?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » DO YOU KNOW? 5 MACAM HORMON YANG ADA PADA TUBUH WANITA

Do You Know? 5 Macam Hormon yang Ada Pada Tubuh Wanita

LS Health
Penulis: LS Health
Rabu, 15 Juli 2020 | 10:22:33
Durasi baca: 1 menit, 58 detik
Dibaca: 2 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Do You Know? 5 Macam Hormon yang Ada Pada Tubuh Wanita

Hormon merupakan zat kimia yang diproduksi oleh sistem endokrin dalam tubuh dan berfungsi untuk membantu mengendalikan hampir semua fungsi tubuh, seperti pertumbuhan, metabolisme, hingga kerja berbagai sistem organ, termasuk organ reproduksi. Siklus menstruasi memang memiliki beberapa fase. Namun, seluruh fase tersebut dikontrol kondisinya oleh 5 hormon yang hanya dimiliki oleh wanita. Hormon-hormon tersebut adalah:

Estrogen

Estrogen merupakan hormon yang memengaruhi banyak hal dalam tubuh wanita, salah satunya adalah saat memasuki masa siklus menstruasi ini. Diproduksi oleh ovarium, estrogen juga memiliki peran dalam melakukan perubahan pada fisik seorang wanita saat memasuki masa pubertas.  Perubahan yang dilakukan oleh hormon estrogen ini termasuk juga pada proses pembentukan kembali lapisan dinding rahim yang luruh. Jadi, tanpa adanya hormon ini, lapisan dinding rahim tidak akan kembali seperti semula pasca terjadinya menstruasi.  

Progesteron

Selanjutnya ada hormon progesteron yang memiliki peran sama pentingnya dengan estrogen. Pada siklus reproduksi, hormon progesteron dan estrogen bekerja sama untuk menjaga siklus tersebut serta saat terjadi kehamilan. Selaras dengan estrogen, progesteron juga diproduksi oleh ovarium serta berperan untuk menebalkan kembali dinding rahim yang luruh. 

Baca juga: Do You Know? You Should Know About Bullying!

GnRh

Hormon ketiga yang memengaruhi proses menstruasi adalah hormon pelepas gonadotropin atau biasa disingkat dengan GnRh. Berbeda dengan dua hormon sebelumnya, hormon pelepas gonadotropin ini diproduksi otak dan bermanfaat untuk mendorong tubuh untuk membuat hormon perangsang folikel serta hormon pelutein. 

Pelutein

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, hormon pelutein ini dapat diproduksi akibat rangsangan yang diberikan oleh hormon gonadotropin pada tubuh. Fungsi dari hormon pelutein ini adalah untuk merangsang ovarium agar menghasilkan sel telur serta proses ovulasi. Dengan begitu, siklus menstruasi dapat terus berulang dan berjalan dengan lancar.  

Perangsang Folikel

Jenis hormon terakhir adalah hormon perangsang folikel atau biasa disingkat dengan FSH. Sama halnya dengan hormon pelutein, FSH juga dapat diproduksi akibat rangsangan yang diberikan oleh hormon pelepas gonadotropin pada tubuh. Lebih tepatnya, kelenjar pituitari yang merupakan bagian bawah dari otak adalah bagian tubuh yang memproduksi hormon ini.  Fungsi dari hormon ini adalah untuk membantu ovum atau sel telur dalam ovarium menjadi matang dan kemudian siap dilepaskan kembali. Dengan begitu, tubuh wanita kembali memasuki masa kesuburan dan dapat dibuahi oleh sperma atau mengulang siklus menstruasi.

Setiap hormon wanita memiliki peranan penting terhadap kesehatan, termasuk menentukan bentuk tubuh wanita. Untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, membatasi konsumsi makanan manis dan tinggi karbohidrat, mengurangi stres, serta tidur yang cukup.

Sumber foto utama: Freepik.com

hormon pada wanita macam-macam hormon pada wanita wanita

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

Do You Know? You Should Know About Bullying!

Kasus bullying sayangnya masih sering banget ditemukan di sekitar kita. Yuk, kenali apa itu bullying hingga cara menghadapinya!Apa…

TRENDING ON HEALTH