?>
LADIESTORY.ID | COMMUNITY BLOG | FASHION | DAFTAR SUSTAINABLE FASHION DARI BRAND INDONESIA

Daftar Sustainable Fashion dari Brand Indonesia

Bella Lutfiana
Durasi baca: 3 menit, 21 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Daftar Sustainable Fashion dari Brand Indonesia

Sustainable Fashion Indonesia. Produk sustainable atau sebuah sebutan untuk produk yang berkelanjutan merupakan suatu hal positif yang mulai diterapkan dalam dunia perindustrian. Pasalnya saat ini dunia sedang mengalami perubahan iklim besar yang tidak bisa kita abaikan. Dan salah satu penyebab utamanya adalah pengelolaan limbah yang kuran tepat, dimana fashion adalah salah satu penyumbang limbah terbesar di dunia saat ini. Bahkan menurut PBB, industry fashion menghasilkan limbah tekstil setiap detiknya dan paling banyak mencemari polusi air dan udara. Itu sebabnya mulai banyak fashion yang mengadopsi produk yang lebih positif yakni fashion sustainable atau produk fashion yang berkelanjutan. Hal ini tak hanya bertujuan untuk kelangsungan hidup, tapi juga untuk mendorong konsumen agar lebih sadar terhadap lingkungan.

Nah, tak hanya di Negara luar saja, kini Negara kita Indonesia juga ikut serta dalam program produk ramah lingkungan. Salah satunya daftar 6 brand fashion ini. Selain dapat menyelamatkan bumi, kita juga bisa tetap tampil modis dengan beragam fashion ini. Apa saja brand-brand tersebut? Simak ulasan selengkapnya.

 

Baca juga: Tren Sepatu Sneakers Wanita Menjadi Fashion Item Terlaris Saat Ini

1. Kana Goods

Brand fashion asli Indonesia ini sudah membuat produk fashion ramah lingkungan. Yah, Kana goods menggunakan bahan pewarna alami sama seperti pewarna batik tulis kontemporer. Itu sebanya, sebagian besar produk merek muncul dalam nuansa biru. Misi brand Kana goods adalah meningkatkan kesadaran tentang masalah lingkungan sambal menunjukkan nilai pewarna alami Indonesia. Tak hanya penggunaan bahan alami, program produk ramah lingkungannya ini juga bertujuan untuk menghindari kelebihan dalam produksi sehingga meminimalisir limbah tekstil dengan cara membuat satu ukuran fashion saja.

 

2. Hlaii

Label mode ini bertujuan mendesain pakaian dan mengurangi limbah tekstil hingga nol atau hingga maksimal 15 persen. Salah satu Hlaii ini adalah dengan melibatkan pemotongan bahan, sehingga seluruh seluruh panjang kain dibuat menjadi desain berkelanjutan menggunakan teknik yang dikembangkan sendiri. Cara lainnya adalah pakaian label dibuat sesuai pesanan, yang artinya perlu waktu hingga dua minggu untuk potongan terakhir. Meski brand ini termasuk masih baru di industri ini, namun selebrity papan atas Indonesia seperti Dian Sastrowadoyo, Yura Yunita, dan Gita Gutawa telah menjadi klien masa lalunya.

Baca juga: Hadiahi Orang Tersayang dalam Hidup Anda dengan Anting Emas Berkualitas


 

3. Seratus kapas

Merek fashion Indonesia lainnya yang menerapkan program ramah lingkungan adalah seratus kapas atau yang berarit 100 cotton. Brand ini menawarkan pakaian sederhana untuk wanita yang terbuat dari katun atau linen mentah, dan menyediakan dua varian yakni polos dan yang sudah diwarnai. Brand ini juga menggunakan pewarna alami, dimana lebih aman bagi lingkungan dan pekerja mereka. Merek fashion mereka sangat memperhatikan karakter individu dari setiap kain halus untuk memastikan sepenuhnya digunakan dengan cara yang benar dan tidak hancur selama proses manufaktur berkelanjutan.

 

4. Cinta Bumi

Baca juga: Minder Lengan Besar? Tutupi dengan 5 Fashion Item Ini

Brand asal Indonesia ini didirikan pada tahun 2015, dimana merupakan merek yang berbasis di Bali dan telah memproduksi berbagai barang buatan tangan seperti tas peralatan rumah tangga, produk mandi dan kecantikan. Cinta bumi juga menyediakan produk kerajinan dan mainan, bahkan banyak pula produk mereka yang terbuat dari kulit kayu, bahan yang dibuat dari kertas mulberry serta kulit kayu pohon ficus dari Sulawesi Tengah. Cinta bumi, yang artinya mencintai bumi telah memperkerjakan pengrajin lokal yang dengan hati-hati mengumpulkan bahan-bahan mereka, menggunakan teknik dan pola pemotongan yang efisien untuk menghindari pemborosan yang berlebihan.

 

5. Imaji studio

Selanjutnya brand lokal sustainable berikutnya adalah Imaji studio. Dimana brand lokal ini telah bekerja sama dengan pengrajin lokal yang menggabungkan unsur tradisional dan alami untuk menciptakan produk mereka yang indah. Imaji studio menawarkan pakaian kasual dan aksesoris fashion untuk para pria dan wanita yang terbuat dari bahan berkelanjutan termasuk pewarna alami dan kain tenunan tangan dari tanaman asli Indonesia.

 

Baca juga: 5 Mix and Match Fashion untuk Tubuh Terlihat Tinggi

6. Biasa

Biasa adalah butik fashion yang menampilkan pakaian untuk pria dan wanita. Merek kelas atas namun berkelanjutan ini menggabungkan potongan-potongan kreatif, detail artisanal, dan bahan-bahan alami untuk menciptakan produk-produk elegan mereka, mulai dari kemeja besar kebesaran, kaftan, gaun hingga perhiasan, alas kaki, dan aksesori. Pakaian mereka adalah buatan tangan, dijahit tangan dan menggunakan kain tenun tangan. Biasa berbasis di Seminyak, Bali dan di Kemang, Jakarta.

Coba kamu bayangkan jika setiap produk yang kita pakai merupakan produk ramah lingkungan. Yah, tujuan dari produk sustainable ini adalah untuk menyelamatkan bumi. Selain menurunkan angka polusi, dengan program ini kita juga bisa menciptakan mode hidup yang lebih baik sehingga sumber daya alam tetap terjaga.

produk sustainable fashion sustainable produk ramah lingkungan barang-barang organik

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Fashion