?>
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | JANGAN SAMPAI BATAL, INI TIPS PINTAR KURANGI RASA HAUS SAAT PUASA

Jangan Sampai Batal, Ini Tips Pintar Kurangi Rasa Haus Saat Puasa

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 45 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Jangan Sampai Batal, Ini Tips Pintar Kurangi Rasa Haus Saat Puasa

Salah satu godaan terbesar orang yang berpuasa adalah rasa haus yang tak terkira. Pasalnya, banyak orang yang berpendapat lebih baik merasa lapar, ketimbang haus. Hal itu terjadi sebab tubuh kita memang membutuhkan cairan yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Karena, apabila kita mengalami dehidrasi, tubuh akan menjadi lemas, lesu, kering, dan tidak bergairah ketika melakukan segala sesuatu. Akan tetapi, sebagai salah satu rukun berpuasa, menahan minum dan makan adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan, Ladies. Jadi, agar puasa kita lancar tanpa ada penyebab yang membatalkannya, yuk kita simak beberapa tips pintar kurangi rasa haus saat puasa!

1. Tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat

Sering melakukan aktivitas berat selama berpuasa akan membuat tubuh mudah lelah. Jika tubuh sudah lelah, maka bersiaplah untuk merasa haus dan lapar. Sebab, tubuh yang kelelahan dan mengeluarkan keringat akan membutuhkan air minum sebagai pengganti cairan tubuh. Belum lagi, perut pun akan merasa lapar sebab energi yang sudah terbuang setelah melakukan aktivitas yang terlalu berat. Jadi, ada baiknya jika kamu mengurangi aktivitas berat dan menggantinya dengan aktivitas yang ringan dan menyehatkan selama berpuasa, supaya terhindar dari rasa haus dan lapar, Ladies.

2. Melakukan meditasi atau yoga

Ketika rasa haus mulai melanda, kamu bisa menenangkan pikiran secara perlahan sembari melakukan meditasi supaya rasa hausmu mereda. Meditasi bisa membantu mengalihkan perhatianmu akan rasa haus, Ladies. Sebab, meditasi mengajarkan kita untuk memusatkan pikiran dan perasaan pada hal yang menenangkan. Tentunya, selain bisa menjauhkan diri dari rasa haus, meditasi juga bisa membuat lahir dan batinmu terasa lebih tenang selama menjalani ibadah puasa. Tak hanya meditasi, kamu juga bisa melakukan yoga. Jadi, rasa hausmu hilang, tubuh pun menjadi lebih sehat!

Baca juga: Tips Sukses Menjalin Hubungan Asmara di Usia 30-an agar Berujung Pernikahan

3. Hindari beraktivitas di dalam ruangan yang membuat gerah

Jika kamu sedang beraktivitas di dalam sebuah ruang, buatlah suhu ruanganmu menjadi sejuk atau dingin. Hindari berada dalam ruangan yang panas dan membuat gerah. Sebab, berada dalam ruangan dengan suhu yang cenderung hangat atau panas, malah akan membuatmu kegerahan, lalu berkeringat. Seperti penjelasan pada poin pertama, berkeringat akan membuat tubuhmu membutuhkan air minum sebagai pengganti cairan tubuh. Begitu pula jika kamu beraktivitas di luar ruang dengan matahari yang menyengat, kamu pun akan merasakan hal yang sama, Ladies.  

4. Hindari mengonsumsi makanan asin dan minuman berkafein saat sahur

Jika kamu mengonsumsi makanan asin yang tinggi garam ketika sahur, kamu akan merasakan haus yang tak terkira pada siang harinya, Ladies. Begitupula jika kamu meminum minuman berkafein saat sahur. Sebab, mengonsumsi makanan yang mengandung garam yang tinggi akan memicu rasa haus setelah beberapa jam. Sementara, minuman berkafein seperti kopi dan teh akan memicu tubuh mengeluarkan cairan melalui aktivitas buang air kecil. Sebab, kafein mampu merangsang proses pengeluaran air dari dalam tubuh dan membuatmu menjadi dehidrasi. Jadi, ada baiknya jika kamu mengonsumsi makanan dengan kandungan garam dan gula yang pas, serta perbanyak minum air putih saat sahur!

5. Konsumsi yogurt saat sahur

Selain rasa asam dan manisnya yang menyegarkan tenggorokan, mengonsumsi yogurt saat sahur juga bisa membantumu terhindar dari rasa haus di siang harinya, lho. Hal itu disebabkan yogurt memiliki kandungan air yang sangat banyak. Sehingga, yogurt bisa membantu memberikan pengganti cairan yang dibutuhkan tubuh. Tak cuma itu, yogurt juga mengandung kalsium, banyak nutrisi, serta protein yang bisa menjaga tubuhmu tetap sehat. Kamu bisa mengonsumsi yogurt bersama buah-buahan favoritmu saat sahur!

Jadi, itulah 5 tips pintar kurangi rasa haus saat puasa yang bisa kamu coba. Selamat menjalankan ibadah puasa, Ladies!

*sumber foto cover: freepik.com

Baca juga: Tips Menyiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Tetap Aman


lifestyle gaya hidup tips kurangi rasa haus tips cegah haus puasa haus agar tidak haus tips puasa

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle