?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » FIMELA FEST 2019: 5 CARA ORANGTUA MENGHADAPI ANAK MODERN TANPA EMOSI

Fimela Fest 2019: 5 Cara Orangtua Menghadapi Anak Modern Tanpa Emosi

Rabu, 02 Oktober 2019 | 08:00:00
Durasi baca: 2 menit, 8 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Fimela Fest 2019: 5 Cara Orangtua Menghadapi Anak Modern Tanpa Emosi

Fimela.com, Jakarta Berkembang zaman, berkembang pula pola asuh orangtua . Sebagai orangtua, kita tidak bisa menerapkan pola asuh dahulu seperti memaksakan kehedak diri sendiri.

Sebab, ketika memaksakan kehedak diri sendiri maka orangtua pun akan mudah tersulut emosi. Padahal, menurut praktisi Mindful Parenting Melly Amaya Kiong, sifat anak-anak di era modern saat ini sangat pintar untuk merekam apa yang kita lakukan.

"Anak-anak era modern mudah merekam apa yang kita lakukan. Jadi jika orangtua selalu emosi, anak pun akan merekamnya dan akan melakukan hal negatif tersebut saat dewasa kelak," papar Melly saat dihubungi redaksi Fimela.com, Senin (30/9).

Baca juga: Mix and Match Pakaian Untuk Anak Kuliahan!

Melly juga mengatakan dengan emosi, permasalah tidak bisa diselesaikan dengan baik. Untuk itu, pentingnya mindful parenting untuk mengendalikan emosi ketika menghadapi anak. Berikut lima hal yang perlu diperhatikan:

1. Mendengarkan

Baca juga: ASI yang Memiliki Peran Di 1000 Hari Kehidupan Pertaman Anak Didunia


Sebaiknya, mulailah mendengarkan pendapat anak. Mendengarkan dengan penuh perhatian. "Jadi saat mendengarkan orangtua jangan sambil main smartphone. posisikan kita satu level dengan anak, lihat mata anak, tatapan mata anak itu tidak bisa bohong, lihat wajahnya, dengarkan suaranya baik-baik, jadi kenali perasaan anak," kata Melly menjelaskan.

Jadi biarkan anak untuk mengungkapkan masalahnya.

2. Tidak menghakimi

Terkadang, orangtua selalu mengeluarkan kata-kata menghakimi. Seharusnya kita lebih sabar untuk menghadapi anak. Maka setelah mendengarkan, sebaiknya orangtua menjawab si anak dengan tidak penuh penghakiman.

3. Pengendalian emosi diri

Baca juga: Makanan Sehat untuk Anak Dimasa Pertumbuhan

Pengendalian emosi diri sangatlah penting, sebab menurut Melly percuma marah karena marah tidak menyelesaikan marah. Jadi lebih baik sabar, dan dengerkan dahulu pendapat anak.

4. Adil dan Bijaksana

Artinya berikan apa yang dibutuhkan. Contoh sederhana memberikan smarphone sesuai kebutuhan. "Usia berapa pasnya anak pegang smartphone, itu kita harus mengerti," ucapnya.

5. Cinta kasih sayang yang luas

Ajarkan anak untuk selalu mencintai, mulai dari mencintai diri sendiri, orangtua, lingkungan sekitar, hingga binatang. Ketika kita mengajarkan cinta tersebut, maka anak akan menghargai kehidupan.

Baca juga: Nutrisi dan Stimulasi yang Tepat Agar Anak Pintar

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Mainful Parenting, Melly Amaya Kiong praktisi mindful parenting dan founder dari eMKa, serta pemilik situs resminya Mellykiong.com akan menjadi speaker di Fimela Fest yang akan diselenggarakan pada 16-17 November 2019.

Yuk tambah ilmu tentang parenting di Fimela Fest 2019, segera daftarkan diri kamu di sini .

Simak video berikut

#Growfearless with Fimela

Baca juga: Yuk, Kenali 5 Gejala Stres yang Dialami Anak Saat Pandemi!

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING