?>
LADIESTORY.ID | HEALTH | HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MENGGUNAKAN SOFTLENS

Hal yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan Softlens

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 22 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Hal yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan Softlens

Penggunaan softelens semakin luas. Jika pada awalnya softlens digunakan sebagai alat bantu penglihatan, belakangan lensa kontak juga menjadi pelengkap penampilan alias digunakan dengan alasan kecantikan. Sebenarnya, sah-sah saja jika seseorang ingin mengenakan softlens asal tetap memperhatikan beberapa hal. Penggunaan softlens sebaiknya juga tidak mengancam kesehatan mata.

Selain itu, sebaiknya juga perhatikan beberapa hal sebelum memilih softlens yang akan dibeli. Belakangan semakin beragam produk softlens yang dijual, sehingga beberapa orang mungkin merasa kesulitan untuk menemukan yang paling tepat.   Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat menggunakan softlens. Simak di bawah ini yuk ladies

1. Selalu Menjaga kebersihan

Baca juga: Tips Pemakaian Skincare Yang Benar Untuk Kulit Remaja

Sebelum memakai softlens ataupun sebelum melepasnya, pastikan tangan kamu dalam keadaan bersih. Cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun antikuman. Selain itu, pastikan kamu tidak berkuku panjang karena kuku panjang bisa menjadi sarang kuman dan juga menggores softlens yang dapat menyebabkan softlens robek. Setelah dilepaskan, jangan lupa juga bersihkan dan rendam soflens menggunakan air khusus softlens yang bersih.

2. Perhatikan waktu pemakaian dalam keseharian

Sebisa mungkin jangan gunakan softlens lebih dari 8 jam karena pemakaian softlens dalam waktu yang lama akan membuat mata terasa tidak nyaman dan juga membuat bakteri berkembang. Jangan lupa juga untuk memperhatikan batas kadaluarsa pemakaian softlens dan ganti dengan yang baru jika sudah melewati jangka waktu layak pakai. Umumnya batas waktu kadaluarsa softlens yakni 6-12 bulan. Selain itu, jika kamu mulai merasa tidak nyaman dengan softlens yang kamu gunakan, segeralah lepaskan softlens tersebut.

3. Memperhatikan tanggal exp

Saat memakai pun kamu harus paham betul berapa lama lensa kontak itu boleh digunakan. Karena setiap lensa kadang berbeda cara perlakuannya, ada yang sekali pakai harus langsung dibuang, ada pula yang bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Selain itu, saat memakai soft lens pastikan jika kamu selalu siap sedia obat tetes untuk mata agar tidak kering. Karena, mata yang kering dan tidak diberi pelumas bisa meningkatkan risiko infeksi.

Baca juga: Perhatikan Cara Memakai Aksesoris Perhiasan Emas Sesuai dengan Fungsinya


4. Membawa perlengkapan softlens saat bepergian

Bagi kamu yang suka bepergian dan beraktivitas di luar rumah, biasakan untuk membawa perlengkapan softlens seperti obat tetes mata, cairan dan tempat softlens. Jadi jika kamu merasa tidak nyaman dengan softlens digunakan, kamu bisa melepasnya kapanpun. Dan jangan lupa juga untuk membawa kacamata ya, supaya saat melepas softlens, kamu bisa menggunakan kacamata untuk membantu penglihatanmu.

5. Hindari tempat berdebu

Sebisa mungkin hindari tempat yang berdebu karena debu-debu tersebut dapat menempel di softlens yang pada akhirnya menyebabkan iritasi pada bola mata. Jika terpaksa harus berada di tempat berdebu, gunakanlah pelindung seperti kacamata biasa (bukan minus/plus/silinder), atau bersihkan softlens setelah terkena debu.

Yang terakhir, jangan lupa lepas softlensmu saat kamu akan pergi tidur. Karena banyak sekali kasus di mana softlens masuk ke dalam mata karena kelalaian pemakainya. Jika terjadi sesuatu yang tidak beres, kamu juga harus berkonsultasi dengan dokter mata. Dengan begitu, kejadian seperti mata hampir buta, soft lens tertinggal di dalam mata, dan hal tak diinginkan lain tidak terjadi.

Baca juga: Tips Cara Memakai Softlens yang Benar Untuk Kesehatan Mata

Sumber foto: Freepik.com

Softlens aturan memakai Softlens cara pemakaian Softlens

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health