?>
LADIESTORY.ID » LIFESTYLE » DIY KORAN BEKAS! MENJADI BARANG DEKORASI YANG PENUH KREATIFITAS

DIY Koran Bekas! Menjadi Barang Dekorasi Yang Penuh Kreatifitas

LS Lifestyle
Senin, 01 Juni 2020 | 12:05:53
Durasi baca: 2 menit, 50 detik
Dibaca: 5 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

DIY Koran Bekas! Menjadi Barang Dekorasi Yang Penuh Kreatifitas

Kamu punya banyak koran bekas di rumah dan cuma numpuk nggak tahu mau dibikin apa? Inspirasi kreasi koran bekas ini pasti bikin kamu kaget dan nggak percaya kalau benar-benar terbuat dari koran bekas. Intinya sih cuma ada di kreativitasmu saja. Lumayan ‘kan nggak perlu ngabisin THR buat menghias-hias rumah, udah bisa bikin sendiri ini, sambil memanfaatkan barang bekas lagi!

Tempat Pensil dari Koran Bekas

Tempat pensil tidak harus didapat dengan cara membeli di toko alat tulis. Kita bisa membuat tempat pensil dengan barang – barang bekas yang ada di rumah kita. Berikut ini akan saya berikan tutorial membuat tempat pensil dari koran bekas.

Bahan:

Baca juga: Masker DIY! yang Bisa Bikin Wajahmu Cerah

  1. Koran bekas
  2. Gunting
  3. Lem tembak
  4. Lidi
  5. Kain flanel / pita

Cara membuat:

  1. Gunting kertas koran dengan lebar 10 cm dan panjang sesuai lebar koran. Saya pakai 16 lembar kertas koran.
  2. Gulung masing-masing lembar dengan bantuan lidi agar cepat, kemudian lem ujungnya.
  3. Rapikan ujung-ujungnya agar panjangnya sama.
  4. Lem gulungan koran dengan menggunakan lem tembak sepanjang 10 cm.
  5. Satukan gulungan koran yang telah dilem membentuk kotak pensil seperti gambar berikut.
  6. Hias dengan kain flanel atau pita sesuai selera, dan akhirnya tempat pensil dari koran bekas telah jadi. Sekarang meja belajar atau meja kerja jadi terlihat rapi.

Bunga dari Kertas Koran

Bunga hasil karya tangan pada umumnya dibuat dari bahan dasar kertas koran. Selain lebih mempunyai makna, bunga yang terbuat dari kertas koran pun harganya lebih bersahabat dengan kantong daripada dengan bunga segar.

Bahan:

  1. Kertas koran
  2. Lem kertas
  3. Gunting
  4. Benang
  5. Kawat

Cara membuat:

  1. Untuk step awal, gunting kertas koran menjadi ukuran 6 x 10 inch menjadi lima bagian yang pada setiap bagiannya berukuran 2 x 6 inci. Lalu, ambil salah satu kertas koran yang telah digunting dan lipat bagian centernya agar berbentuk seperti kelopak bunga. Ulang cara ini berkali-kali supaya menghasilkan kelopak bunga yang terbaik. Kurang lebih diperlukan lima sampai enam bagian sehingga dapat menjadi kelopak bunga tulip yang indah.
  2. Ketika kelopak bunga tulip jadi, sekarang ayo berpindah untuk membuat tangkai. Kemudian, lingkari setangkai kawat dengan kertas (sebaiknya warna hijau). Setelah kertas telah dililitkan, rekatkan ujung kertas pada kawat atau sedotan dengan bantuan lem kertas agar tidak copot serta tahan lama.
  3. Lalu, tibalah dimana kamu untuk merekatkan bagian kelopak bunga ke tangkainya. Dalam proses ini, ada baiknya gunakan benang saat mengaitkan kelopak dan tangkai agar tidak mudah lepas.
  4. Ketika semua proses telah diikuti, buatlah beberapa tangkai bunga tulip lagi agar dapat dijadikan hiasan ataupun kado dalam wujud bouquet bunga dan vas bunga.

Tatakan Gelas dari Koran

Bahan:

Baca juga: DIY CONTEST! Stay Creative At Home With Ladiestory


  1. Koran bekas
  2. Lem tembak
  3. Lidi atau tusuk sate
  4. Pulpen

Cara membuat:

  1. Untuk membuat kerajinan dari koran bekas yang berikutnya, kamu mesti mempersiapkan alat dan bahan yang sudah kami sebutkan di atas.
  2. Ambil selembar koran, kemudian bagi menjadi dua. Gunakan bantuan penggaris untuk merobek kertas.
  3. Kertas yang sudah dirobek tersebut lalu digulung memanjang dengan menggunakan lidi atau tusuk sate. Kemudian beri lem pada bagian ujung gulungan kertas menggunakan lem tembak.
  4. Setelah itu ambil pulpen sebagai alat bantu untuk menggulung kertas. Buatlah gulungan pada step nomor 3 menjadi gulungan melingkar sampai benar-benar padat.
  5. Kalau sekiranya hasil gulungan masih kurang lebar atau lebih kecil dari bagian alas gelas, kamu bisa menambahkan gulungan kertasnya lagi, GenK. Inilah yang nantinya akan digunakan sebagai tatakan.
  6. Tahap yang terakhir adalah dengan melapisi semua bagian gulungan tersebut dengan menggunakan lem. Tujuannya agar kertas koran tidak rusak saat terkena tetesan air dari gelas.
  7. Tunggu sampai lem mengering. Kalau sudah, tatakan gelas buatanmu sudah jadi deh. ?

Jadi, kapan mau coba? 

 

Sumber foto: Freepik.com

Baca juga: 5 Ide Kreatif Diy Ini Bisa Melupakan Kamu dari Mantan

diy contest LadiestoryDIY diy contest ladiestory ladiestory contest diy koran bekas daur ulang koran bekas

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE