Ladiestory.id » Lifestyle » Hal Terpenting yang Wajib Dilakukan agar Pernikahan Awet sampai Maut Memisahkan

Hal Terpenting yang Wajib Dilakukan agar Pernikahan Awet sampai Maut Memisahkan

LS Lifestyle
Rabu, 26 Februari 2020 | 02:47:43
Durasi baca: 3 menit, 6 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Hal Terpenting yang Wajib Dilakukan agar Pernikahan Awet sampai Maut Memisahkan

Beberapa hari yang lalu, ada kabar duka dari dunia selebriti Indonesia, yaitu kepergian Ashraf Sinclair secara tiba-tiba yang tentu saja membuat Bunga Citra Lestari, selaku istrinya merasa begitu kehilangan. Cinta mereka sejati, layaknya Habibie dan Ainun, tokoh yang sempat diperankan Bunga pada film dengan judul yang sama pada 2012. Habibie dan Ainun juga sama terpisahkan sebab maut. Barangkali, kisah cinta Bunga-Ashraf dan Habibie-Ainun yang saling setia ini menginspirasi banyak pasangan, termasuk kita yang ingin memiliki kisah cinta dengan kesetiaan yang serupa. Nah, di bawah ini adalah 5 cara agar pernikahan awet sampai maut memisahkan. Yuk, dibaca sampai habis!

1. Tempatkan dirimu pada jiwa pasanganmu

cara agar pernikahan awet sampai maut memisahkan
sumber: freepik.com

Ketika ada masalah dengannya, posisikan dirimu dalam posisinya. Misalnya saja, ketika ada kesalahpahaman, maka berikanlah penjelasan yang sebenar-benarnya dan berilah waktu selonggar-longgarnya untuknya menjelaskan. Lalu, jangan mudah marah, mudah ngambek, atau berdiam diri dan menolak berbicara kepada pasangan. Justru, jika kamu melakukan hal itu, sama saja dengan memperpanjang masalah dan hanya akan membuatnya lelah dengan drama yang kamu buat. Jadi, daripada marah melulu, ada baiknya jika kamu juga bisa saling memaafkan dan saling memahami sudut pandang masing-masing.

2. Sediakan waktu untuk kencan berdua

cara agar pernikahan awet sampai maut memisahkan
sumber: freepik.com

Buatlah jadwal kencan untuk kalian berdua selama kalian belum memiliki anak. Misalnya saja, kencan ke luar rumah setiap dua kali dalam sebulan, atau bisa disesuaikan juga dengan waktu kerja dan kesempatan yang ada. Nah, jika sudah punya anak, kamu bisa berpiknik bersama keluarga kecilmu di akhir pekan, atau sekalian traveling ke berbagai kota dengan mengumpulkan jatah cuti terlebih dahulu. Kalau pun tak ada jatah cuti lagi, kamu tetap bisa mengajak pasangan kencan dengan sekadar menikmati waktu berdua saja saat makan malam di luar. Atau rencanakan malam yang indah di kamar kala anak-anak sedang tidur.

Baca juga: Momen Mewah Resepsi Pernikahan Justin Bieber dan Hailey Baldwin

3. Berhentilah berupaya terlalu keras untuk mengontrol pasangan

cara agar pernikahan awet sampai maut memisahkan
sumber: freepik.com

Terkadang tanpa sadar kita terlalu mengontrol pasangan, yakni dengan membuat berbagai peraturan. Mungkin pada awalnya pasangan akan baik-baik saja mengikuti kemauanmu. Akan tetapi, sampai berapa lama manusia mau dikontrol hidupnya oleh orang lain? Bisa jadi, lama-kelamaan pasangan akan merasa gerah dan tidak tahan dengan segala kendali yang kamu lakukan. Jadi, daripada bersusah payah mengontrol pasangan, ada baiknya jika kamu menikmati hari-hari saat ini bersamanya. Dan untuk setiap masalah yang muncul saat kalian bersama, selesaikan dengan bijak 

4. Bersyukurlah telah memiliki satu sama lain

cara agar pernikahan awet sampai maut memisahkan
sumber: freepik.com

Orang bilang, rumput tetangga biasanya jauh lebih hijau dibanding rumput sendiri. Maka, ubahlah pandangan itu dengan menganggap bahwa bagaimanapun bentuk rumputmu, kamu harus tetap bersyukur dan senang telah memilikinya. Lalu, jangan lupa senantiasa dirawat. Dengan begitu, kamu pun akan dijauhkan dari perasaan iri atas segala hal yang dimiliki orang lain. Sebab, tak ada yang lebih baik selain rasa syukur karena telah memiliki orang yang kamu cintai dengan segala keadaannya. Ingat, banyak orang di luar sana yang tidak bisa mendapatkan seseorang yang dicintainya setengah mati.

5. Tetap saling menghargai dan mendukung

cara agar pernikahan awet sampai maut memisahkan
sumber: freepik.com

Dukungan terbesar yang paling berpengaruh dalam kesuksesan seseorang adalah support dari orang yang mencintai dan dicintainya. Jadi, ajaklah pasanganmu untuk saling mendukung impian masing-masing. Selain itu, memang lawan dari kesuksesan adalah kegagalan. Akan tetapi, jika kegagalan itu dialami langsung olehmu atau pasanganmu, jangan langsung saling meninggalkan. Tetaplah saling mendukung dan menghargai satu sama lain. Dengan begitu, kalian tak akan pernah saling merendahkan bahkan jika menghadapi kegagalan. 

Meskipun kesetiaan adalah kunci utama pernikahan awet sepanjang masa, akan tetapi jika kelima hal tadi tidak digaungkan di dalam pernikahan, maka  pernikahanmu dengannya hanya sekadar hubungan yang terikat. Untuk menjadikannya lebih hidup dan menyenangkan, kamu dan pasangan perlu menerapkan lima hal ini dalam pernikahan. Selamat mencoba, Ladies

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Luis Tosta 

Baca juga: Gaya Tamu Undangan di Pernikahan Tsamara Amany, dari Artis-Menteri


lifestyle gaya hidup relationship hubungan cinta asmara pernikahan cara agar pernikahan awet sampai maut memisahkan setia

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE