LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | DRIVE THRU WEDDING, ALTERNATIF MENGGELAR PERNIKAHAN SAAT PANDEMI

Drive Thru Wedding, Alternatif Menggelar Pernikahan Saat Pandemi

LS Lifestyle
Durasi baca: 3 menit, 3 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Drive Thru Wedding, Alternatif Menggelar Pernikahan Saat Pandemi

Pandemi COVID-19 menyisakan kegamangan bagi beberapa pasangan yang memiliki rencana menikah di tahun 2020. Rencana pernikahan yang sudah dibuat jauh-jauh hari, terpaksa harus ditunda hingga waktu yang tidak bisa ditentukan.

Di balik kecemasan hilangnya euforia pernikahanmu, tren pernikahan drive thru atau dijadikan opsi untuk melangsungkan pernikahan. Gaun pengantin, cincin kawin, wedding organizer (WO), dan katering yang sebelumnya mungkin sempat berniat untuk dibatalkan bisa kamu manfaatkan untuk perayaan pernikahan ala drive thru ini.

Mengapa Drive Thru Wedding?

Baca juga: DIY Kotak Cincin Pernikahan Ini Unik dan Romantis Lho

Dengan konsep drive thru, para tamu undangan cukup berada di atas kendaraan yang melintasi pengantin yang berdiri di atas pelaminan dengan posisi diatur sedemikian rupa agar mudah dilalui kendaraan di depannya. Saat hendak memberi ucapan selamat kepada kedua mempelai, para tamu undangan cukup membuka kaca mobil dan kaca helm bagi mereka yang menggunakan roda dua.

Acara resepsi drive thru atau pesta tanpa turun dari kendaraan bisa jadi pilihan yang lebih aman di era new normal ini. Pertama, tidak ada kontak langsung antara kedua mempelai dan para tamu yang datang. Demikian juga antara satu rombongan tamu dan tamu yang lain. Kedua, waktu yang dibutuhkan saat mendatangi resepsi juga jadi cenderung lebih singkat karena semua dilakukan seperlunya, tanpa banyak basa-basi. 

Apa Yang Harus Dipersiapkan?

Sudah banyak wedding organizer yang menawarkan konsep ini, jadi kamu tidak perlu pusing memikirkan perencanaan konsep drive thru wedding kamu sendirian. Tapi kalau pun harus menyiapkannya sendiri juga tidak sulit. 

Hal paling utama adalah area yang cukup untuk menerima para tamu yang ada dalam kendaraan. Jika kamu tidak yakin dengan wilayah rumahmu, wedding organizer pun siap menyediakan tempat agar prosesi pernikahan drive thru kamu berjalan lancar.

Untuk acara akad nikahnya sendiri masih berjalan seperti biasa dengan dihadiri keluarga dekat saja. Masih ada proses tukar cincin kawin, akad, sungkem, dan foto bersama keluarga dengan protokol social distancing, jadi jangan takut kehilangan euforia pernikahan dengan konsep drive thru ini.

Wedding Rings by Frank and co.
Wedding Ring dari Frank and co.

 

Panduan Singkat Pernikahan Dengan Konsep Drive Thru

Tidak ada panduan pasti dalam merayakan drive thru wedding ini, karena semua hal yang berkaitan dengan teknis akan disesuaikan dengan kondisi. Menurut Khais Akbar, seorang pemilik wedding organizer, konsep drive thru ini sudah termasuk dalam paket resepsi pernikahan yang mengikuti protokol kesehatan seperti memakai pelindung wajah, pengukuran suhu tubuh, jaga jarak dan mencuci tangan.

Berikut tahapan dasar menghadiri drive thru wedding, menurut pengalaman Khais Akbar yang dikutip dari Warta Ekonomi:

Baca juga: Ini 6 Alternatif Tempat Menyimpan Perhiasan

 

  • Registrasi

Begitu tiba, tamu undangan sudah langsung mendapatkan pelayanan dari panitia. Tamu hanya diminta menyebutkan nama atau registrasi dengan cara scan QR barcode dengan cukup berada di dalam kendaraan.

 

  • Melintasi pelaminan yang telah didesain

Para tamu undangan tinggal menuruti arahan petugas, untuk bisa bertemu dengan kedua mempelai atau orang tua mempelai. Tanpa bersalaman, tamu undangan hanya diperkenankan untuk membuka kaca mobil atau helm untuk mengucapkan selamat kepada kedua mempelai.

Begitu juga bila tamu undangan ingin memberikan kado atau amplop, dapat dimasukkan ke kotak yang juga telah tersedia

Baca juga: Tema Bridal Shower Untuk Kamu Yang Sedang Mempersiapkan Pernikahan

 

  • Ambil bingkisan yang sudah disediakan

Selanjutnya kendaraan akan lanjut untuk kemudian diberhentikan lagi untuk menerima bingkisan makanan yang disediakan oleh panitia.

 

Ingat 3 Hal Ini Sebelum Mendatangi Drive Thru Wedding:

  1. Cek kondisi kesehatanmu, jika dalam keadaan demam, lebih baik tidak usah pergi.
  2. Gunakan masker atau face shield. Walau di atas kendaraan tapi lebih baik kamu patuhi protokol kesehatan demi kesehatanmu sendiri.
  3. Bawa hand sanitizer. Kita tidak tahu seberapa padatnya acara drive thru wedding yang akan dikunjungi. Jika tiba-tiba panitia kehabisan hand sanitizer, kamu bisa dengan sigap menggunakan hand sanitizer sendiri.
  4. Baca panduan di sekitar area. Patuhi arahan panitia, termasuk pengecekan suhu tubuh, penggunaan hand sanitizer, dan larangan selama drive thru.

Itulah panduan singkat menggelar resepsi dengan konsep drive thru wedding. Tanpa meninggalkan protokol kesehatan, kamu bisa tetap menikmati euforia pernikahan di masa pandemi.

Baca juga: Memulai Kebiasaan Baik Yang Bikin Pernikahan Tambah Harmonis

Cincin Kawin Cincin Pernikahan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle