?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » COBA YUK, GERAKAN OLAHRAGA RINGAN DI KANTOR UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN TUBUH

Coba Yuk, Gerakan Olahraga Ringan di Kantor Untuk Meningkatkan Kebugaran Tubuh

LS Health
Penulis: LS Health
Jum'at, 31 Januari 2020 | 03:03:52
Durasi baca: 2 menit, 14 detik
Dibaca: 19 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Coba Yuk, Gerakan Olahraga Ringan di Kantor Untuk Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Duduk terlalu lama bisa mengganggu kesehatan tubuh. Salah satu permasalahan kesehatan yang sering dikeluhkan masyarakat urban saat ini adalah rasa nyeri atau kekakuan pada sendi tulang belakang.  Rasa nyeri dan kekakuan sendi tulang belakang disebabkan duduk terlalu lama berjam-jam dan monoton.

Membiasakan diri untuk aktif merupakan salah satu modal utama dalam menjaga kesehatan di mana saja dan kapan saja. Jadi, daripada hanya duduk dan memandang layar komputer, mari simak beberapa gerakan mudah dan ringan yang dapat Anda lakukan di lingkungan kantor.

Perlu diketahui, struktur tulang belakang manusia sendiri secara umum terbagi menjadi tiga bagian, yaitu tulang servical, tulang thorax, dan juga tulang lumbal. Tulang belakang sendiri memiliki bagian yang amat kompleks, sehingga seringkali nyeri terjadi akibat kerusakan atau cedera pada tulang, otot, saraf, ligamen, dan struktur lainnya. Untuk mengurangi nyeri pada sendi sebaiknya mulailah melakukan olahraga atau streching ringan yang dilakukan secara rutin. Berikut tips olahraga ringan dan dapat dilakukan saat di kantor:

Baca juga: Do You Know? 5 Macam Hormon yang Ada Pada Tubuh Wanita

Sumber Foto: SewakantorCBD

Leg Squats

Berdiri tegak di depan kursi dengan posisi kursi berada di belakang Anda. Ulangi gerakan duduk dan kembali bangun berdiri sebanyak 10 kali gerakan

Bench Dips

Gunakan kursi atau meja yang kuat dan tidak mudah untuk digerakkan. Berdirilah didepan kursi atau benda penunjang lainnya dan posisikan peralatan tersebut di belakang Anda.

Letakkan tangan pada ujung kursi atau meja tersebut. Kemudian tekuk sikut lengan untuk menurunkan tubuh secara perlahan hingga bagian bokong lebih rendah dari permukaan kursi atau meja yang digunakan. Angkat kembali tubuh Anda dengan meluruskan sikut lengan. Lakukan gerakan ini sampai 10 kali

Baca juga: Patuhi Perintah! Agar Olahraga Bersepeda Menjadi Menyenangkan


Hand Table

Letakkan tangan kanan di atas meja dengan posisi telapak tangan mengarah ke bawah (telapak tangan menempel di permukaan atas meja), dan letakkan tangan kiri Anda di bawah meja dengan telapak tangan mengarah ke atas (telapak tangan menempel pada permukaan bawah meja)

Tekan kedua tangan ke arah meja, kemudian tahan hingga 10 detik. Ganti posisi tangan Anda sehingga tangan kanan berada di bawah meja dan tangan kiri berada di atas meja. Lalu ulangi gerakan seperti sebelumnya.

Sumber Foto: Hello Sehat

Peregangan

Bagian punggung terasa pegal saat bekerja? Mungkin salah satu penyebabnya adalah duduk terlalu lama di kursi. Duduklah secara tegak lalu angkat kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak saling berkaitan dan jari-jari tangan menunjuk ke atas. Tahan posisi itu selama 10 detik. Kemudian miringkan tubuh Anda ke kiri dan kanan secara perlahan. Gerakan yang sangat mudah ini akan membantu meregangkan otot punggung. Anda bahkan tidak perlu repot-repot keluar dari kursi.

Baca juga: Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan Saat Diet

Mudah bukan olahraga ringan diatas yang bisa kamu lakukan dikantor? Sisipkan latihan-latihan ringan di atas untuk membantu mengurangi pegal-pegal atau nyeri yang diakibatkan otot-otot yang tegang. Dibantu dengan pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat, maka tubuh Anda pun tak mudah terpapar penyakit. Selamat mencoba Ladies!

olahraga ringan tips kesehatan olahraga di kantor

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH