LADIESTORY.ID | JEWELRY | DIMANA LETAK CINCIN TUNANGAN SEHARUSNYA DI LETAKKAN?

Dimana Letak Cincin Tunangan Seharusnya Di Letakkan?

LS Fashion
Penulis: LS Fashion
Durasi baca: 1 menit, 49 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Dimana Letak Cincin Tunangan Seharusnya Di Letakkan?

Pada umumnya sebelum melangsungkan acara pernikahan ada acara pertunangan. Dalam acara ini kedua keluarga akan dipertemukan dan saling memperkenalkan. Pada acara tersebut para pasangan akan menunjukkan komitmen untuk melanjutkan hubungan ke pelaminan. Dan dalam proses pertunangan ini terdapat acara tukar cincin tunangan antar kedua calon pengantin. Tetapi, dimana seharusnya letak cincin ini dipakaikan?

Sejarah Letak Cincin Pertunangan

Cincin pertunangan erat kaitannya dengan tradisi dan sejarah. Kebanyakan orang memakai cincin tersebut di jari manis pada tangan kiri, seperti halnya tradisi masyarakat Romawi kuno. Orang-orang dari negara itu meyakini bahwa jari manis mempunyai pembuluh darah yang langsung menuju jantung. Nama pembuluh darah itu ialah Vena Amoris atau Vein of Love. Itulah mengapa, pasangan harus mengenakan simbol kesetiaan dan cintanya pada jari manis
tangan kiri.

Dimana Letak Cincin Tunangan?

Maka, hanya perempuan yang mengenakan cincin tunangan itu. Jika mengikuti tradisi umumnya, letak cincin tunangan ada pada jari manis di tangan kiri. Lalu ketika menikah, kamu memindahkan cincin tersebut ke jari manis pada tangan kanan.

Baca juga: Alasan Mengapa Harga Berlian Bernilai Fantastis

Hanya Wanita Saja yang Mengenakan Cincin Pertunangan

Pemakaian cincin erat hubunganya dengan tradisi, adapun tradisi yang mengajarkan pertukaran cincin kedua belah pihak ketika acara pertunangan berlangsung. Tetapi ada pula tradisi yang menganjurkan hanya pihak wanita saja yang memakai cincin pertunangan. Hal ini dianggap suatu simbol bahwa perempuan tersebut menerima lamaran yang diajukan. Penyematan cincin tunangan sebaiknya ikuti tradisi yang berlaku di dalam keluarga atau mengikuti adat lingkungan setempat. Dengan demikian proses pertunangan akan berlangsung khidmat dan sakral.

Meski berdasarkan tradisi atau kepercayaan mengatakan bahwa cincin tunangan dan cincin kawin sebaiknya dikenakan di jari manis, sesungguhnya diletakkan di jari manapun merupakan keputusan pribadi masing-masing. Jika kamu merasa nyaman mengenakan cincin tunangan atau cincin kawinmu di jari telunjuk atau jari lainnya, di manapun bukanlah sebuah masalah, karena sebenarnya juga malah ada pasangan yang cincin kawin atau cincin tunangannya dijadikan liontin. Bagaimana? Ide yang menarik bukan? Tertarik mencobanya? Atau, malah kamu dan pasanganmu memang sudah melakukannya? Jadi, sudah terjawab kan cincin tunangan atau cincin kawin sebaiknya dikenakan di jari mana.

Kalau kamu sedang mencari cincin tunangan atau cincin kawin, boleh tanya-tanya harga dulu dengan ahli perhiasan berlian Frank & Co, lewat Live Chat email, atau Aplikasi Cmk Group. Harga dijamin bersahabat.

 

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

 

Cincin tunangan emas harga Cincin tunangan emas model Cincin tunangan emas. tips memilih Cincin tunangan emas frank & co. engagement ring cincin tunangan di jari mana

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Jewelry