Ladiestory.id » Lifestyle » Detik-Detik Langkah Mulan Jameela Menjadi Anggota DPR-RI 2019-2024

Detik-Detik Langkah Mulan Jameela Menjadi Anggota DPR-RI 2019-2024

Kamis, 03 Oktober 2019 | 02:05:00
Durasi baca: 2 menit, 10 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

 Detik-Detik Langkah Mulan Jameela Menjadi Anggota DPR-RI 2019-2024

Dari sekian banyak anggota DPR-RI yang dilantik pada tanggal 1 Oktober 2019 kemarin, penyanyi Mulan Jameela mungkin menjadi salah satu anggota DPR yang paling banyak menyita perhatian. Sebab, siapapun yang mengikuti perjalanan Mulan dari mendaftar sebagai kader partai hingga mengikuti pemilihan umum calon legislatif, akan merasa janggal jika kini Mulan bisa duduk di kursi DPR.

Bagaimana perjalanan karier Mulan yang dari calon legislatif hingga akhirnya dilantik menjadi anggota DPR-RI? Berikut penjelasannya.

1. Mulan Awalnya Kalah Suara

Mulan maju menjadi calon legislatif daerah pemilihan Jawa Barat XI mewakili Garut dan Sukabumi dari Partai Gerindra. Di dua daerah tersebut, ia berhasil mendapatkan sekitar 24 ribu suara dan ia menempati posisi kelima. Dengan perolehan suara yang demikian, otomatis ia tak mendapatkan kursi di DPR karena masih ada empat orang calon legislatif yang mendapatkan suara lebih banyak darinya.

Baca juga: Kim Kardashian Rayakan Ulang Tahun dengan Berikan Diskon Makeup dan Pakaian Dalam

2. Mengajukan Gugatan ke Pengadilan Negeri

Tak mau patah semangat, Mulan bersama dengan 13 orang lainnya dari Partai Gerindra mengajukan gugatan sengketa perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Gugatan tersebut terdaftar dengan nomor Nomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Namun pada prosesnya, empat orang mencabut gugatannya dan tersisa sembilan orang termasuk Mulan yang masih mengajukan gugatan tersebut.

3. Gugatan Dikabulkan Pengadilan Negeri

Setelah melalui proses sidang perdata, akhirnya gugatan Mulan dikabulan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Hal ini membuat Komisi Pemilihan Umum mengeluarkan Surat Keputusan bernomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019 tertanggal 16 September 2019 tentang perubahan atas keputusan KPU nomor 1318/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VIII/2019 tentang penetapan calon terpilih anggota DPR dalam Pemilu 2019, di mana Mulan menjadi salah satu anggota DPR terpilih periode 2019-2024.

Mulan menjadi anggota parlemen karena ia menggantikan Fahrul Rozi dan Ervin Luthfi, kader Partai Gerindra satu daerah pemilihan umum dengan Mulan, dipecat secara sepihak oleh pihak partai. Fahrul sendiri mengaku kalau ia mengetahui dirinya dipecat sebagai kader melalui media massa. Ia pun mengajukan banding dan menggugat Mulan ke Pengadilan Negeri atas kasus ini.

4. Pernyataan Kontroversial Mulan Sebelum Dilantik

Pada akhirnya Mulan terpilih menjadi anggota DPR-RI. Ia bahkan sudah mengikuti pembekalan sebelum akhirnya dilantik pada 1 Oktober 2019 lalu. Namun ada satu hal kontroversial yang dilakukan Mulan sesaat sebelum ia dilantik. Yakni pernyataannya ketika ditanya wartawan soal bidang apa yang ingin ia fokuskan saat menjabat nanti.

Ya saya ingin fokus ke masalah pendidikan, lalu kesehatan. Hmm.. Apa lagi ya? Keamanan kali ya? ujar Mulan seolah ragu-ragu.

Baca juga: Punya 6 Jari Kaki Ini 7 Foto Editan Gagal Kim Kadarshian


Mendengar jawaban Mulan membuat warganet sangsi dengan kemampuannya di parlemen nanti. Semoga saja kekhawatiran warganet tidak terbukti ya Bela.

5. Mulan Digugat Kembali

Karena merasa haknya dilanggar Ervin Luthfi sudah mendaftarkan gugatan sengketa tata usaha negara melawan KPU dengan nomor registrasi No. 187/ G/ 2019/ PTUN-JKT. Rencananya minggu ini akan dimulai sidang pertama untuk menyelesaikan kasus sengketa perdata antara Ervin-KPU-Mulan.

Semoga saja permasalahan ini cepat menemukan titik temu ya Bela.

career inspiration

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE