Ladiestory.id » Parenting » FIMELA FEST 2019: Orangtua dengan Mindful Parenting Hasilkan Anak Bermental Sehat

FIMELA FEST 2019: Orangtua dengan Mindful Parenting Hasilkan Anak Bermental Sehat

Senin, 16 September 2019 | 02:30:00
Durasi baca: 1 menit, 53 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

FIMELA FEST 2019: Orangtua dengan Mindful Parenting Hasilkan Anak Bermental Sehat

Fimela.com, Jakarta Cara mengasuh anak oleh orangtua sangat berdampak pada tumbuh kembang dan kesehatan mentalnya. Sehingga diperlukan cara mengasuh anak yang tepat. Melansir dari News Hub dari George State University pada Senin (16/9/2019) menjelaskan bahwa orang yang dibesarkan oleh orangtua yang mendukung mereka mengekspreksikan emosi, cenderung lebih sehat secara emosional.

Anak dari orangtua seperti ini juga memiliki tingkat depresi dan kecemasan yang lebih rendah. Pola ini masuk sebagai mindful parenting , yang saat ini banyak dibicarakan dan tren di kalangan pola asuh anak.

Baca juga: Manfaat Tak Terduga dari Kebiasaan Menonton di Bioskop Bersama Anak

"Ketika orangtua merespon emosi anak-anak mereka dengan cara yang mendukung, menunjukkan penerimaan dan tidak menghakimi, anak-anak mereka cenderung lebih menerima dan tidak menghakimi dari pengalaman mereka sendiri," jelas Laura G. McKee, Asisten Profesor Psikologi.

Mindful parenting sendiri merupakan pola asuh yang berkesadaran. Dalam artian segala didikan yang diberikan orangtua dilakukan secara sadar untuk mendidik sang anak dari dalam. Terutama secara emosi.

Secara umum, penelitian ini menunjukkan bahwa mereka yang dibesarkan oleh orang tua yang tertarik pada emosi anak-anak mereka atau mindful parenting , dapat mendorong si kecil untuk membagikan cerita dan memiliki keterampilan yang lebih baik dalam mengatasi emosi.

Baca juga: 5 Hal yang Menyebabkan Anak Rentan Alergi

Survei yang fokus pada respon orangtua pada kondisi emosi anak

McKee pun mengatakan bahwa penelitian sementara membuktikan dampak pengasuhan yang mendukung secara emosional memiliki hubungan yang erat dengan kesehatan mental anak-anaknya. Perhatian penuh dicirikan sebagai memperhatikan saat sekarang tanpa penilian, perhatian yang diatur, sikap ingin tahu, penerimaan, dan keterbukaan.

Dalam penelitian tersebut, Mckee memberikan beberapa pertanyaann survei kepada responden. Pertanyaan difokuskan pada respon orang terhadap emosi positif, seperti kebahagiaan dan minat, serta emosi negatif seperti kesedihan, kemarahan, dan ketakutan.

Peserta pun menunjukkan bahwa tipikal orangtua untuk merespon. Di antaranya dengan mendengarkan, memberi kenyamanan, dan memberikan penyelesaian masalah pada mereka.

Ingin tahu lebih lanjut tentang mindful parenting? Daftarkan dirimu sekarang juga dan dapatkan kesempatan untuk hadir di Fimela Fest 2019!

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING