Ladiestory.id » Parenting » Fimela Fest 2019: Pentingnya Rutin Berkomunikasi dengan Anak di Era Modern

Fimela Fest 2019: Pentingnya Rutin Berkomunikasi dengan Anak di Era Modern

Senin, 07 Oktober 2019 | 07:30:00
Durasi baca: 1 menit, 47 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Fimela Fest 2019: Pentingnya Rutin Berkomunikasi dengan Anak di Era Modern

Fimela.com, Jakarta Komunikasi dengan anak memang penting bagi pertumbuhannya. Apalagi di era modern anak-anak sudah mulai terpapa r smartphone sejak dini, yang membuatnya mendapat begitu banyak informasi.

Komunikasi orangtua dengan anak harus dilakukan, agar orangtua dapat memfilter informasi yang anak-anak dapatkan. Ajaklah si kecil berbicara agar dapat memahami pergaulannya dan informasi apa yang telah didapatkan.

Baca juga: Manfaat Tak Terduga dari Kebiasaan Menonton di Bioskop Bersama Anak

Bahkan, dilansir dari Hellosehat.com membangun komunikasi dengan anak yang positif sejak anak kecil dapat membantu dalam mengembangkan kepercayaan diri anak, membangun rasa harga diri anak, anak merasa lebih berharga, membangun konsep diri anak yang positif, dan dapat membantu anak dalam membangun hubungan dengan orang lain yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Kapan Anak Boleh Berhenti dari Aktivitas Tidur Siang?

Mungkin kalian suka melihat anak kecil yang pemalu di depan umum, hal ini mungkin salah satunya disebabkan karena komunikasi orangtua dengan anak kurang terjalin dengan baik.

Mendengarkan anak

Mendengarkan anak juga hal penting untuk membangun komunikasi efektif. Sebaiknya orangtua dapat meluangkan waktu mendengarkan anak kemudain ajak ia ngobrol.

Fokus mendengarkan anak, jangan sampai orangtua justru melakukan hal lain seperti bermain smartphone ketika anak berbicara. Setelah mendengarkan anak, doronglah anak untuk mengeluarkan ide-ide atau opininya.

Saat memarahi atau mengkritik anak, jangan sampai emosi hingga berbicara kasar. Sebab, anak akan merekam prilaku orangtua dan akan diikuti di kemduian hari.

Baca juga: Membangun Ikatan Batin dengan Anak Sesuai Tahapan Usia (Bagian 3-habis)

Yuk mulai belajar menjadi ibu bijak dan pintar untuk mempersiapkan anak menghadapi era digital. Fimela akan mengajakmu mengatahui lebih dalam tentang pola asuh anak di era digital dalam gelaran FIMELA FEST 2019. Acara tahunan ini akan berlangsung pada tanggal 11-17 November 2019 di Gandaria City.

Akan hadir Melly Amaya Kiong dalam talkshow bertajuk "Menyiapkan Anak Menghadapi Era Modern. Melly Amaya Kiong adalah praktisi mindful parenting yang telah menerbitkan beberapa buku tentang pola pengasuhan anak mengutamakan kedekatan emosional.

Ingin tahu lebih banyak tentang mindful parenting? Daftarkan dirimu segera di sini dan dapatkan kesempatan untuk hadir di FIMELA FEST 2019!

#Growfearless with Fimela

Baca juga: Bukan Gaya, Andien Prioritaskan Kenyamanan untuk Pakaian Anak

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING