?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » HAL INI HARUS KAMU SANITASI SEKARANG JUGA AGAR TIDAK SAKIT

Hal Ini Harus Kamu Sanitasi Sekarang Juga agar Tidak Sakit

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 16 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Hal Ini Harus Kamu Sanitasi Sekarang Juga agar Tidak Sakit

Perhatian: secepatnya kamu wajib membersihkan permukaan dan benda-benda ini. A.S.A.P. Tanpa menunggu lama, apalagi besok. Seperti yang disampaikan oleh CDC (Centers for Disease Control and Prevention) bahwa bukti-bukti yang ada sekarang menganjurkan bahwa COVID-19 bisa bertahan selama jam-jam atau berhari-hari di permukaan yang terbuat dari berbagai material. Oleh sebab itu "Membersihkan permukaan kotor diikuti dengan menyemprotkan disinfektan merupakan cara terbai untuk mencegah COVID-19 dan penyakit pernafasan virus lainnya dalam lingkup rumah dan komunitas," CDC menganjurkan

Apa saja permukaan yang mesti kamu bersihkan dengan benar dan teratur? Ini beberapa di antaranya. 

KIBOR

Seandainya kamu belum tahu, kibor adalah tempat nongkrong bebas dan gratis untuk para kuman dan bakteri. Jadi, memang sangat perlu melakukan bersih-bersih terhadap peralatan ini. Begini cara membersihkannya: setelah mencopotnya (jika tidak bisa dicopot), pegang dalam posisi terbalik dan goyang-goyang sedikit untuk melepaskan kotoran-kotoran di sekitar kibor. Atau gunakan metode kompresi udara untuk membersihkan noda-noda dan kotoran yang membandel. Lalu, usap tombol-tombol kibor dengan tisu disinfektan atau kain microfiber yang sudah disemprot dengan cairan pembersih. 

Baca juga: Produk Shampo Untuk Kulit Kepala Berketombe dan Gatal

PONSEL

Aha! Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di sini, ponsel kamu ternyata lebih kotor daripada dudukan toilet. Oleh karenanya, wajib dan harus dibersihkan sesering mungkin (apalagi jika kamu sering membawanya sebagai teman saat ke kamar mandi). Pastikan untuk tidak pernah mencelupkan ponsel kesayangan ke dalam cairan pembersih (bahkan ketika ponsel waterproof). 

BENDA-BENDA YANG SERING DISENTUH

Dalam hal ini termasuk gagang pintu, remote control, penyela lampu dan toilet handle. Bersihkan dengan produk disinfektan yang tepat. Dan satu hal yang perlu kamu tahu, yakni cairan disinfektan ini butuh beberapa menit untuk bekerja lebih efektif. Jadi, setelah mengaplikasikan atau menyemprotkan cairan pembersih, diamkan sejenak selama beberapa menit lalu lap dengan seksama. Untuk informasi lebih lanjutnya, selalu baca cara pemakaian disinfektan yang kamu pilih. 

PERMUKAAN MEJA DAPUR

Saat lagi iseng, coba perhatikan apa saja yang pernah mampir ke atas permukaan meja? Biasanya kunci, telepon genggam, lap, bahkan mungkin sandal anak! Dan setelahnya, kamu mempersiapkan makanan di atasnya. Yikes. Itulah sebabnya, permukaan dapur perlu dibersihkan secara teratur dengan disinfektan yang sesuai dengan tipe permukaan (marmer, granit, kayu, dsb). Terutama, permukaan dapur wajib dibersihkan sebelum memasak atau makan. 

MAINAN ANAK-ANAK DAN SELIMUT

Coba jawab dengan jujur: kapan terakhir kali kamu membersihkan tumpukan boneka, mobil-mobilan atau lego yang setiap hari dipegang dan dimainkan oleh si kecil? Juga, kapan terakhir kali selimut di atas sofa yang selalu membuatmu nyaman saat menonton TV tersebut dicuci? Jika kamu membutuhkan waktu yang lama untuk menjawab pertanyaannya ini, sepertinya sudah saatnya untuk membersihkan benda-benda ini. Untuk mainan, pastikan kondisinya sudah kering sempurna sebelum memberikannya kembali kepada anak. 

Itu ya, Ladies, daftar permukaan yang wajib kamu bersihkan sekarang juga untuk meminimalisir terjangkit virus atau penyakit. 

Baca juga: Aneka Minuman Teh Herbal Untuk Mengatasi Sakit Pada Perut


Sumber foto utama: Rawpixel.com

jaga kebersihan gaya hidup bersih dapur bersih mencegah penyakit gaya hidup sehat pencegahan virus corona menjauhkan diri dari penyakit

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH