Ladiestory.id » Fashion & Beauty » Jenis Perawatan Kulit Kering yang Disebabkan Cuaca Dingin

Jenis Perawatan Kulit Kering yang Disebabkan Cuaca Dingin

Jum'at, 20 September 2019 | 09:10:00
Durasi baca: 1 menit, 35 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Jenis Perawatan Kulit Kering yang Disebabkan Cuaca Dingin

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi Anda yang berencana liburan akhir tahun di negeri cuaca dingin, bahkan bersalju, tak hanya mementingkan daftar pakaian tebal dan hangat. Anda juga perlu memperhatikan jenis perawatan kulit kering yang bisa muncul di cuaca dingin. Selain kulit kering, risiko mudah berjerawat juga mengintai kulit wajah di musim dingin. Apa sebabnya?

"Ketika sangat kering, tubuh Anda cenderung ingin membuat lebih banyak minyak dan menciptakan sekresi hiperkompensatori," kata Dhaval Bhanusali, MD, FAAD, dokter kulit yang berbasis di New York di laman Well and Good. Jadi, pada dasarnya, kulit wajah Anda menghasilkan lebih banyak minyak untuk menciptakan rasa panas di udara yang lebih dingin.

Baca juga: Mau Beli Tas Kulit? Jangan Lupa Perhatikan 5 Hal Penting Berikut

“Bila Anda tidak mengubah rutinitas perawatan kulit yang dipakai pas cuaca panas, yakni dengan menggunakan pembersih dan toner bisa membuat kulit lebih dehidrasi. Bukan itu saja, hal itu juga mendorong produksi minyak berlebih sehingga timbul jerawat di cuaca dingin,” tutur Dr. Bhanusali.

Meskipun beberapa penelitian tentang sinar UV menunjukkan bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, tetapi Dr. Bhanusali tidak direkomendasikan hal tersebut. Sebab kerusakan akibat paparan terik sinar matahari lebih berisiko besar, seperti risiko kanker kulit.

Baca juga: Ini Dia 5 Rekomendasi Clay Mask Untuk Kamu Yang Memiliki Kulit Berminyak

Dr Bhanusali menyarankan untuk menyesuaikan perawatan kulit sesuai cuaca. “Banyak [tetap bebas jerawat di cuaca dingin] tetap menyesuaikan rutinitas perawatan kulitnya di tempat yang dikunjungi,”ucapnya. "Jika kulit Anda tidak dirawat dengan baik, fungsi pelindung kulit Anda juga melemah. Alhasil, pori-pori Anda akan lebih mudah menumpuk kotoran dan polusi udara yang dapat menyebabkan berjerawat."

Salah satu produk perawatan kulit di cuaca dingin adalah serba bahan yang menenangkan, kata Dr. Bhanusali. "Pertimbangkan kandungan vitamin nikotinamida, kamomil, lidah buaya, dan perawatan simpel lebih baik.”

Baca juga: Rutin Pakai Sleeping Mask, Ini Manfaatnya Untuk Kulit Wajahmu

Lebih lanjut ia menjabarkan, “Jaga rutinitas Anda lebih sederhana dan saat menggunakan pelembap jenis berat, pastikan mereka tidak mengandung kandungan komedogenik.” Dengan proteksi kulit wajah yang tepat tak hanya menjaga kesehatan wajah, tapi juga sekaligus menangkal datangnya jerawat.

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON FASHION & BEAUTY