LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | KADO NATAL UNIK DAN SPESIAL, BAGAIMANA CARA MEMPERSIAPKANYA

Kado Natal Unik dan Spesial, Bagaimana Cara Mempersiapkanya

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 42 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Kado Natal Unik dan Spesial, Bagaimana Cara Mempersiapkanya

Natal sebentar lagi. Damai dan suka cita tentu sudah kamu rasakan. Bagaimana dengan kado natal? Apakah kamu sudah menyiapkannya? Jangan sampai lupa lho, sultan! Terlebih natal adalah waktu libur yang harus dimanfaatkan untuk berkumpul dan bersuka cita dengan keluarga. Momen-momen seperti ini adalah momen langka yang harus kamu manfaatkan sebaik mungkin untuk membuat kenangan. Kado Natal memang penting diberikan untuk memberi kesan spesial. Memberikan kado saat Natal menunjukkan bahwa kita berterima kasih kepada orang-orang yang kita berikan hadiah. Kado juga sebagai salah satu cara untuk mengekspresikan penghargaan kepada mereka.
 
5 Tips Mempersiapkan Kado Natal

Susunlah daftar orang-orang yang akan kamu berikan kado

Untuk mengetahui kado Natal apa yang perlu kamu siapkan, pertama-tama kamu perlu membuat daftar orang-orang yang akan kamu berikan kado, mulai dari keluarga, teman, rekan kerja, atau orang-orang yang perlu santunan. Idealnya, kamu bisa menyusun daftar ini 2-3 bulan sebelum Natal dan akhir tahun. Kedua, catat kegemaran, keinginan, atau kebutuhan mereka saat ini. Dengan berbekal informasi ini, kamu bisa menyiapkan kado Natal yang pas untuk mereka. Ketiga, kamu bisa browsing untuk mencari inspirasi kado apa yang pas diberikan untuk orang-orang tersebut sesuai dengan kegemaran atau kebutuhan mereka. Keempat, tetapkan berapa nilai hadiah Natal yang kamu siapkan untuk masing-masing nama dalam daftar. Ini untuk mengetahui total kebutuhan dana untuk kado.

Persiapkan dana yang dibutuhkan

Kegiatan menyiapkan kado acap kali menjadi sulit karena dana yang dibutuhkan terbilang besar. Nah, agar kegiatan menyiapkan kado Natal tidak menjadi beban untuk finansial kamu di akhir tahun, maka kamu perlu menyiapkan dana yang diperlukan 2-3 bulan sebelum Natal dan akhir tahun. Dengan demikian, kamu bisa menyiapkan dana pembelian hadiah Natal, tanpa menganggu cashflow di akhir tahun. Dalam tiga bulan tersebut, sisihkanlah sebagian dari penghasilan kamu untuk kebutuhan kado. Perencana keuangan umumnya berpesan agar dana kebaikan tidak lebih dari 10% dari penghasilan per bulan.

Ide kado yang unik

Bagaimana jika sudah menyiapkan dana beberapa bulan sebelumnya, namun tetap belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan budget untuk kado Natal? Mungkin kamu bisa coba strategi lain, yakni menimbang kado yang unik, dengan cara membuatnya. Kado kamu akan berkesan bagi yang menerima tak cuma karena harganya yang mahal. Justru, kebanyakan orang akan terkesan oleh kado yang unik, atau kado yang sesuai dengan hobi, atau kesenangannya.

Baca juga: DIY Kotak Cincin Pernikahan Ini Unik dan Romantis Lho

Manfaatkan diskon dan promo

Dengan menyiapkan daftar calon penerima kado Natal serta dana beberapa bulan sebelum pergantian tahun, kamu juga bisa memanfaatkan masa-masa diskon untuk berburu kado-kado menarik dengan harga miring. Perayaan belanja online atau midnight sale bisa menjadi alternatif bagi kamu untuk berburu kado. Tak ada salahnya juga untuk memanfaatkan point reward kartu kredit, cashback, buy 1 get 1, atau promo lainnya untuk membantu meringankan budget kado Natal dan tahun baru.

Jangan ragu berbagi beban

Strategi lainnya yang bisa kamu coba untuk menekan budget kado Natal ialah dengan berbagi dengan orang lain. Misalnya, jika kamu punya ide memberikan kado liburan untuk orangtua, kamu bisa berbagi budget ini bersama saudara kandung. Begitu pula jika kamu ingin memberikan kado untuk atasan, tak ada salahnya untuk patungan kado dengan rekan satu departemen.

Acara tukar kado atau memberikan kado Natal di penghujung tahun memang selalu menyenangkan. Pastikan momen ini tidak menjadi bencana finansial dengan menyiapkannya jauh-jauh hari. Karena biar bagaimana pun, niat baik berbagi dengan orang lain haruslah sesuai dengan kondisi dompet. Selamat menyiapkan kado Natal!

Sumber Foto Utama: Freepik.com

tips menyiapkan kado natal kado natal tukar kado natal berbagi kado natal Christmas gifts

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle