?>
LADIESTORY.ID » TRAVEL » HAL WAJIB YANG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM TRAVELING

Hal Wajib Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Traveling

LS Travel
Penulis: LS Travel
Sabtu, 13 Juni 2020 | 03:19:34
Durasi baca: 2 menit, 29 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Hal Wajib Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Traveling

Pergi ke luar negeri akan memberikan pengalaman dan pengetahuan baru. Tantangannya pun berbeda, karena dari kebudayaan, karakteristik masyarakat setempat, aturan, bahkan bahasa dan cuaca bisa sama sekali berbeda dari yang selama ini biasa kita temui. Perasaan cemas ini bisa sama kuatnya dengan perasaan senang dan excited yang ada karena akhirnya bisa menyentuh tanah di luar Indonesia. Tapi, sebenarnya kamu tak perlu merasa cemas berlahan. Yang kamu perlukan hanyalah persiapan maksimal. Apa saja persiapan itu? Ada beberapa hal yang sering luput dari perhatian orang. Tapi hal-hal ini jangan kamu lupakan, ya

Paspor

Paspor adalah identitasmu yang paling penting. Paspor adalah identitas internasional yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin meninggalkan negaranya dan memasuki negara lain. Bisa dikatakan, bahwa paspor layaknya kartu identitas seperti KTP yang kita gunakan kala berada di negeri orang. Untuk itu kamu harus menjaganya sebaik mungkin agar paspor tidak hilang, karena jika hilang kamu tidak bisa melanjutkan perjalanan.Untuk itu sebelum pergi persiapkanlah fotokopi paspormu baik dalam bentuk fisik atau digital. Fotokopi ini berguna sebagai dokumen cadangan untuk mendapat SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor). SPLP adalah surat perjalanan yang dikeluarkan oleh KBRI ketika ada warga negaranya yang kehilangan paspor.

Vaksinasi

Sebelum memutuskan pergi cari dahulu apakah negara tujuanmu memiliki virus penyakit yang harus diwaspadai. Beberapa negara juga mewajibkan pengunjungnya untuk melakukan vaksinasi. Misalnya, jika kamu pergi ke Arab Saudi, kamu wajib melakukan vaksin meningokokus tetravalen. Vaksin ini berguna melindungi pelancong dari virus meningokokus yang dapat menyebabkan penyakit meningitis (radang selaput otak) dan pada tahun 2020 menjadi sebuah pandemic covid-19 walaupun penyakit ini beluma ada vaksin ya, hal yang wajib kamu perhatikan adalah memakai masker, social distancing, hand
sanitizer.

Baca juga: Ladies! Barang - barang Ini Wajib Kamu Bawa Saat Traveling

Asuransi Perjalanan

Jangan Abaikan Asuransi Perjalanan. Ini Berguna Untuk Menjagamu dari Kemungkinan Terburuk. Selain vaksinasi, membeli asuransi perjalanan juga berguna untuk melindungi diri dari berbagai resiko di perjalanan. Kamu budget traveler mungkin berpikir bahwa hal ini akan memperbesar biaya. Namun sebenarnya jika dibandingkan dengan risiko yang harus ditanggung, harga asuransi tersebut tidaklah seberapa. Kamu bisa membeli asuransi perjalanan di berbagai agen asuransi.

Membawa Obat Pribadi

Pergi ke sebuah negara yang rasa makanan atau keadaan cuacanya tentu memerlukan persiapan yang cukup matang. Salah satunya adalah obat-obatan yang sekiranya diperlukan. Kalau menurut ladiestory.id sih, obat-obatan seperti anti diare, penurun demam, dan vitamin C adalah jenis obat yang wajib ada ditasmu.

International Adaptor

Mau Laptop dan HP-mu Tetap Bisa Digunakan Sebagaimana Biasa, Bukan? Kalau Begitu, International Adaptor Wajib Kamu Siapkan! Tiap negara memiliki standar colokan listriknya tersendiri yang bisa jadi berbeda dengan yang kita gunakan sehari-hari. Maka dari itu agar tak kerepotan, bawalah international adaptor agar gadgetmu bisa digunakan di mana saja! Sebagai panduan, negara-negara Uni Eropa punya colokan yang sama persis dengan Indonesia — berkaki dua dan “bulat”. Amerika, Jepang, dan Korea punya model colokan berkaki dua dan pipih. Singapura biasanya punya colokan berkaki tiga. Thailand? Sama persis dengan Indonesia.

Menyiapkan berbagai hal sebelum travelling ke luar negeri meskipun terkesan ribet tentu lebih baik daripada dibikin pusing ketika kamu harus menghadapi masalah saat di sana.

 

Baca juga: Tips Kreatif Menyusun Foto Saat Traveling Agar Liburanmu Sulit Dilupakan!


Sumber foto: Freepik.com

dokumen saat traveling peralatan wajib saat traveling traveling tools traveling

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON TRAVEL