?>
LADIESTORY.ID | COMMUNITY BLOG | FASHION | DAFTAR BRAND LOKAL YANG MENGUSUNG PRODUK KECANTIKAN DAN FASHION RAMAH LINGKUNGAN

Daftar Brand Lokal yang Mengusung Produk Kecantikan dan Fashion Ramah Lingkungan

Devi Christina
Durasi baca: 4 menit, 58 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Daftar Brand Lokal yang Mengusung Produk Kecantikan dan Fashion Ramah Lingkungan

Produk Lokal Sustainable. Saatnya peduli lingkungan, yuk ganti barang-barang di rumah dengan brand lokal yang mengusung sustainable, mulai dari produk kecantikan, perlengkapan dapur, hingga fashion. Tak hanya menarik dan ramah lingkungan, setiap produk yang kamu beli, artinya kamu sudah ikut mendukung kerja pengrajin lokal, karena merek-merek produk ini diolah dari para pengrajin yang semangat dalam melestarikan budaya leluhur dan peduli pada sumber daya alam.

Gerakan sustainable sendiri merupakan proses untuk mengubah pelaku industry agar lebih mendukung pelestarian linkungan, pemberdayaan pengrajin maupun petani lokal dengan skema yang transparan, serta mengangkat nilai-nilai sosial. Pada umumnya produk sustainable lebih mahal dari produk biasa, hal ini dikarenakan upah yang diberikan kepada pengrajin dan petani berlaku lebih adil. Selain itu, mereka juga mengandalkan bahan alami yang membutuhkan proses lebih panjang. Meski demikian, harga sepadan dengan kualitas produk yang mengusung sustainable, dan kamu sudah sekaligus berkontribusi bagi alam dan kesejahteraan masyarakat. Itu sebabnya, biasanya brand sustainable tidak begitu komersil.

 

Baca juga: Produk Skincare yang Sedang Hype Banget di Tiktok

Daftar merek fashion dan kecantikan lokal yang mengusung gerakan sustainability

Beragam produk ini memiliki warna dan aroma alami, serta bentuknya yang menarik. Semua produk dikerjakan oleh tangan-tangan pengrajin dan dari petani lokal yang ikut melestarikan lingkungan. Yuk, dukung brand-brand sustainable yang membawa dampak baik untuk kita semua! Nah, berikut ini beberapa brand lokal yang sudah eksis dengan produk sustainable nya.

 

1. SukkhaCitta    

Sumber: rukita.co

                                                                                                                                               

Produk fashion yang kita beli, biasanya dikerjakan oleh buruh pabrik dengan memanfaatkan bahan seefektif mungkin. Hal ini termasuk pola yang dicukup-cukupkan dan kain berkualitas rendah. Berbeda dengan produk SukkhaCitta yang hanya bekerja sama dengan pengrajin lokal di desa-desa. Para pengrajin ini membuat kain dengan teknik pewarnaan zaman dulu, yakni menggunakan serat dan cat alami yang ramah lingkungan. Awalnya pengrajin-pengrajin ini hidup tidak berkecukupan, namun SukkhaCitta memastikan uang dari pembelian dapat mencukupi kehidupan mereka.

Pengrajin – pengrajin SukkhaCitta membuat produk fashion sustainable seperti dress, blouse, outer dan dompet. Kain yang digunakan pun berasal dari kapas mentah, linen, atau tencel. Sementara motif batiknya digambar menggunakan tangan. Bagaimana, tertarik untuk membeli produk dari SukkhaCitta?

 

2. Kana Goods

Sumber: rukita.co

Sama seperti SukkhaCitta, kana Goods juga memproduksi fashion yang ramah lingkungan untuk laki-laki dan perempuan. Produk fashion nya sendiri menggunakan pewarna alami indigo yang ramah lingkungan dan memiliki kualitas terbaik. Selain itu, mereka juga membuat batik kontemporer yang dilukis tangan. Produk Kana Goods umumnya berwarna biru yang berarti kepercayaan, ketulusan, dan ketenangan. Menariknya lagi, pakaian di sini hanya dibuat satu ukuran saja, hal ini bertujuan untuk mengurangi limbah kain.

Tujuan dari brand ini sendiri adalah menjaga kelestarian lingkungan, dengan menyajikan produk sustainable yang bisa memberikan dampak hidup berkualitas kepada para komunita pengrajinnya. Nah, untuk kamu yang tertarik dengan produk-produk Kana Goods, kamu bisa mendapatkannya di Stow Jakarta, The Goods Dept di Kemang Village dan Pacific Place, serta di Kolektiv. Atau kamu juga bisa langsung DM di akun Instagram mereka.

