LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | DEMI KUALITAS HUBUNGAN CINTA YANG SEHAT, TERAPKAN 5 CARA MENANGANI RASA CEMBURU INI, LADIES!

Demi Kualitas Hubungan Cinta yang Sehat, Terapkan 5 Cara Menangani Rasa Cemburu Ini, Ladies!

LS Lifestyle
Durasi baca: 3 menit, 37 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Demi Kualitas Hubungan Cinta yang Sehat, Terapkan 5 Cara Menangani Rasa Cemburu Ini, Ladies!

Perasaan cemburu dan rasa tidak aman dalam sebuah hubungan cinta terkadang adalah wajar, Ladies. Akan tetapi, bukan berarti kita boleh menggunakan kecemburuan sebagai alasan untuk menjadi pasangan yang posesif. Sebenarnya, ada berbagai faktor penyebab rasa cemburu dan tidak aman yang dirasakan oleh beberapa pasangan. Pertama, sebab masalah traumatis yang dialami seseorang yang pernah diselingkuhi. Kedua, karena seseorang tersebut lahir dan tinggal bersama orang-orang yang menerapkan sikap cemburu berlebihan dalam kehidupannya, sehingga kebiasaan cemburu telah menempel kuat di dalam ingatannya. Sesungguhnya, bukan hal yang tidak mungkin jika ingin menghentikan sifat cemburuan di dalam diri. Berikut ini ada 5 cara menangani rasa cemburu yang bisa membantu hubunganmu dengan si dia menjadi lebih sehat dan bahagia.

1. Amati dan pikirkan kembali apa yang membuatmu cemburu dan merasa tidak aman

Amati dan pikirkan kembali apa yang membuatmu cemburu dan merasa tidak aman
sumber: freepik.com

Tanyalah kepada dirimu sendiri, Ladies. Apa sih yang sebenarnya membuatmu cemburu dan merasa tidak aman? Setelah kamu mendapatkan jawabannya, kamu bisa menggunakan pikiran yang logis dan akal sehat, dan tanyakan lagi kepada dirimu sendiri, apakah kamu perlu merasa cemburu ketika penyebab rasa tidak aman itu datang lagi. Misalnya saja, kamu kerap cemburu dengan teman wanita kekasihmu, sebab kamu pikir teman wanitanya itu juga diam-diam menyukainya. Lalu, analisis kembali, apakah kekasihmu juga menyukai teman wanitanya itu atau tidak. Jika tidak, tentu kamu tidak perlu merasakan cemburu lagi kepadanya.

2. Kontrol pikiran dan ucapanmu

Kontrol pikiran dan ucapanmu
sumber: freepik.com

Ketika kamu merasa cemburu atau tidak aman pada suatu hal, hindarilah untuk langsung mengeluarkannya dalam bentuk omelan kepada pasanganmu. Sebaiknya, redam dulu emosimu, pikirkan kembali dengan kepala dingin, apakah penyebab rasa cemburumu itu benar atau hanya asumsimu saja. Sebab, prasangka tak melulu benar, dan ada baiknya jika kamu mengambil jeda sebentar untuk berpikir dan menenangkan diri sebelum membicarakannya dengan pasanganmu, Ladies.

Baca juga: Kualitas Produk Skincare Lokal Yang Tidak Kalah dengan Skincare Korea

3. Komunikasikan segala perasaanmu kepada pasangan

Komunikasikan segala perasaanmu kepada pasangan
sumber: freepik.com

Tak ada yang lebih bisa memahamimu kecuali pasangan, semestinya. Namun, sama sepertimu yang hanyalah seorang manusia biasa, pasanganmu tentu tak akan pernah bisa membaca pikiranmu. Jadi, daripada kamu ngambek karena cemburu tak jelas dan memberikan kode-kode marah yang hanya akan membuatnya kesal, ada baiknya jika kamu langsung mengutarakan perasaanmu kepada pasangan, Ladies. Tentu, kamu harus bisa membaca kondisi sebelumnya. Hindari bertanya atau curhat kepada pasangan di saat situasi sedang panas-panasnya. Hindari pula mengeluarkan suara keras, menggertak, mengintimidasi, dan yang paling parah adalah marah berteriak-teriak.

4. Kendalikan dirimu sendiri, tak perlu terlalu posesif

Kendalikan dirimu sendiri, tak perlu terlalu posesif
sumber: freepik.com

Setiap orang tentu punya urusan dan masalahnya masing-masing. Begitu juga pasanganmu. Ketika ia sedang sibuk sampai tak bisa memberimu kabar, bukan berarti ia sedang menghindarimu dan malah berselingkuh dengan yang lain, Ladies. Tentu kamu mahir dalam mengamati pergerakannya. Jika tidak ada bukti kalau ia selingkuh, sebaiknya urungkan niat marah-marahmu kepadanya. Kebanyakan wanita terlalu sering dan senang berasumsi jika pasangan tak ada kabar itu artinya ia sedang selingkuh. Padahal, tak melulu prasangka yang kamu pikirkan itu benar. Meski pun memang, biasanya wanita punya intuisi yang lebih baik ketimbang pria. Hanya saja, tak perlu lah membatasi gerak pasangan hanya karena kamu selalu curiga. Hindari membuat pasangan merasa dikekang, dikontrol, dicurigai, dan tidak dipercaya. Sebab, sikap posesifmu hanya akan membuat pasangan lelah dan menyerah.

5. Hentikan membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Hentikan membandingkan diri sendiri dengan orang lain
sumber: freepik.com

Cara menangani rasa cemburu dalam hubungan yang terakhir adalah dengan berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Mungkin, tanpa sadar kita terlalu sering membandingkan diri kita dengan wanita lain. Misalnya saja, wanita lain lebih sukses ketimbang kita, atau teman wanita pasangan jauh lebih cantik daripada kita. Nah, pemikiran-pemikiran itulah yang pada akhirnya menyebabkan kita menjadi rendah diri, Ladies. Ketika kepercayaan diri kita juga ikut terkikis akibat sifat rendah diri itu, maka kita akan berpikir jika pasangan pasti akan mecari wanita lain yang jauh lebih baik daripada kita.

Lalu, pada suatu situasi ketika pasangan sedang berbincang dengan wanita lain yang mungkin pada saat itu sekadar bertanya tentang pekerjaan, kita lantas cemburu buta dan mengira bahwa pasangan akan lebih memilih wanita itu ketimbang diri kita. Maka, berhentilah membanding-bandingkan diri sendiri dengan wanita lain. Sebab, setiap wanita punya keunikan dan kelebihannya masing-masing.

Dengan menerapkan cara mengatasi rasa cemburu dalam hubungan ini, bukan berarti kita lantas menjadi tidak perlu waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi dalam hubungan ya, Ladies. Kita tetap perlu mewaspadai, namun bukan berarti harus melulu cemburu dan merasa tidak aman. Daripada terus-terusan cemburu, lebih baik kamu meningkatkan skill yang kamu punya. Dengan begitu, kamu akan punya harga diri yang lebih tinggi dan tak perlu membandingkan diri dengan orang lain lagi.

lifestyle gaya hidup relationship pasangan hubungan cinta cinta cara menangani rasa cemburu cemburu kisah cinta

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle