?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » INI CARA AGAR ANAK TIDUR TEPAT WAKTU DI MALAM HARI

Ini Cara agar Anak Tidur Tepat Waktu di Malam Hari

LS Parenting
Selasa, 14 April 2020 | 03:25:34
Durasi baca: 2 menit, 21 detik
Dibaca: 8 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ini Cara agar Anak Tidur Tepat Waktu di Malam Hari

Tidak mudah memang untuk meminta anak tidur tepat waktu setiap malam. Apalagi di masa sekolah dari rumah dan social distancing seperti sekarang ini. Namun, tidur yang cukup dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan anak merupakan salah satu hal penting untuk memastikan anak tetap sehat dan tumbuh secara optimal. Yuk, baca penjelasan tentang mengapa anak sebaiknya tidur tepat waktu dan bagaimana membantu anak melakukannya! 

Mengapa Anak Sebaiknya Tidur Tepat Waktu?

"Dengan deep sleep dari jam 23.00-02.00, anak bisa terhindar dari stunting," ujar Dr dr Damayanti R Sjarif SpA (K), Konsultan Nutrisi dan Metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI RSCM dalam diskusi 'Problem Gagal Tumbuh pada Balita' beberapa waktu yang lalu. 

Sementara itu, hasil penelitian Growing Up di Australia, anak-anak yang waktu tidurnya lebih awal, sekitar pukul 20.30, memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik. Tidak hanya itu, kesehatan mentalnya pun lebih baik. Selain kualitas tidur, harus dipastikan juga asupan makanan seperti protein hewani, lemak, dan karbohidrat terpenuhi. Saat sudah kenyang, anak dapat tidur lebih cepat.

Baca juga: Berbagai Macam Tipe Kecerdasan Pada Anak

Satu lagi alasan mengapa anak sebaiknya dibiasakan tidur di jam yang sama setiap malamnya, yakni untuk mengurangi risiko obesitas.

Seperti Apa Kebutuhan Tidur Anak? 

Menurut panduan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan tidur anak berbeda-beda sesuai dengan usia. Berikut daftar lengkapnya. 

Usia 0-1 Bulan: Bayi yang usianya baru mencapai 2 bulan, umumnya membutuhkan tidur 14-18 jam setiap hari .

Usia 1- 18 Bulan: Pada usia ini, bayi membutuhkan waktu tidur 12-14 jam setiap hari termasuk tidur siang. Tidur cukup akan membuat tubuh dan otak bayi berkembang baik dan normal.

Usia 3-6 Tahun: Di usia menjelang masuk sekolah ini, anak membutuhkan waktu untuk istirahat tidur selama 11-13 jam, termasuk tidur siang. Menurut penelitian, anak usia di bawah enam tahun yang kurang tidur, akan cenderung obesitas di kemudian hari.

Baca juga: Mix and Match Pakaian Untuk Anak Kuliahan!


Usia 6-12 Tahun: Anak usia ini membutuhkan waktu tidur 10 jam. Menurut penelitian, anak yang tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, dapat menyebabkan mereka menjadi hiperaktif, sulit konsentrasi belajar, dan memilki masalah pada perilaku di sekolah.

Usia 12-18 Tahun: Menjelang remaja, kebutuhan tidur yang sehat adalah 8-9 jam.

Bagaimana Membantu Anak Tidur Tepat Waktu? 

Nah, Ladiestory sudah merangkum beberapa hal yang bisa dicoba agar anak bisa tidur dengan cepat dan pada waktu yang tepat malam hari. Berikut ini adalah beberapa tips yang akan mempermudah kamu menerapkan jam tidur pada anak:

  1. Mulai bersiap-siap tidur sebelum 20 menit atau 1 jam dari waktu yang sudah ditentukan. Berikan mereka waktu yang cukup untuk bersiap-siap.
  2. Gunakan pengaturan yang jelas. Misalnya, buatlah alarm yang akan menyala setiap jam 8 malam, yang bisa menjadi penanda bahwa itu adalah waktu anak harus segera tidur.
  3. Cobalah menyanyikan sebuah lagu, menceritakan sebuah dongeng dan membaca doa bersama sebagai rutinitas di malam hari untuk pengantar anak tidur.
  4. Matikan semua perangkat elektronik.
  5. Tetap temani anak pada saat tidur agar ia merasa tetap aman sebelum ia benar-benar terlelap dalam tidurnya.

Sumber foto utama: Freepik.com

Baca juga: ASI yang Memiliki Peran Di 1000 Hari Kehidupan Pertaman Anak Didunia

Tumbuh kembang anak kesehatan anak tidur yang cukup pada anak jam tidur anak jam tidur bayi cara membuat anak tidur cepat

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING