LADIESTORY.ID | FASHION | DIY, MEMBUAT BAJU TIE DYE YANG SEDANG HITS SAAT INI

DIY, Membuat Baju Tie Dye Yang Sedang Hits Saat Ini

LS Fashion
Penulis: LS Fashion
Durasi baca: 2 menit, 22 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

DIY, Membuat Baju Tie Dye Yang Sedang Hits Saat Ini

Bosan dengan baju yang itu-itu aja? Yuk, ubah penampilanmu dengan menggunakan baju tie dye. Baju dengan desain yang unik ini bisa membuat penampilan kamu tampak begitu modis dan kekinian. Nggak cuma bisa membuat penampilanmu lebih keren, baju tie dye juga bisa membuat banyak mata melirik, lho. Untuk itu, pastikan baju satu ini masuk dalam koleksi fashion item kamu, ya.

Tahukah kamu bahwa baju tie dye juga bisa dibuat sendiri di rumah? Meski membutuhkan proses yang nggak sebentar, namun proses pembuatannya sangatlah seru. Dengan membuat tie dye sendiri di rumah, kamu juga bisa mengkreasikan warna dan motif favorit kamu. Biar kamu nggak penasaran lagi, yuk simak cara membuat baju tie dye berikut.

Siapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan tentu alat dan bahan untuk membuat tie dye. Siapkan kaos polos atau baju bekas berbahan katun yang memang sudah lama nggak digunakan. Jangan lupa beli pewarna khusus pakaian untuk mengubah warna baju kamu. Pilih warna-warna dasar seperti biru, kuning, dan merah. Ketiga warna dasar itu bisa kamu ubah menjadi warna lainnya seperti hijau atau oranye. Setelah dua bahan tersebut sudah kamu persiapkan, kini saatnya kamu menyiapkan sarung tangan, karet gelang, dan kantong plastik.

Baca juga: DIY, Merawat Perhiasan Emas Di Rumah Dengan Bahan - Bahan Alami

Cari Lokasi yang Pas

Membuat baju tie dye akan aman jika kamu lakukan di luar rumah. Pasalnya, proses pembuatan baju tie dye cenderung berantakan. Melakukannya di dalam rumah tentu sah-sah saja, namun bersiaplah untuk membersihkan permukaan hingga perabotan rumah yang nggak sengaja terkena pewarna pakaian. Jika memang ingin melakukannya di dalam rumah, lakukan di dalam kamar mandi, ya.

Pilih Motif Tie Dye

Seperti yang kamu ketahui, motif baju tie dye terbilang sangat beragam. Sebelum memulai aksi, terlebih dahulu kamu perlu menentukan apa motif yang kamu inginkan. Beberapa motif tie dye yang paling populer seperti spiral, striped look, firecracker, ombre, dan masih banyak lagi. Jika sudah menentukan pilihan, kini saatnya kamu menggulung dan mengikat baju sesuai dengan motif pilihan kamu. Kira-kira kamu lebih suka motif tie dye yang mana, nih?

Rendam Baju dengan Pewarna

Nah, sekarang saat yang ditunggu-tunggu, kamu bisa mulai memberi warna pada baju yang sudah diikat tadi. Teknik pemberian warna tergantung dari motif serta berapa warna yang akan kamu gunakan. Kamu bisa merendamnya atau bahkan sekedar menyemprotkan warna. Jika kamu memilih menggunakan motif spiral dengan satu warna saja, kamu bisa merendam baju tersebut di dalam air yang sudah dicampur dengan pewarna pakaian. Tahapan inilah yang akan menguji seberapa tingkat kreativitas kamu.

Tunggu Pewarna Menyerap

Biar hasil tie dye dapat maksimal, kamu perlu mendiamkan baju tersebut. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk mendiamkan tie dye tergantung dari warna yang kamu inginkan. Jika kamu ingin hasil akhir yang cenderung terang atau bernuansa pastel, kamu cukup mendiamkan baju selama 2 jam. Namun, jika kamu ingin warnanya tampak begitu pekat, diamkan baju selama 8 hingga 24 jam. Jangan lupa untuk memasukkan baju ke dalam kantong plastik jika kamu akan mendiamkannya cukup lama, ya.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

Baju tie dye Fashion baju tie dye motif baju tie dye tie dye fashion

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Fashion