Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | COMMUNITY BLOG | HEALTH | DIET TERBAIK SEPANJANG MASA

Diet Terbaik Sepanjang Masa

Nanda Inggar Nusantari
Durasi baca: 4 menit, 7 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Diet Terbaik Sepanjang Masa

Apa yang di pikiran teman teman saat membaca judul di atas ? pasti tertarik bukan?

Setiap orang, khususnya kaum wanita sudah pasti mendambakan tubuh yang ideal, cocok memakai baju model apapun.

Di jaman sekarang, berbagai  media secara tidak langsung melemparkan suatu ide kepada masyarakat bahwa cantik itu langsing. Media seolah memberikan premis kepada wanita, jika kamu gembrot,  maka kamu tidak cantik. Dengan demikian memiliki tubuh ideal menjadi dambaan wanita. Selain alasan tersebut, bully-an dari orang sekitar juga terasa mengganggu ketika wanita memiliki tubuh yang dianggap gembrot dan tidak ideal.

Nah, segelintir alasan di atas merupakan hal yang menyebabkan aneka obat diet, MLM produk diet dan detoksifikasi laku keras di pasaran. Selain obat diet dan produk diet, berbagai tips diet juga tersebar di youtube dan instagram, tidak salah jika banyak orang mengaku sebagai healthy influencer, healthy entusiat, konsultan kesehatan, konsultan diet, pakar diet dan sebutan lainnya karena peluang bisnis dalam bidang diet ini lumayan besar. Hidup di era seperti ini memang tidak mudah, tidak teliti sedikit kita akan merugi karena banyaknya informasi yang bisa diakses dan belum tentu informasi tersebut tepat dan tidak memiliki side effect bagi pelaku diet.

Baca juga: Rahasia Diet Artis Korea untuk Memperoleh Bentuk Tubuh Ideal

Iming-iming diet bisa berhasil dalam waktu singkat adalah penawaran yang menggiurkan namun justru menjerumuskan pelaku diet. Alih-alih mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal, pelaku diet justru menuai beragam penyakit bahkan fatalnya hingga kematian.

Penelitian dari Global Burden of Disease mengungkapkan tren konsumsi makanan dari 1990 hingga 2017 di 195 negara. Studi tersebut memperkirakan, satu dari lima kematian secara global atau setara dengan 11 juta kematian pada 2017 disebabkan pola makan yang buruk. Christopher Murray mengungkapkan bahwa Pola makan yang buruk bertanggung jawab atas lebih banyak kematian daripada faktor risiko lain di dunia. Penelitian ini juga mengukur dampak diet buruk pada kematian serta pada penyakit tidak menular seperti kanker, penyakit kardiovaskular, dan diabetes.

Miris bukan membaca fakta di atas ?

Diet yang dilakukan tanpa menghiraukan aspek kesehatan justru bisa berujung pada kematiaan. Fakta diet ini menggelitik saya untuk mencari tahu tentang diet yang aman dari beberapa literatur dan bertanya pada beberapa  orang sekitar yang juga menjadi pelaku diet dan telah berhasil menjalankan diet, dianggap berhasil karena diet yang dijalankan tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan pelaku diet. 

Berikut ini tips diet yang dirangkum oleh penulis :

  1. Cari informasi diet dari sumber terpercaya

Jika teman- teman sudah berniat untuk diet, maka segera mencari informasi ke pihak yang lebih mengerti tentang nutrisi, seperti ahli gizi di rumah sakit maupun puskesmas. Jangan ragu untuk bertanya kepada praktisi kesehatan tersebut karena mereka memiliki pengetahuan tentang nutrisi dan diet. Jangan malas membaca buku tentang nutrisi seimbang dan informasi yang berasal dari jurnal ilmiah. Jangan sembarangan mengikuti  tips diet di youtube. Jika teman-teman mengetikkan diet di youtube pasti tidak heran jika menemukan beragam judul yang menarik. Contoh : Turun 7 Kg dalam seminggu. Kedengarannya memang menyenangkan, tapi tanpa adanya pedoman keilmuan di bidang nutrisi dan diet, tips-tips tersebut dapat menjerumuskan dan membahayakan kesehatan. Di Indonesia ada salah satu Youtuber  yang mengulas nutrisi dan diet yaitu Yulia Baltschun. menariknya, Yulia mengulas hal tersebut dari ahli gizi dan jurnal-jurnal ilmiah.

  1. Berpikirlah sebelum memasukkan makanan ke dalam tubuh

Setelah membaca dan bertanya pada ahli gizi, maka sebaiknya ilmu yang didapatkan tersebut dipraktekkan dalam kehidupan sehari hari.  Saat ini dengan berbagai kemudahan pesan antar makanan, teman-teman lebih mudah mendapat makanan secara instan. Jangan sampai segala kemudahan tersebut membuat kita enggan untuk memilih makanan yang bernutrisi untuk tubuh. Untuk kendaraan bermotor saja kita memilih bahan bakar yang tepat, lalu apa alasan kita untuk tidak memperhatikan makanan apa saja yang akan kita masukkan ke dalam tubuh ?

  1. Bergeraklah dengan aktif

Bergeraklah dengan aktif dan rutin berolahgara. Kalimat tersebut terdengar sederhana namun prakteknya tidak mudah. Membangun kebiasaan olahraga bukan hal mudah, lakukan saja yang bisa kita lakukan, dimulai seminggu sekali, dengan durasi tertentu, kemudian durasinya ditambah. Sedangkan jenis olahraga untuk diet, teman-teman bisa bertanya pada trainer di pusat kebugaran. Yulia Balstchun juga mengulas tentang aktivitas olahraga di kanal youtube-nya.

  1. Konsisten

Konsisten untuk mengontrol pola makan diet bukan hal yang mudah. Saat dalam kondisi emosional seseorang bisa berdiet, namun harapan menginginkan hasil yang terlalu cepat bisa menyebabkan seseorang tidak sabar dan menyerah di tengah program diet. Salah satu cara untuk memantau perkembangan diet, teman-teman bisa menginstall aplikasi diet di smartphone, salah satunya FatSecret. Komitmen yang kuat akan mengantarkan kita pada hasil yang kita harapkan.

 

Baca juga: Do and Does Diet DEBM Yang Wajib Kamu Tahu

  1. Be Happy

Stres bisa mempengaruhi berat badan.  Saat sedang stres, tubuh melepaskan berbagai jenis hormon salah satunya adalah kortisol. Terlalu banyak kortisol bisa memperlambat metabolisme yang bisa menyebabkan berat badan bertambah. Jangan sampai diet yang teman-teman lakukan menyebabkan teman-teman stres, mulailah dengan langkah terkecil dan kelola stres.

Semoga kelima tips di atas bisa bermanfaat dan membantu teman-teman yang sedang menjalani program diet. Pertanyaan terbesarnya adalah, apakah diet terbaik yang bisa kita lakukan sepanjang masa? Diet terbaik adalah diet yang dilakukan seumur hidup. Jika gagal, jangan takut coba lagi. Jika hari ini minum Boba Tea jangan lupa besok mulai diet lagi.

 

Sumber :

Febriansyah, 2019. Studi Sebut Pola Makan dan Diet Jadi Penyebab Kematian di Dunia. https://tirto.id/studi-sebut-pola-makan-dan-diet-jadi-penyebab-kematian-di-dunia-dk1G

Baca juga: Cemilan Rendah Lemak yang Cocok Untuk Diet

 

Healthylife womancare Lifestyle wanita

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health