Ladiestory.id » Fashion & Beauty » Hati-hati! Ternyata 7 Benda di Tas Makeup-mu Ini Menyebabkan Penyakit

Hati-hati! Ternyata 7 Benda di Tas Makeup-mu Ini Menyebabkan Penyakit

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 04:00:00
Durasi baca: 2 menit, 56 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Hati-hati! Ternyata 7 Benda di Tas Makeup-mu Ini Menyebabkan Penyakit

Sebagai cewek, tentunya tas makeup adalah hal yang wajib dibawa kemana-mana dong. Masalahnya, tanpa kita sadari, kita sudah membawa-bawa sampah yang mengandung racun di dalam tas makeup tersebut! Jika tidak segera dibuang, benda tersebut akan menimbulkan penyakit. Nah lho. Yuk, cek tas makeup-mu sekarang dan lihat apakah kamu menyimpan benda-benda berikut. 

1. Maskara

Tahukah kamu berapa lama pemakaian maskara seharusnya? 4 bulan. lebih dari 4 bulan, maskara harus diganti, tak peduli meski isinya masih banyak sekalipun. Menurut survey yang dilakukan di tahun 2014, 70% wanita menggunakan maskara mereka lebih dari waktu yang seharusnya, sehingga ada jutaan bakteri yang mengumpul di sana dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi mata. Maskara 

Baca juga: Hadir di Indonesia, NARS Siap Penuhi Kebutuhan Para Pecinta Makeup

2. Lipstik

Kalau yang ini jelas agak sulit, karena kebanyakan dari kita berpikir lipstik akan tahan selamanya jika tidak digunakan setiap hari. Plus, jarang ada yang mau buang-buang uang lagi untuk beli lipstik baru saat koleksi lipstik masih banyak. Padahal, lipstik itu harus diganti setelah 18 bulan lho, tak peduli biar isinya masih banyak. 

Memang, menyimpan lipstik di freezer memang bisa memperlambat proses pengrusakan, dan essential oil bisa digunakan untuk menghindari kuman (dengan cara diteteskan ke bagian atas lipstik). Namun, tetap saja usia lipstik seharusnya tidak boleh lebih dari 18 bulan. Apalagi jika warna dan baunya sudah berubah. 

Baca juga: Nggak Nyangka! 4 Zodiak Ini Jagonya Mematahkan Hati Orang Lain

3. Brush Makeup

Brush makeup membawa paling banyak bakteri di dalam tas makeup-mu, karena kebanyakan dari kita menyimpan brush di tempat yang terbuka dan rentan terkena bakteri. Plus, jarang-jarang dicuci. Coba bayangkan kamu menggunakan sarang kuman tersebut di wajah. Hii! 

Disarankan untuk mencuci brush makeup-mu seminggu sekali dan menyimpannya di tempat tertutup yang bebas kuman. Membeli mist yang mengandung sanitizer juga disarankan untuk menjaga kebersihan brush. Jadi, sebelum dipakai, semprot dulu brushnya dengan mist anti bakteri. 

Baca juga: 5 Produk Makeup yang Wajib untuk Dimiliki Pemula

4. Eyeliner

Eyeliner berbentuk pensil adalah produk makeup yang paling gampang dibersihkan. Cukup diraut, dan bakteri yang bersarang di sana akan hilang dalam sekejap. Kamu juga bisa menyemprotkan mist anti bakteri sebelum memakainya. 

Meskipun begitu, tetap saja eyeliner tidak 100% bebas dari penyakit. Seperti maskara, jika kamu menggunakan produk di daerah mata, produk tersebut berisiko menyebabkan dan menyebarkan infeksi. Dan penggunaan produk dalam waktu lama tanpa benar-benar dibersihkan akan merusak penglihatan. 

Untuk menghindari hal ini, jangan pakai eyeliner di bagian dalam garis kelopak mata, karnea ini bisa menghambat kelenjar minyak yang melindungi kornea mata. Dan tak peduli sesering apa kamu membersihkan eyeliner pensil, tetap ganti setelah 18 bulan. 

5. Glitter

Kabar buruk untuk kamu yang suka makeup gemerlap, terutama di bagian mata. Glitter ternyata bisa secara tidak sengaja jatuh ke mata dan menyebabkan iritasi, bahkan abrasi kornea dan merusak penglihatan. 

Baca juga: Ingin Tampilan Lebih Fashionable? Ini 4 Jenis Tas yang Wajib Kamu Miliki

Tidak seperti produk makeup yang lain, glitter tidak bisa dibersihkan dan diganti setiap beberapa bulan sekali. Ini bukan masalah kebersihan dan higienis, tapi glitter memang tidak dianjurkan untuk mata dan kulit sensitif.

6. Foundation

Harusnya, foundation cuma boleh digunakan sampai 12 bulan. Namun jika kamu pakai foundation berbentu krim dan sering mengoleskan jari di permukaannya, maka foundation-nya harus diganti 6 bulan lebih cepat. 

Bukan cuma foundation cair dan krim saja yang bisa menyebabkan masalah, foundation mineral pun sama berisikonya. Bubuk-bubuknya, sama seperti glitter, bisa masuk ke mata dan menyebabkan iritasi.

7. Penjepit Bulu Mata

Meski kamu sering membersihkan makeup brush, tapi pasti penjepit bulu mata jarang dibersihkan. Padahal, penjepit bulu mata juga menyimpan jutaan bakteri dari kotoran di bulu mata dan sisa-sisa makeup. Dan pemakaian yang berulang setiap hari ke mata akan menyebabkan infeksi. Risiko infeksi akan semakin tinggi lagi jika karetnya sudah pecah-pecah dan kaku. 

Baca juga: Unggah Selfie Tanpa Makeup, Foto Selena Gomez Disukai Lebih Dari 8 Juta Pengguna

Jangan lupa untuk selalu membersihkan penjepit bulu matamu dengan tisu basah spray sanitizer sebelum dipakai dan cuci seminggu sekali dengan air sabun. 

makeup

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON FASHION & BEAUTY