 

3. Sejauh mata memandang

Sumber: rukita.co

Sejauh mata memandang adalah sebuah merek fashion batik modern karya Chitra Subijakto dan Arya Dipa. Merek ini menggunakan corak batik modern untuk menarik perhatian anak muda agar senantiasa memakai batik. Kini merek ini telah bekerja sama dengan pengrajin batik dari Jawa, Bali hingga Sumba. Visi misi brand ini adalah melestarikan lingkungan dan pemberian dampak sosial yang positif. Dengan menghadirkan desain yang modern, namun model pakaian dan aksesorisnya tidak lekang oleh waktu. Jadi, kamu tidak harus selalu beli baru.

Keunikan lainnya terdapat pada desain dan corak batik itu sendiri, dimana hal tersebut terinspirasi dari hal-hal kecil yang membuat kita cinta Indonesia. Contohnya adalah alga, mi instan, semanggi, dan seri yang terbaru adalah laut. Untuk mendapatkan produk Sejauh Mata Memandang dalam bentuk pakaian, Syal, kain, humba ikat, dan pakaian multifungsi. Kamu bisa membelinya melalui websitenya.

Baca juga: 5 Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bruntusan di Wajah. Caranya Gampang Banget

 

4. Cinta Bumi Artisans

Sumber: rukita.co

Bran lokal yang mengusung sustainable berikutnya adalah Cinta Bumi Artisans, dimana brand ini memproduksi produk fashion dan aksesoris yang berasal dari Bali. Mereka memiliki tujuan untuk berkolaborasi dengan pengrajin lokal demi mempertahankan budaya dan seni tradisional yang ramah lingkungan. Produk fashion nya menggunakan kain yang terbuat dari kulit pohon mulberry yang tumbuh di Lembah Bada, Sulawesi. Kulit diambil dengan cara tidak membunuh pohon itu sendiri. Pewarna yang digunakan pun alami yakni dari indigo dan morinda.Tak hanya menjual pakaian, Cinta Bumi Artisans juga menjual pakaian, dompet dan juga peralatan rumah. Selain itu, tak lagi mereka juga akan mengeluarkan produk dari sutra pea, dimana ulat sutra tidak akan dibunuh. Kepompong akan digunakan bila sudah kosong. Untuk membeli produk dari Cinta Bumi Artisans, kamu bisa pergi ke Canaan Studio, Six Sense Uluwatu, and Nusa Gastronomy.

 

5. Klen and Kind

Sumber: rukita.co

Brand lokal selanjutnya adalah Klen and Kind, brand kecantikan ini terbentuk  dari sekelompok orang yang peduli serta menyukai produk kecantikan natural. Nilai positif yang diusung mereka adalah berbuat baik (kind) kepada lingkungan yang memberi berbagai keuntungan bagi tubuh dan kulit. Klen and Kind benar-benar menggunakan bahan natural untuk mempercantik, mengencangkan serta melembabkan kulit. Kemasan produk yang cantik dijamin membuat produk mereka pantas dipamerkan di meja rias. Kamu dapat membeli produk kecantikan sustainable ini untuk perawatan diri ataupun sebagai hadiah.

 

Baca juga: Ternyata 5 Film Ini Bercerita Tentang Dunia Fashion Sesungguhnya

6. Blue Stone Botanicals

Sumber: rukita.co

Selain Klen and Kind, ada juga brand kecantikan yang ramah lingkungan, yakni Blue Stone Botanicals. Moto dari brand ini adalah orang yang sehat dan planet yang sehat. Merek kecantikan ini ingin memastikan bahwa tidak hanya menjaga kesehatan manusia, tapi juga bumi. Keduanya diraih melalui produk kesehatan yang dibuat dengan cara tradisional yakni mengikuti tradisi kuno. Semua produknya menggunakan bahan natural dan tidak diuji coba kepada binatang. Selain itu, merek ini juga tidak menggunakan minyak sawit.

Blue Stone Botanicals sendiri hanya bekerja sama dengan komunitas lokal di wilayah terpencil di Indonesia. Pengrajin-pengrajin ini secara langsung membuat produk kecantikan dengan cara kuno namun berkelanjutan. Mereka berharap, dengan membeli produk mereka kita akan membantu kehidupan komunitas ini.

 

Itulah daftar brand lokal yang menerapkan program sustainable untuk produk andalannya. Beberapa merek fashion maupun produk kecantikan dibuat secara natural dan mengikuti gerakan sustainable di Indonesia. Nah, buat kamu yang ingin membeli barang – barang sustainable tersebut, kamu bisa langsung mengunjungi website atau toko onlinenya. Dijamin enggak menyesal dan bebas rasa bersalah.

Baca juga: Produk Fashion Wanita yang Wajib Dimiliki Oleh Setiap Wanita

Perlengkapan dapur sustainable Fashion sustaineble Barang-barang sustainable Brand lokal sustainable

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Fashion