mana yang Lebih Efektif Membersihkan Makeup?

Cleansing Oil vs Micellar Water: Mana yang Lebih Efektif Membersihkan Makeup?

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Kamis, 20 Februari 2020 | 05:34:16
Durasi baca: 3 menit, 3 detik
Dibaca: 8 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cleansing Oil vs Micellar Water: Mana yang Lebih Efektif Membersihkan Makeup?

Menurutmu, mana yang lebih efektif membersihkan makeup: cleansing oil atau micellar water? Dua-duanya? Untuk mengetahui jawabannya, coba baca artikel ini sampai habis. 

Cleansing Oil

Cleansing oil merupakan pembersih wajah oil-based yang memiliki tekstur cair layaknya minyak. Jenis produk ini umumnya dikemas dalam botol pump, sehingga mudah untuk ditakar dan cenderung lebih higienis dalam pemakaiannya. Namun, karena teksturnya yang cair, cleansing oil memberikan kesan berantakan saat dipakai. Terlebih lagi jika kamu berusaha membersihkan heavy makeup sehingga cenderung membutuhkan cleansing oil dalam jumlah yang banyak.

Cleansing oil hadir dalam konsistensi yang cukup beragam, mulai dari yang sangat cair hingga yang kental. Saat dibilas, cleansing oil akan teremulsi oleh air dan berubah tekstur menjadi milky, sehingga dapat terangkat tanpa meninggalkan residu. Meski demikian, ada beberapa merek cleansing oil yang membutuhkan bantuan air hangat untuk membilasnya. Ohya, selain dapat digunakan sebagai pembersih wajah, cleansing oil juga dapat digunakan sebagai pembersih kuas makeup.

Baca juga: Kim Kardashian Rayakan Ulang Tahun dengan Berikan Diskon Makeup dan Pakaian Dalam

Siapa Saja yag Bisa Menggunakan Cleansing Oil?

Dengan asumsi bahwa kamu menggunakan cleansing oil yang diformulasi dengan baik dan tidak mengandung bahan yang bermasalah seperti wewangian, hampir semua orang dapat menggunakan cleansing oil. Termasuk yang memiliki kulit sensitif dan pemilik kulit yang rentan kemerahan serta kulit yang bernoda.

Ada satu pengecualian: cleansing oil yang terdiri dari minyak tunggal atau minyak campuran yang tidak dikombinasikan dengan surfaktan atau pengemulsi. Jadi pemakaian cleansing oil tidak dianjurkan untuk kulit berminyak karena mereka akan membuat minyak lebih banyak pada area kulit wajah.

Bagaimana Cara Menggunakan Cleansing Oil?

Penggunaan cleansing oil dengan cara yang sama seperti pembersih wajah lainnya. Oleskan secukupnya untuk  melembapkan kulit wajah dan pijat dengan lembut. Kemudian bilas secara menyeluruh dan tepuk-tepuk lembut kulit; keringkan dengan handuk bersih. Catatan: beberapa cleansing oil bekerja secara maksimal bila diterapkan pada kulit kering, kemudian dibilas atau diemulsifikasi dengan air. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, baca petunjuk pemakaian.

Micelar Water

Kamu sedang mencari makeup remover yang bagus dari micellar water? Pembersih wajah untuk makeup waterproof maupun non-waterproof ini mengandung essential oil dan micelles, senyawa minyak dalam air yang bisa membersihkan kulit dalam satu usap. Micellar water bisa digunakan untuk membersihkan wajah, mata, maupun bibir. Micellar water adalah produk pembersih wajah yang 90% kandungannya terdiri dari air. Diformulasikan dengan molekul micellar yang mampu menangkap kotoran, produk ini dianggap mampu membersihkan wajah secara lebih cepat. 

Apakah Micellar Water Aman untuk Wajah?

Menurut dr. Debra Luftman, seorang ahli dermatologi yang diwawancarai oleh ELLE, pembersih micellar baik dan aman untuk digunakan pada wajah. Ia menambahkan bahwa produk perawatan kulit ini justru lebih aman dibandingkan pembersih wajah biasa yang akan meninggalkan zat-zat kimia yang keras dan berbahaya pada kulit. Selain itu, pada beberapa kasus lapisan kulit juga akan jadi semakin tipis karena digosok dengan pembersih wajah yang mengandung sabun, alkohol, serta pewangi.

Baca juga: 5 Tutorial Makeup Karakter dari Film Terkenal Pilihan Popbela


Apa Saja Manfaat Micellar Water untuk Kulit?

Pertama, micellar water mampu menyegarkan sekaligus melembapkan wajah. Air yang ada di dalam micellar water mampu memberikan efek segar, menghidrasi kulit, juga dapat melembapkan kulit yang kering.

Sementara manfaat micellar water bagi pemilik kulit berminyak adalah dapat membantu membersihkan minyak berlebih dan membantu menyamarkan tampilan pori-pori. Nah, untuk penggunaannya, micellar water dapat dipakai sebagai emergency cleanser, terutama bila kamu sudah terlalu lelah untuk membersihkan wajah. 

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Micellar Water?

Produk pembersih micellar aman terutama bagi kamu yang memiliki kulit wajah kering dan sensitif. Bahan-bahannya yang ringan tidak akan terasa perih di wajah, berbeda dengan beberapa produk pembersih yang mengandung alkohol. Produk pembersih micellar juga tidak akan membuat kulit kering.

Sementara bagi kamu yang memiliki jenis kulit wajah berminyak, mungkin micellar water tidak akan bekerja cukup efektif untuk menghapus makeup yang cukup tebal.

Itulah perbedaan antara produk cleansing oil dan micellar water. Jadi, termasuk tim manakah kamu:  cleansing oil atau micellar water? Apa pun pilihanmu, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu ya, Ladies.

Baca juga: Punya Rambut Tipe Fine Hair? Ini 11 Cara Membuatnya Terlihat Tebal

Cleansing Oil atau Micelar Water perbedaan Cleansing Oil atau Micelar Water Micelar Water

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON BEAUTY