Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | TRAVEL | INI TRIK SURVIVE DAN MENIKMATI LIBURAN DI HOTEL KAPSUL

Ini Trik Survive dan Menikmati Liburan di Hotel Kapsul

LS Travel
Penulis: LS Travel
Durasi baca: 3 menit, 37 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ini Trik Survive dan Menikmati Liburan di Hotel Kapsul

Apa yang kamu bayangkan jika mendengar "hotel kapsul"? Mungkin sebagian dari sudah sering pernah mendengar tetang hotel kapsul—bahkan sudah pernah mencobanya. Bagaimana kesanmu menginap di hotel seperti ini?

Hotel kapsul adalah hotel yang menyediakan ruang-ruang kamar yang sangat kecil, dengan bentuk yang mirip kapsul. Biasanya, hotel ini memiliki fasilitas standar dan bertarif murah. Di Jepang misalnya, awalnya hotel ini banyak digunakan oleh pekerja yang terlambat pulang karena lembur dan harus kembali bekerja di keesokan pagi. Akan tetapi, ada pula yang menyewa mingguan atau bulanan karena harganya yang ekonomis. Nah, semakin ke sini, hotel kapsul dijadikan solusi para traveler yang ingin menekan bujet saat berwisata, khususnya mereka yang melakukan perjalanan dengan gaya backpacker.

Nakagin Capsule Tower di Tokyo adalah hotel kapsul yang pertama di dunia. Hotel ini didesain oleh Kisho Kurokawa pada tahun 1979. Ia juga mendesain hotel kaspul lainnya yang bernama Capsule Inn di distrik Umeda, Osaka.

Baca juga: 3 Staycation Mewah dan Murah di Bawah 1 Juta Paling Recommended buat Liburan Keluarga di Jakarta

Dan setelahnya, berbagai hotel kapsul bermunculan di seluruh dunia. Di China hotel kapsul pertama kali dibuka pada tahun 2012 di Kota Xi'an. Sementara di Singapura, Woke Home Capsule adalah yang pertama (dan sayangnya sudah tutup secara permanen). Di Indonesia sendiri, hotel kapsul sudah ada sejak tahun 2017 yang tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Bali. Pada bulan Agustus 2018, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta mengoperasikan hotel kapsul bandara pertama dengan nama Digital Airport Hotel yang terletak di Terminal 3. 

Tips Menikmati Menginap di Hotel Kapsul

Karena hotel kapsul sangat berbeda dengan hotel konvensional, sebaiknya kamu mencari tahu informasi yang lengkap sebelum memutuskan menginap di hotel jenis ini. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan tinggal di hotel kapsul agar liburan tetap menyenangkan. 

Perhatikan Jenis Kamar  

Penting untuk memperhatikan jenis kamar yang disediakan hotel kapsul demi kenyamanan kamu. Maksudnya, hotel kapsul menyediakan berbagai jenis kamar, mulai dari kamar untuk penghuni pria dan wanita (mixed room) serta kamar khusus untuk penghuni wanita  saja. Penghuni wanita yang mungkin merasa kurang nyaman berbagai kamar dengan penghuni pria, dapat memilih kamar khusus untuk wanita ini. Dengan demikian, kamu bisa lebih tenang dan nyaman selama menginap.

Jangan Tinggalkan Barang Berharga di Kamar 

Berdasarkan pengalaman para konsumen hotel kapsul, kamu harus selalu membawa serta paspor, dompet, dan ponsel ke manapun kamu pergi, termasuk saat ke kamar mandi. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menyediakan tas selempang kecil untuk menyimpan semua barang berharga kamu di dalamnya.

Selain itu, jangan memamerkan barang berharga di tempat umum, semisal kamu memiliki Macbook terbaru atau kamera Leica. Berusahalah tampil biasa saja agar tidak memancing kejahatan.

Pilihlah Lokasi Strategis

Harga menginap di hotel kapsul memang lebih murah daripada hotel. Tapi, kalau ternyata lokasinya tidak strategis dan mengharuskan kamu mengeluarkan uang ekstra untuk transportasi (misal menyewa mobil karena tak ada bus yang lewat), bisa jadi biaya keseluruhan malah jadi lebih mahal. Sebelum memesan kamar, cek alamat hotel kapsul tersebut di peta (sudah biasa menggunakan Google Maps, 'kan?). Kalau lokasinya memang terjangkau dari tempat-tempat yang akan kamu datangi atau dekat dari terminal/halte/stasiun, maka pesanlah sekarang juga!

Perhatikan Detail Fasilitas

Ketika browsing, baca dengan teliti fasilitas apa saja yang mereka sediakan. Kalau ada yang kurang jelas, tanyakan kepada pihak hotel kapsul. Kalau tidak ada respon dari pihak hotel tapi kamu tetap ingin menginap di sana, berarti bersiaplah untuk kemungkinan terburuk, yaitu harus membawa segala keperluanmu sendiri. 

Prinsipnya, semakin murah tarif hotel tersebut, maka fasilitas yang disediakan biasanya makin sedikit. Fasilitas yang belum tentu disediakan di hotel kapsul, antara lain peralatan mandi (handuk, sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi), sarapan, hair dryer, air mineral, dan kamar mandi di dalam kamar. Akan tetapi, bukan berarti semua hotel kapsul fasilitasnya minim. Sudah banyak hotel kapsul yang menyediakan fasilitas lengkap layaknya hotel berbintang. Sebut saja seperti akses internet gratis, ruangan perpustakaan lengkap dengan buku, kedai kecil, ruangan televisi, bahkan dapur. Satu yang pasti: jangan lupa membawa gembok untuk mengunci kopermu, ya. 

Sediakan Alat Penerangan Kecil

Namanya kamar berjenis kapsul, alangkah baiknya menjaga ketenangan dan kenyamanan bersama. Selalu pastikan di dalam tasmu tersedia handphone dan alat penerangan kecil. Jadi, kalau kamu ingin mencari sesuatu di malam hari, tidak perlu menyalakan lampu ruangan.

Bagaimana, tertarik mencoba liburan dan menginap di hotel kapsul? Silakan dicoba. Dan jika kamu menerapkan tips di atas, dijamin waktu inap kamu akan berlangsung aman dan nyaman. 

Baca juga: Alasan Mengapa Kamu Butuh Liburan Di Tengah Pandemi

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Denys Nevo

hotel kaspul hotel kapsul terminal t3 harga menginap di hotel kapsul hotel kapsul di bandung hotel kaspul di jakarta

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Travel