Ladiestory.id » Health » Dipikirkan Lagi, Ini 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Berolahraga Dua Kali Sehari

Dipikirkan Lagi, Ini 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Berolahraga Dua Kali Sehari

LS Health
Penulis: LS Health
Jum'at, 15 November 2019 | 03:55:03
Durasi baca: 3 menit, 26 detik
Dibaca: 4 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Dipikirkan Lagi, Ini 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Berolahraga Dua Kali Sehari

Banyak wanita yang bingung kapan waktu yang tepat untuk berolahraga dalam sehari, apakah tidak apa-apa jika berolahraga dua kali dalam sehari? Jika kamu adalah pekerja kantoran yang memiliki jam kerja tetap, tentu berolahraga di pagi hari dan malam hari adalah hal yang ingin kamu lakukan, tapi apakah tidak apa-apa untuk tubuhmu? Ada alasan mengapa atlet professional dapat ditemukan di gym pada pagi hari dan melakukan kelas olahraga di siang hari. Hal tersebut karena mereka dirancang untuk mengoptimalkan energi dan menghasilkan hasil terbaik dalam kinerja mereka. Itu profesi mereka. Sesi spesifik tersebut dirancang untuk peningkatan masa otot, kekuatan, dan kemampuan aerobic, dan keterampilan keseluruhan yang lebih besar. Namun, bagi kamu yang memiliki kesibukan lain, apakah berolahraga sebanyak dua kali dalam sehari akan berdampak baik juga pada tubuhmu? Di bawah ini ada 5 hal yang harus dipertimbangkan sebelum kamu berolahraga dua kali dalam sehari.

1. Jaga keamanan tubuh terlebih dahulu

jaga keamanan tubuhmu
sumber: onnit.com

 

Sementara berolahraga, secara umum, memberikan tubuh dengan setumpuk manfaat yang indah, melakukan olahraga secara berlebihan dapat memiliki efek sebaliknya. Olahraga adalah bentuk stress pada tubuh dan olahraga terlalu banyak dapat mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menurun, cedera, peradangan, pola tidur yang terganggu, kehilangan motivasi, dan masih banyak lagi. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, Ladies! Jadi jika kamu ingin melakukan olahraga dua kali dalam sehari, kamu harus memastikan bahwa keamanan tubuhmu itu tepat dengan olahraga yang kamu lakukan.

Baca juga: Kita Perlu Membicarakan: Kesehatan Vagina

2. Pikirkan apa yang ada di piringmu

pikirkan apa yang ada di piringmu
sumber: chicago.eater.com

 

Mendukung tubuhmu selama beberapa sesi olahraga dengan nutrisi yang cukup sangat penting jika kamu ingin menghindari kelelahan dan meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan otot. Bergantung pada intensitas olahragamu, pastikan kamu mengonsumsi kalori yang cukup untuk mengisi tubuhmu melalui setiap sesi dan seterusnya. Untuk menyeimbangkan tenagamu, kamu harus mengonsumsi makanan yang termasuk karbohidrat kompleks seperti ubi jalar, pisang, dan beras merah, lemak esensial termasuk alpukat dan kacang-kacangan, protein berkualitas baik seperti daging sapi yang diberi makan rumput, dan pastikan kamu makan banyak sayuran dan buah! Jadi, sebelum belorahraga yang banyak, perlu diperhatikan juga makanan apa saja yang masuk dalam tubuhmu.

3. Prioritaskan istirahat dan relaksasi

prioritaskan istirahat
sumber: compsmag.com

 

Ini mungkin sudah jelas tetapi cukup istirahat di tengah kesibukanmu berolahraga adalah satu-satunya cara tubuhmu dapat mengikuti kegiatanmu. Biarkan dirimu beristirahat setidaknya enam jam di antara waktu olahraga, jadi jika kamu melakukan sesi olahraga pertama pada pukul 6 pagi, jangan olahraga lagi sampai setelah makan siang. Olahraga dengan waktu yang terlalu berdekatan dapat menyebabkan cedera. Untuk latihan intensitas tinggi, rencanakan untuk menyisihkan lebih banyak waktu tidur. Tujuh hingga delapan jam per hari adalah waktu tidur yang tepat untuk membuatmu bersemangat dan fit saat berolahraga.

4. Buat struktur olahragamu

buat struktur olahragamu
sumber: runnersworld.com

 

Baca juga: Coba Yuk, Gerakan Olahraga Ringan di Kantor Untuk Meningkatkan Kebugaran Tubuh


Memisahkan sesi olahragamu dengan jenis latihan, level intensitas, atau kelompok otot tertentu akan membantu menghasilkan sasaran kebugaran yang kamu inginkan. Ingatlah bahwa setiap orang berbeda, jadi kamu perlu membuat struktur yang berhasil untukmu dan tujuanmu. Jika kamu membagi berdasarkan jenis pelatihan, kamu dapat memiliki untuk bekerja pada kekuatanmu di kardio. Tempatkan sesi yang ingin kamu beri perhatian lebih pada awal hari ketika tubuhmu segar. Misalnya, kamu mungkin berlatih untuk marathon sehingga lari jarak jauhmu bisa didahulukan. Untuk pemisahan tingkat intensitas, letakkan latihan yang membutuhkan lebih banyak energi di awal hari dan yang membutuhkan lebih sedikit menjelang akhir hari untuk memaksimalkan upaya. Kamu mungkin juga ingin memecah latihanmu dengan melatih bagian-bagian tubuh yang berbeda sebagai contoh, di pagi hari kamu bisa melatih tubuh bagian bawah dan perut, pada sore hari kamu bisa fokus latihan tubuh bagian atas.

5. Mulailah dengan perlahan

mulai dengan perlahan
sumber: self.com

 

Jika kamu baru melakukan olahraga dua kali dalam sehari, kamu pasti ingin memastikan dirimu mengambil langkah kecil dan perlahan-lahan meningkatkannya. Jangan malu untuk menurunkan intensitas latihanmu secara keseluruhan untuk mencegah kelelahan pada awalnya. Saat kamu merasa lebih percaya diri, tambah beban kerjanya. Jika kamu mengalami rasa sakit atau cedera, silakan cari pengobatan dan saran dari ahli medis dan dengarkan tubuhmu. Jika kamu sudah sembuh esok harinya, jangan khawatir, berarti tubuhmu sudah bertambah kuat.

Kalau tubuhmu sudah terbiasa berolahraga, mungkin olahraga dua kali dalam sehari adalah pilihan. Namun, jika ini baru kamu lakukan, sebaiknya kamu harus perhatikan 5 hal di atas agar tidak terjadi hal yang tidak kamu inginkan, Ladies! Selamat berolahraga.

Baca juga: Masih Ragu Untuk Donor Darah? Ternyata Banyak Sekali Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan

health kesehatan olahraga olahraga dua kali sehari dampak olahraga dampak olahraga dua kali dalam sehari dampak berolahraga terlalu sering

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

TRENDING ON HEALTH