Ladiestory.id » Travel » Jadi Traveler dan Entrepreneur Sekaligus? 5 Ide Bisnis untuk Pecinta Traveling Ini Bisa Dipertimbangkan!

Jadi Traveler dan Entrepreneur Sekaligus? 5 Ide Bisnis untuk Pecinta Traveling Ini Bisa Dipertimbangkan!

LS Travel
Penulis: LS Travel
Selasa, 12 November 2019 | 09:32:12
Durasi baca: 3 menit, 6 detik
Dibaca: 9 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Jadi Traveler dan Entrepreneur Sekaligus? 5 Ide Bisnis untuk Pecinta Traveling Ini Bisa Dipertimbangkan!

Siapa sih, yang tidak senang kalau hobi bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang? Tentu akan sangat menyenangkan kalau kegiatan yang kita suka bisa sekaligus menjadi sumber pendapatan, yang apalagi juga bisa merekrut karyawan sebab kitalah pemilik usahanya. Nah, kalau kamu adalah pecinta traveling yang gemar bertualang, kamu bisa mulai membuat usaha yang berkaitan dengan traveling dan segala kebutuhannya, baik itu berbentuk jual produk, jasa, maupun keduanya. Jadi, apa saja sih ide bisnis untuk pecinta traveling yang bisa kamu pertimbangkan?

1. Menjadi travel blogger/vlogger

Menjadi travel blogger/vlogger

Selain senang bertualang, apakah kamu juga senang memotret, menulis, dan bercerita di depan kamera? Jika iya, maka kamu bisa memanfaatkan keahlianmu berkisah tentang perjalanan di suatu destinasi yang kamu kunjungi dengan menjadi travel blogger/vlogger. Di era digital dan teknologi seperti saat ini, kamu harus benar-benar bisa memanfaatkannya agar bisa menghasilkan pendapatan paling oke yang bisa kamu terima, Ladies! Nah, untuk menjadi travel blogger/vlogger ini, modal lain yang kamu butuhkan adalah keungan yang cukup untuk bepergian, koneksi internet yang bagus, laptop atau komputer, dan kamera yang layak untuk merekam video. Sebagai permulaan, kamu bisa menggunakan kamera smartphone-mu yang lumayan oke dan tidak buram, ya! Ingat, kenyamanan followers kita di media sosiallah yang harus diutamakan!

Baca juga: Alasan Gibran Rakabuming Menyerahkan Bisnis Kulinernya Pada Kaesang

 2. Menjual dan menyewakan alat-alat keperluan traveling

Menjual perlengkapan traveling

Ide bisnis untuk pecinta traveling yang kedua adalah menjual atau menyewakan alat-alat keperluan traveling! Jika ingin mendirikan usaha ini, modal utama yang kamu butuhkan adalah uang untuk membeli produk-produknya terlebih dulu dan kemampuan riset. Sebelum kamu membelanjakan modalmu untuk membeli produk-produk itu, kamu harus survey dan bertanya kepada diri sendiri tentang keperluan apa saja yang dibutuhkan seorang traveler ketika bepergian. Selain itu, kamu juga harus meriset brand apa saja yang saat ini sedang digemari para traveler dan seperti apa model produknya. Untuk permulaan, kamu bisa bertanya pada teman-temanmu tentang keperluan bertualang yang mereka butuhkan. Menarik ya, Ladies!

3. Menjadi coach atau guide

Menjadi coach atau guide

Kamu bisa membuka usaha jasa sebagai coach jika kamu sudah ahli menggunakan alat yang biasa digunakan saat berkegiatan selama traveling, seperti alat untuk surfing, snorkeling, dan diving. Sedangkan, untuk menjadi guide, kamu harus memahami satu atau beberapa situasi destinasi yang kerap dikunjungi turis. Kamu juga perlu menambah wawasan dan update akan situasi terkini terkait dengan tempat wisata agar para turis merasa senang saat ngobrol sama kamu. Tentunya, jika klienmu merasa senang, suatu hari nanti dia akan merekomendasikanmu sebagai coach atau guide favorit kepada teman-temannya. Ada baiknya jika kamu juga menguasai beberapa bahasa asing agar kamu mendapat klien yang lebih banyak.

4. Menjadi travel planner atau travel consultant

Menjadi travel planner

Baca juga: Ingin Membuka Bisnis Tapi Masih Sibuk Kerja? Terapkan 5 Cara Ini


Biasanya, ketika kamu sudah terbiasa bepergian jauh terutama solo traveling, kamu jadi terbiasa untuk merencanakan perjalananmu sendiri. Kamu pun jadi tahu tentang track, waktu, dan hal-hal yang mungkin saja bisa terjadi sewaktu-waktu selama perjalanan. Pastinya, kamu juga terbiasa mencari berbagi solusi untuk menghadapi segala kemungkinan yang tidak diinginkan namun terjadi. Nah, kamu bisa memanfaatkan keahlianmu untuk merencanakan perjalanan sebagai lahan bisnis yang menguntungkan dengan menjadi travel planner atau travel consultant!

5. Menjual makanan khas berbagai kota yang pernah dikunjungi

Menjual makanan khas daerah

Ada satu lagi ide bisnis untuk pecinta traveling seperti kamu, terutama untukmu yang juga doyan makan, yaitu menjual makanan khas berbagai kota yang kerap kamu sambangi! Tentu kamu pernah kan, mencicipi makanan khas dari kota atau daerah yang pernah kamu kunjungi? Nah, kamu bisa mengambil inspirasi dari makanan-makanan tersebut untuk dijual, Ladies! Pastikan kamu merekrut koki yang masakannya enak dan sangat mengerti tentang taste. Kalau kamu sendiri jago masak, kamu juga bisa mengandalkan keahlian memasakmu itu. Tentu, dengan begitu kamu jadi bisa mengurangi modal pengeluaran untuk membayar koki. Oh iya, agar jualanmu semakin terkesan unik, kamu bisa menggunakan nama-nama untuk menu makanan dan minumanmu dengan bahasa daerah asal makanan khas yang kamu buat.

Jadi, siapkah dirimu menantang diri sendiri dengan menjadikan hobi sebagai lahan usaha yang menguntungkan?

Source foto: Freepik.com

Baca juga: Sibuk Bisnis, Olla Ramlan takkan Tinggalkan Entertainment

travel ide bisnis untuk pecinta traveling ide bisnis bisnis usaha karir jalan-jalan traveler tips

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON TRAVEL