LADIESTORY.ID | TRAVEL | DERETAN TRADISI UNIK PERAYAAN TAHUN BARU DI DUNIA

Deretan Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Dunia

LS Travel
Penulis: LS Travel
Durasi baca: 2 menit, 17 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Deretan Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Dunia 

Pergantian tahun semakin mendekati puncaknya. Malam pergantian tahun baru biasanya diisi oleh pesta kembang api, terompet, dan pertunjukan musik. Namun, hal itu hanya segelintir kemeriahan perayaan malam tahun baru. 

Beberapa negara memilih merayakan tahun baru dengan cara berbeda, yakni menggunakan tradisi mereka. Nah, berikut ini deretan tradisi unik perayaan tahun baru di beberapa negara yang sudah dirangkum Ladiestory dari berbagai sumber. 

Finlandia 

Masyarakat Finlandia punya tradisi tahun baru yang unik dengan memprediksi tahun yang akan datang. Caranya, membuang timah cair ke dalam wadah berisi air, lalu mengartikan bentuknya setelah timah mengeras. Jika bentuk hati atau cincin, berarti pernikahan, bentuk kapal melambangkan perjalanan, serta bentuk babi berarti akan ada banyak makanan.

Baca juga: Hotel Unik di Jakarta dan Sekitarnya untuk Staycation

Denmark

Tepat pada malam perayaan tahun baru, masyarakat Denmark akan melemparkan piring kaca yang sudah tidak terpakai ke pintu atau tembok. Tujuannya, mengusir roh jahat. Selain itu, mereka juga berdiri di atas kursi dan melompat bersama seolah tengah “melompat” ke tahun yang baru sambil berharap keberuntungan menyertai. 

Spanyol 

Masyarakat di Negeri Matador menyambut malam tahun baru dengan mengonsumsi anggur sebanyak 12 buah. Hal ini diyakini dapat menangkal nasib buruk. Tradisi tahun baru yang dikenal dengan sebutan las doce uvas de la buena suerte' ini dilakukan 12 detik sebelum memasuki pukul 00.00 atau 12 malam. 

Kedua belas anggur itu juga mewakili keberuntungan untuk setiap bulan pada tahun mendatang. Di kota besar di Spanyol seperti Madrid dan Barcelona, orang-orang akan berkumpul di lapangan utama untuk makan anggur bersama. 

Yunani

Pada tahun baru, masyarakat Yunani akan menggantung bawang di depan rumah mereka. Tradisi ini menandakan kelahiran dan pertumbuhan kembali serta diyakini bisa mendatangkan keberuntungan pada tahun yang baru. Pada hari pertama tahun baru, orang tua akan membangunkan anak-anak mereka dengan mengetuk kepala menggunakan bawang. 

Kolombia 

Tradisi unik tahun baru lainnnya juga terjadi di Kolombia. Masyarakat Kolumbia melakukan tradisi tahun baru dengan membara koper kosong sambil keliling kompleks. Tradisi tahun baru  dilakukan banyak generasi, termasuk anak-anak. Hal ini memiliki arti bisa bepergian pada tahun yang baru. 

Brasil 

Brasil dan negera-negara amerika latin lainnya seperti Venezuela, Ekuador, dan Bolivia memiliki tradisi yang sama dalam merayakan pergantian tahun. Mereka akan mengenakan pakaian spesial dengan warna yang meriah pada malam tahun baru. Tradisi ini dianggap bisa mendatangkan keberuntungan. Merah, misalnya, membawa cinta dan kuning membawa rezeki. 

Filipina 

Di Asia, ada Filipina yang memiliki tradisi tahun baru yang unik. Masyarakat Filipina akan menyiapkan berbagai sesuatu, dari makanan, barang, sampai pakaian, yang berbentuk bulat. Setiap malam pergantian tahun, mereka akan menyediakan makanan atau buah-buahan berbentuk bulat seperti anggur, jeruk, dan sebagainya. 

Selain itu, bahkan mengenakan pakai bermotif bulat seperti polkadot. Bentuk bulat direpresentasikan sebagai koin atau uang. Karena itu, diyakini dapat memperoleh keberuntungan dan kemakmuran yang tidak terputus layaknya koin pada tahun yang baru. 

Tradisi tahun baru di berbagai negara Tahun baru 2021 Tradisi tahun baru di dunia

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Travel