?>
LADIESTORY.ID | BEAUTY | EFEK BURUK MALAS MENGGUNAKAN SUNSCREEN UNTUK KULIT

Efek Buruk Malas Menggunakan Sunscreen Untuk Kulit

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 2 menit, 16 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Efek Buruk Malas Menggunakan Sunscreen Untuk Kulit

Malas menggunakan sunscreen bisa memberikan efek yang buruk untuk kulit wajahmu. Jadi, jangan lupa memakai sunscreen ya saat keluar dari rumah. Kamu pasti tahu bahwa kulit adalah bagian tubuh yang sangat butuh dilindungi. Karena itulah kita wajib banget menjaganya dari berbagai hal, termasuk paparan sinar matahari yang berlebihan. Mau berada di luar atau di dalam ruangan, sunscreen tuh penting banget untuk kulit kamu. Sunscreen bakal jadi salah satu produk skincare yang wajib kamu pakai karena berfungsi memproteksi kulit dari sinar UVA dan UVB. Pingin tahu lebih dalam soal sunscreen? Read on, ladies!

Berikut adalah Efek Buruk Tidak Menggunakan Sunscreen

Sinar Ultra Violet bisa menyebabkan penuaan dini

Efek absen memakai sunblock mungkin tidak terlihat saat kulit masih muda. Itu yang membuat banyak wanita di usia muda terkesan ‘meremehkan’ sunblock. Dalam jangka panjang, paparan sinar ultra violet matahari secara terus menerus terhadap kulit tanpa proteksi bisa menyebabkan penuaan kulit secara dini. Masalah-masalah yang biasa dihadapi akibat ulah sinar ultra violet ini adalah kerutan, garis halus, hiperpigmentasi, bercak hitam, melasma, kulit terbakar matahari dan yang paling parah adalah kanker kulit.

Baca juga: Memilih Perhiasan Sesuai dengan Warna Kulit, Wajib Coba!

Sudah sadar pentingnya sunblock tapi masih memakainya hanya saat  beraktifitas di luar ruangan? Bukan hanya kamu yang berpikir demikian. Banyak orang yang mengira, kulit berisiko mengalami masalah hanya jika terpapar sinar ultra violet matahari secara langsung atau saat berada di luar ruangan. Padahal, ini salah, lho!

UVB dan UVA dari matahari punya sifat yang berbeda meski sama-sama merusak kulit

Sinar ultra violet matahari terdiri dari dua jenis, yaitu UVB dan UVA. Sinar UVB lebih ringan sifatnya dan menyerap hanya di lapisan teratas kulit. Tanpa pelindung, lapisan kulit teratas bisa jadi lebih gelap atau terbakar. Kandungan SPF (Sun Protection Factor) dalam sunblock atau sunscreen hanya melindungi kulit dari sinar UVB ini.

Di sisi lain, jenis sinar UVA menyerap jauh lebih ke dalam lapisan kulit. Sifat inilah yang membuat UVA bisa menyebabkan segala masalah penuaan kulit yang disebutkan di atas, mulai dari kerutan, garis halus, hiperpigmentasi, bercak hitam, melasma sampai dalam kondisi yang esktrim adalah kanker kulit.

UVA bisa menembus kaca sehingga tetap mengenai kulit

Jadi meskipun kamu tidak terpapar langsung sinar matahari, apakah itu berada di dalam ruangan dengan jendela kaca atau di dalam mobil dengan pelindung kaca, kulit tetap berisiko mengalami berbagai kerusakan akibat sinar UVB yang menembus kaca tadi. Itulah kenapa kamu tetap butuh memakai sunblock meskipun tidak beraktifitas di luar ruangan. Beruntungnya yang tinggal di Asia, sebagian besar produk sunblock atau sunscreen yang banyak beredar bisa melindungi kulit baik dari sinar UVB maupun UVA, dilihat dari kandungan SPF dan PA level yang bisa dilihat pada kemasanny, misalnya, SPF 50 PA+++.

 

Sunscreen manfaat Sunscreen cara penggunaan Sunscreen

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty