Ladiestory.id » Lifestyle » Jangan Beli Baru, Ini 3 Cara Memperbaiki Teflon Berkarat

Jangan Beli Baru, Ini 3 Cara Memperbaiki Teflon Berkarat

Senin, 21 Oktober 2019 | 05:00:00
Durasi baca: 3 menit, 8 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

 Jangan Beli Baru, Ini 3 Cara Memperbaiki Teflon Berkarat

Bagi seseorang yang hobi memasak, nggak ada yang paling menyedihkan selain melihat perlengkapan memasak yang mulai berkarat atau rusak, seperti salah satunya penggorengan atau panci. Perlengkapan memasak yang terbuat dari besi ini mudah sekali berkarat, sekalipun yang terbuat dari lapisan besi terbaik. Terkadang alasan rusak dan berkaratnya bukan dari penyimpanan yang kurang baik. Boleh jadi karena olahan masakan yang menempel pada lapisan besi karena hangus, atau langsung menyiramnya dengan air saat masih panas sehingga memunculkan karat.

Apakah sudah saatnya mengucapkan selamat tinggal pada panci dan penggorengan berkarat? Eits, jangan terburu-buru membuangnya, Bela. Sebenarnya, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menyelamatkan panci dan penggorengan berkarat, lho. Melansir dari Today, ini yang bisa kamu lakukan.

1. Cara menghilangkan makanan hangus yang menempel pada permukaan penggorengan

Makanan yang hangus dapat menempel dengan sangat kuat pada wadah masakmu. Entah itu panci, wajan, teflon, maupun wadah besi yang digunakan untuk memanggang. Jika dibiarkan, makanan hangus ini akan menimbulkan karat yang membuat perlengkapan memasak nggak dapat dipakai lagi. Namun sayangnya, noda ini sulit sekali untuk dibersihkan. Benarkah?

Baca juga: Mengenal Bahan Food Grade Gel Pada Popok dan Cara Mencegah Ruam Kulit

Ada beberapa cara membersihkannya. Taburkan kosher salt atau coarse sea salt secukupnya pada wajan yang ingin kamu bersihkan, lalu scrub menggunakan washcloth yang bersih dan basah. Ini merupakan tips scrubbing yang efektif untuk membersihkan sisa makanan hangus. Namun jika sisa makanan itu membandel, gunakan plastic pan scraper untuk melepaskan noda itu dari alat masakmu. Hindari menggunakan peralatan seperti steel wool, scouring pads, atau detergent scrub karena produk-produk ini dapat membuat kerusakan semakin memburuk.

2. Cara memperbaiki alat penggorengan yang telah berkarat

Untuk memperbaiki alat penggorengan yang berkarat, kamu bisa menggunakan detergent scrub. Usahakan untuk memilih produk yang berbahan aman. Gunakan detergent scrub ini untuk membersihkan karat atau noda-noda yang berasal dari terkena cairan asam. Setelah mencucinya, bilas dengan bersih dan keringkan.

Olesi bagian wadah masak yang berkarat dengan minyak sayur, minyak canola, atau mentega. Untuk noda karat yang lebih kecil di dalam penggorengan, tempatkan peralatan masak itu di atas kompor dengan panas medium selama 10-15 menit hingga minyak memanas. Atau jika wadah masak, tempatkan di dalam oven yang telah dipanaskan dengan level medium heat sebelumnya. Lalu, matikan kompor dan biarkan penggorengan tersebut sampai dingin sepenuhnya.

Sedangkan untuk noda karat yang besar atau berada di bagian luar penggorengan, bumbui kembali bagian tersebut dengan minyak dan tempatkan di dalam oven dengan suhu 350 derajat. Tempatkan secara terbalik pada rak atas oven dan panggang selama 30-45 menit.

3. Cara untuk memperbaiki wadah masak lama

Panci besi lamamu susah untuk dibersihkan? Kamu bisa menggunakan steel wool untuk memperbaikinya. Gosok bagian dalam dan luar penggorengan dengan steel wool untuk membersihkannya dari berbagai macam bumbu atau noda yang telah menempel sejak lama. Gosok hingga kamu melihat lapisan besi yang aslinya.

Baca juga: Sebetulnya 5 Makanan Ini Termasuk Junk Food, tapi Tidak Terlalu Berdampak Buruk Kok


Kemudian, cuci wadah masak itu dengan sabun dan air, lalu keringkan. Lalu, lapisi wadah masak itu dengan kertas foil dan tempatkan pada rak bawah oven yang telah panas (sebelumnya, panaskan oven dengan suhu 350 derajat Farenheit). Ambil paper towel dan basahi dengan sedikit minyak (minyak sayur, minyak canola, atau mentega), kemudian lap keseluruhan wadah secara merata. Cara ini dapat membersihkan wadah masak secara efektif.

Balikkan wadah masak dan tempatkan di rak teratas dalam oven, lalu panggang selama 1 jam. Matikan oven dan biarkan wadah masak mendingin di dalamnya. Proses ini bertujuan untuk membentuk kembali lapisan pelindung wadah dan menghaluskan tekstur yang kasar, serta membuat ulang lapisan anti-lengket yang sempat rusak sebelumnya.

Hal lain yang patut kamu ingat adalah hindari menggunakan butter dan minyak zaitun karena keduanya nggak dapat berfungsi mengembalikan lapisan anti-lengket pada wadah masak atau penggorengan.

Tiga cara ini bisa kamu coba untuk memperbaiki wadah masak atau penggorengan yang sudah rusak maupun berkarat. Jadi, kamu nggak perlu berkecil hati ketika melihat ada teflon lama yang nggak dapat dipakai lagi. Dengan sedikit usaha membersihkan, melapisi dengan minyak, dan memanasinya, kamu sudah bisa menggunakan alat masak itu seperti semula, seperti baru.

Baca juga: Muslim Lifestyle Festival, Pameran yang Suguhkan Gaya Hidup Halal

lifestyle food

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

TRENDING ON LIFESTYLE