?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » INI MANFAAT YANG DIRASAKAN ANAK JIKA KELUARGA PUNYA KEGIATAN KELUARGA YANG TERATUR

Ini Manfaat yang Dirasakan Anak jika Keluarga Punya Kegiatan Keluarga yang Teratur

Jum'at, 11 Oktober 2019 | 11:30:23
Durasi baca: 1 menit, 49 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ini Manfaat yang Dirasakan Anak jika Keluarga Punya Kegiatan Keluarga yang Teratur

TABLOIDBINTANG.COM - Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi orang tua adalah menjaga rutinitas kegiatan keluarga. Terkadang banyak hal terjadi di luar kendali sehingga sulit menjaga ritme kegiatan rutin.

Misalnya, kehadiran bayi biasanya mengubah pola tidur orang tua, dan terkadang berimbas pada anggota keluarga lainnya misalnya si kakak. Padahal, rutinitas kegiatan keluarga merupakan salah stau kunci untuk memiliki keluarga yang sehat, bahagia, dan jauh dari stres.

Tidak apa, jika perubahan rutinitas disebabkan kelahiran anggota keluarga baru. Namun berusahalah mengembalikan rutinitas keluarga seiring dengan usia anak yang bertambah dewasa. Sebab, rutinitas yang baik juga memberi efek positif bagi pertumbuhan anak. Apa saja?

Baca juga: Mix and Match Pakaian Untuk Anak Kuliahan!

Baik untuk Kesehatan Sosial Emosional

Studi yang dilakukan pada 2014 menunjukkan bahwa anak-anak yang mempunyai rutinitas keluarga yang baik di rumah mempunyai kesehatan sosial dan emosional yang lebih baik, di mana hal ini bisa dilihat dari kemampuan bersosialisasi dan mengelola emosi yang baik.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Para peneliti mengamati rutinitas keluarga dari 8.500 anak dan menemukan anak-anak yang mempunyai rutinitas keluarga seperti makan bersama, membaca bersama, atau bermain bersama beberapa kali dalam seminggu mempunyai kemampuan bersosialisasi yang baik. Kemampuan mengelola emosi juga membuat anak-anak ini jarang terlibat konflik sehingga kehidupan sosial mereka berjalan mulus.

Merasa Lebih Aman

Baca juga: ASI yang Memiliki Peran Di 1000 Hari Kehidupan Pertaman Anak Didunia


Yang tidak kalah penting, rutinitas dapat membantu anak-anak merasa lebih aman dan meningkatkan disiplin diri mereka secara keseluruhan. Dunia bisa menjadi tempat yang menakutkan bagi seorang anak, dan ada begitu banyak ketidakpastian dan banyak hal yang tidak diketahui. Selain itu, kehidupan anak-anak terus berubah; tubuh mereka berubah saat mereka tumbuh, teman mereka berubah, mereka mendapatkan teman sekelas dan guru baru setiap tahun ajaran.

Ketika segala sesuatu dalam hidup mereka berubah, memiliki rutinitas yang stabil yang dapat mereka andalkan di rumah dapat membantu menyeimbangkannya dan membuat mereka merasa aman dan terkendali, yang berarti mereka cenderung tidak bertindak dalam frustrasi atau ketakutan.

Dan bukan berarti bahwa menjalani rutinitas tidak dapat dilanggar dan harus dijalani dengan kaku, atau tidak memiliki rutinitas berbahaya bagi anak pada saat tertentu. Tetapi ketika hal-hal terasa asing atau di luar kendali, memiliki rasa aman di tempat mereka yang paling aman sangat membantu anak.

(riz)

Baca juga: Makanan Sehat untuk Anak Dimasa Pertumbuhan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING