Ladiestory.id » Parenting » Daftar Aktivitas Seru untuk Ibu Hamil saat Puasa

Daftar Aktivitas Seru untuk Ibu Hamil saat Puasa

LS Parenting
Senin, 27 April 2020 | 02:19:12
Durasi baca: 2 menit, 16 detik
Dibaca: 23 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Daftar Aktivitas Seru untuk Ibu Hamil saat Puasa

Pada dasarnya, setiap ibu hamil boleh berpuasa. Syaratnya, kehamilan ibu berjalan lancar dengan tekanan darah ibu selalu normal selama hamil, tidak ada riwayat atau gejala diabetes atau diabetes gestasional, dan janin berkembang baik, salah satunya ditandai dengan berat janin yang selalu bertambah seiring pertambahan usia kehamilan. Lalu, apa sih aktivitas yang seru dilakukan ibu yang hamil saat puasa? Berikut beberapa ide aktivitas seru selama puasa untuk ibu hamil. 

Luangkan Waktu untuk Olahraga

Jangan malas saat hamil ya, bunda. Olahraga sangat baik bagi bunda dan janin. Bunda dapat melakukan senam hamil, yoga, atau senam kegel. Tidak perlu lama-lama, lakukan 10 menit setiap hari, manfaatnya membantu tubuh tetap sehat, mengurangi sakit pinggang dan menguatkan jantung bayi.

Menurut para ahli dalam pada US National Library of Medicine – National Institute of Health, olahraga secara teratur amat bermanfaat bagi jantung bayi. Olahraga ini akan meningkatkan Heart Rate Variability (HRV). HRV sendiri merupakan variabilitas denyut jantung yang bisa mencerminkan keseimbangan sistem saraf otonom. HRV yang tinggi  mengindikasikan fungsi jantung yang sehat.

Baca juga: Lucunya Shandy Aulia Berjoget dengan Perut Hamil

Membaca Buku tentang Kehamilan dan Cara Mengasuh Anak

Menjadi seorang ibu tentu bukan pekerjaan mudah, sehingga wajar bagi ibu hamil untuk khawatir tentang berbagai masalah pada awal masa kehamilan. Hal ini juga sangat dirasakan oleh banyak ibu yang merasakan hamil untuk pertama kali. Mereka menghadapi kekhawatiran tentang persalinan bayinya dan ketidaktahuan tentang bagaimana cara membesarkan anak yang sehat. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah membaca sebanyak mungkin majalah dan buku yang berhubungan dengan kehamilan dan cara mengasuh anak, atau ikut serta dalam kelas persiapan untuk ibu hamil.

Melakukan Perawatan Kulit

Selama hamil, akibat berbagai perubahan pada tubuh Ibu, sekresi sebum pada kulit menjadi lebih aktif dan kulit wajah cenderung akan berminyak, sehingga menimbulkan masalah jerawat. Apabila kulit kamu memproduksi minyak secara berlebihan, kamu dapat mengganti produk perawatan kulit kamu atau bahkan mencari nasihat pada dokter.

Berjalan Santai

Melakukan jalan santai bisa dibilang sebagai salah satu bentuk aktivitas fisik yang baik dilakukan oleh ibu hamil, tak terkecuali pada trimester 3. Jika dirasa memungkinkan, kamu bisa meningkatkan kecepatannya dengan jogging santai. Pastinya, sebelum memillih tipe olahraga, sebaiknya berkonsultasi ke dokter kandungan. 

Menyusun Pola Makan

Ketika hamil, ibu membutuhkan nutrisi dua kali lebih banyak dibanding saat tidak hamil. Ketika berpuasa jumlah nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil pun tidak berkurang sehingga ibu harus menyusun menu makanan dan pola makan yang baik agar kehamilan tetap sehat dan puasa tetap lancar. Ada menu makanan yang tergolong super food bagi ibu hamil yang bisa menjaga agar puasa dan kehamilan tetap berjalan seimbang. Namun, menu dan pola makan ini harus dikonsultasikan kepada dokter kandungan maupun bidan agar disesuaikan dengan kebutuhan ibu, ya.

Itulah tips-tips aktivitas seru untuk ibu hamil saat puasa agar mampu menjalani ibadah dengan nyaman, aman, dan juga sehat.

Baca juga: Ibu yang Bahagia Menjadi Kunci Penting Kehangatan Keluarga


Sumber foto utama: Freepik.com

Aktifitas Seru untuk Ibu Hamil Saat Puasa aktivitas untuk ibu hamil manfaat aktivitas untuk ibu hamil

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING