LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | DIBALIK 5 ALASAN MENGAPA CINTA PERTAMA SULIT DILUPAKAN

Dibalik 5 Alasan Mengapa Cinta Pertama Sulit Dilupakan

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 39 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Dibalik 5 Alasan Mengapa Cinta Pertama Sulit Dilupakan

Pengalaman jatuh cinta untuk pertama kali memang sulit dilupakan. Ada alasan ilmiah kenapa hal ini terjadi. Hippocampus adalah bagian pada otak yang bertanggung jawab atas pengalaman dan ingatan baru. Bagian tersebut memiliki kemampuan unik untuk mendeteksi pengalaman baru dan langka. Pengalaman dan informasi baru lebih menonjol dan berbeda dari informasi lainnya, sehingga memudahkan kita untuk terus mengingatnya. Dalam hal cinta pertama, pengalaman yang kita rasakan akan lebih menonjol karena itu pengalaman baru yang pernah kita punya sehingga kita pun akan terus mengingatnya dan susah melupakannya.

Dalam jurnal Neuron, ada penelitian menarik yang menyebutkan bukti bahwa ingatan emosional seperti rasa berdebar-debar jatuh cinta untuk pertama kalinya, bisa memberi pengaruh lebih banyak pada sejumlah bagian berbeda di otak termasuk hippocampus, dibandingkan ingatan biasa. Jadi, bila kita masih mengingat pengalaman jatuh cinta untuk pertama kalinya atau cinta pertama kita, hal itu ternyata tak hanya dipengaruhi oleh faktor emosi melainkan ada bagian otak kita yang aktif.  Cinta pertama memberi banyak pengalaman yang mengubahmu, mengenalkanmu dan mengajarkanmu pada banyak hal, mewakili masa mudamu, berbagai kemungkinan dan bahkan mengenal diri sendiri. Cinta pertama memberi kesan mendalam dan hal ini jelas akan terus diingat seumur hidup.

Dibalik 5 Alasan Mengapa Cinta Pertama Sulit Dilupakan

Memasuki Dunia Baru

Ingatkah kamu momen-momen ketika pertama kali jatuh cinta? kamu tiba-tiba peduli pada orang lain dengan cara yang tidak bisa kamu pahami. Jantung kamu berdegup kencang ketika bertemu dengan si dia, dan muka kamu memerah hanya karena mendengar namanya disebut. Inilah jatuh cinta, kamu mempelajari sebuah pengalaman baru yang tidak pernah kamu alami sebelumnya, dan hal ini membuat kamu excited.

Belajar Merelakan Sesuatu

Salah satu hal tersulit yang harus kamu hadapi ketika menjalin hubungan adalah ketika kalian ternyata harus memutuskan hubungan tersebut. kamu pun belajar untuk merelakan sesuatu yang penting bagi kamu dan tidak memaksakan diri. Sulit memang, tapi kamu tahu bahwa ini adalah pilihan yang terbaik. 

Baca juga: 5 Karya Pengrajin Lokal Yang Akan Membuat Kamu Cinta Produk Lokal

Pertama Kali Patah Hati

Tak hanya pengalaman jatuh cinta yang membekas di hati, namun juga ketika pertama kali patah hati. Tak peduli berapa lama kalian menjalin hubungan dan siapa yang mengakhiri, patah hati akan tetap menyakitkan bagi kalian berdua. Menjauh dari si dia awalnya terasa sangat sulit, dan melupakan si dia awalnya terasa tidak mungkin. Namun dari sinilah kamu akhirnya mendapatkan pelajaran pertama mengenai cinta.

Hanya Sekali Seumur Hidup

Inilah alasan terakhir mengapa kamu tak bisa melupakan cinta pertama: hal tersebut hanya terjadi sekali seumur hidup. kamu boleh saja melupakan pengalaman ketika berbohong untuk pertama kali, atau pengalaman menyontek untuk pertama kali, namun cinta pertama biasanya tidak bisa dilupakan.

Menjadi Versi yang Lebih Baik

Inilah yang terjadi ketika kamu jatuh cinta: kamu tiba-tiba merasa ingin tampil lebih baik setiap kali akan bertemu dengan si dia. kamu pun jadi lebih memerhatikan penampilan. Tak hanya itu, kamu juga ikut merubah beberapa kebiasaan yang menurut kamu kurang baik. Bisa dikatakan, kamu menjadi versi yang lebih baik ketika jatuh cinta, dan hal tersebut terus terbawa hingga sekarang.

Ketika jatuh cinta untuk pertama kalinya, banyak hal-hal pertama lainnya yang juga terjadi dalam hidupmu. Misalnya bergandengan tangan untuk pertama kalinya, jalan berdua untuk pertama kalinya, cemburu pertama kalinya dan lain sebagainya. Memori inilah yang membuatmu juga berkenalan pertama kalinya dengan istilah pacaran atau hubungan cinta.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

cinta pertama sulit untuk dilupakan apa itu cinta pertama cinta pertama cara melupakan cinta pertama

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle