Ladiestory.id » Travel » Jangan Salah! Meski Bebas Biaya Visa, Oktober - Desember ke Korea Tetap Harus Ajukan Visa

Jangan Salah! Meski Bebas Biaya Visa, Oktober - Desember ke Korea Tetap Harus Ajukan Visa

Sabtu, 14 September 2019 | 04:00:00
Durasi baca: 1 menit, 55 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Jangan Salah! Meski Bebas Biaya Visa, Oktober - Desember ke Korea Tetap Harus Ajukan Visa

Foto: Unsplash

Baru-baru ini para traveler dibuat heboh dengan kabar pemerintah Korea Selatan akan menggratiskan visa wisata selama tiga bulan bagai warga negara Indonesia yang akan berwisata ke Korea Selatan. Tapi jangan keburu girang, karena yang tepat adalah bebas biasa visa khusus tipe C-3 yang biasanya dikenai biaya 40 dollar Amerika atau sekitar Rp540.000. 

Namun, Anda harus tetap mengajukan visa dengan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan, seperti mengisi formulir aplikasi visa dan melampirkan foto identitas sesuai ketentuan, paspor asli dan fotocopynya, surat keterangan kerja/sekolah, fotocopy kartu keluarga, dan dokumen keuangan.

Karena sejak Mei 2019 permohonan visa hanya dapat dilakukan di Korea Visa Application Center (KVAC) Anda tetap harus membayar biaya administrasi sebesar Rp196.000. KVAC merupakan brand perusahaan swasta yang didirikan Pemerintah Republik Korea untuk memfasilitasi kelancaran penerbitan visa warga Indonesia. Letaknya di Lotte Shopping Avenue 5f-05A, Ciputra World I, Jalan Prof. Dr. Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai permohonan visa, Anda dapat mengakses situs www.visaforkorea-in.com.

Kebijakan bebas biaya visa ini diberikan untuk  menyambut ASEAN- Republic of Korea Commemorative Summit di Busan pada tanggal 25-26 November 2019. ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit kali ini sekaligus peringatan 30 tahun berlangsungnya Dialogue Partnership. Kebijakan bebas biaya visa ini juga berlaku untuk 10 anggota negara ASEAN. 

Kebijakan ini berlaku mulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2019 dan hanya untuk tipe visa tujuan kunjungan Singkat (C-3) dan Single entry (klasifikasi visa C-3). Visa C-3 berlaku untuk satu kali dengan waktu kunjungan 30 hari dan maksimum 90 hari. Masa berlaku visa adalah tiga bulan setelah tanggal penerbitan. Dalam kurun waktu tersebut, visa dapat digunakan untuk mengunjungi Korea sesuai dengan tanggal rencana keberangkatan.

Bagi warga negara Indonesia ini terasa istimewa, tapi tidak bagi warga negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand yang memang bebas visa wisata ke Korea Selatan. Meski kerap disebut-sebut jumlah kunjungan yang warga negara Indonesia terus meningkat ke Korea Selatan, harus diakui untuk mengajukan visa ke negeri K-POP itu tidak semudah yang diharapkan. 

Sebagai alternatif, jika Anda ingin mengunjungi Korea Selatan tapi segan membuat visa, Anda bisa mengunjungi pulau Jeju di Korea Selatan. Hampir semua  negara bebas mengunjungi pulau yang identik dengan pantai, angin, dan gunung Halla itu, tanpa perlu visa untuk kunjungan selama 30 hari. Hanya saja, Anda tak bisa ke daerah lain di Korea selain pulau Jeju. Dan pastikan pesawat yang Anda gunakan langsung mendarat di Jeju.

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON TRAVEL