LADIESTORY.ID | PARENTING | JANGAN SALAH, INI USIA IDEAL ANAK MULAI MENYIKAT GIGI

Jangan Salah, Ini Usia Ideal Anak Mulai Menyikat Gigi

LS Parenting
Durasi baca: 1 menit, 55 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Jangan Salah, Ini Usia Ideal Anak Mulai Menyikat Gigi 

Tumbuh dan kembang anak menjadi momen membahagiakan bagia para ibu, tak terkecuali saat anak tumbuh gigi. Umumnya, bayi mulai mengalami fase pertumbuhan gigi ketika memasuki usia enam bulan atau masa MPASI. 

Pertumbuhan biasanya diawali dari dua gigi bagian bawah paling depan, lalu diikuti dua gigi bagian atas paling depan. Selama tumbuh gigi, bayi mulai bisa mengunyah makanan dengan baik, bahkan sampai halus. 

Tak heran, saat gigi bayi tumbuh, orang tua mulai memperhatikan kesehatan gigi si kecil. Menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak memang perlu dilakukan sejak dini. Mengingat, gigi serta gusi yang sehat turut berperan dalam kesehatan anak secara menyeluruh. 

Baca juga: Staycation Ala Perkemahan Di Kota Bogor Yang Ramah Anak

Namun, yang jadi pertanyaan pada usia berapa anak mulai menyikat gigi? Kapan anak mulai membersihkan dan menggosok gigi memang masih menjadi perdebatan di antara para ahli. Belum ada kesepakatan waktu yang tepat. Para ahli memiliki pandangannya masing-masing. 

Sebagian para ahli berpendapat, membersihkan gigi anak sudah mulai dilakukan sejak anak tumbuh gigi. Cara membersihkannya cukup dengan mengelap gigi memakai handuk kecil berbahan lembut yang telah diberi air hangat. 

Gosok gigi secara lembut dengan gerakan melingkar selama dua menit. Bersihkan gigi secara teratur minimal dua kali dalam sehari seperti sehabis makan pagi serta sebelum tidur. 

Namun, untuk menyikat gigi, beberapa ahli menyarankan agar anak mulai menggosok gigi ketika empat gigi pertamanya tumbuh atau sekitar usia satu tahun. Sementara itu, beberapa lainnya mengatakan agar mengajarkan anak menggosok gigi ketika berusia dua sampai tiga tahun. 

Sebab, pada usia itu, gigi anak sudah tumbuh semua. Selain itu, anak sudah mulai mengerti diajarkan cara menggosok gigi seperti menggunakan sikat gigi sendiri, membuang ludah usai menyikat, hingga berkumur. 

Tak hanya soal waktu, para orang tua juga harus mengajari cara menyikat gigi anak yang tepat kepada si kecil. Pilih sikat gigi yang digunakan khusus untuk anak, berukuran kecil, juga berbulu lembut. Kemudian gunakan pasta gigi mengandung fluoride agar gigi anak terhindar dari karies dan pakai sebesar biji jagung.

Dampingi anak ketika menggosok gigi. Sebab, sebelum berusia enam tahun, anak belum memahami menyikat gigi dengan baik sehingga anak masih perlu pendampingan dan diajarkan. Ajarkan anak menggosok gigi secara menyeluruh dengan gerakan naik turun serta menggosok gusi dan lidah. 

Jangan lupa, untuk mengajarkan anak menyikat gigi dua kali sehari, tepatnya setelah sarapan dan sebelum tidur. Nah, kini mama sudah tahu kan kapan anak mulai menyikat gigi.

Cara mengajarkan gosok gigi Tips gosok gigi Manfaat gosok gigi Usia anak mulai gosok gigi

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting