?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » KAPAN ANAK MULAI BELAJAR SIKAT GIGI? INI DIA REKOMENDASI TERBAIK DARI IDAI

Kapan Anak Mulai Belajar Sikat Gigi? Ini Dia Rekomendasi Terbaik Dari Idai

LS Parenting
Selasa, 11 Februari 2020 | 03:34:30
Durasi baca: 2 menit, 10 detik
Dibaca: 1 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Kapan Anak Mulai Belajar Sikat Gigi? Ini Dia Rekomendasi Terbaik Dari Idai

Pembersihan permukaan gigi (sikat gigi) adalah upaya untuk menghilangkan sisa makanan yang mudah difermentasi yang akan berakibat pada menurunnya jumlah bakteri rongga mulut akibat hilangnya energi yang dibutuhkan oleh bakteri menghasilkan produk asam perusak gigi. Kapan saat yang tepat untuk mulai menggosok gigi anak? Menurut para dokter gigi, menyikat gigi dilakukan minimal dua kali sehari yaitu sehabis sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Menyikat gigi juga dianjurkan menggunakan pasta gigi yang membantu membersihkan gigi lebih bersih dan wangi.

Akibat dari jarangnya menyikat gigi adalah timbulnya plak di gigi yang diakibatkan dari penumpukan kotoran di gigi. Mengajarkan si kecil untuk menjaga kesehatan giginya sangat penting agar gigi si kecil tumbuh dengan baik. Anda bisa memulainya ketika gigi anak mulai tumbuh. Butuh konsistensi tinggi dalam mengajarkan anak untuk sikat gigi. Pastikan setiap malam Anda mendampinginya untuk membersihkan gigi. Nantinya jika sudah terbiasa, anak akan merasa tak betah jika tidur belum gosok gigi.

Sumber Foto:Halodoc
  • Gosoklah gigi anak anda setiap mandi. Jadikan kegiatan menyikat gigi ini menjadi aktifitas rutin yang menyenangkan sehingga anak tidak akan mau melewatkannya. Kegiatan rutinitas yang diajar secara konsisten tanpa paksaan merupakan salah satu cara jitu mendidik anak.
  • Gunakan sikat gigi khusus bayi dan anak. Gigi dan gusi bayi maupun anak masih belum kuat dan memiliki ukuran yang kecil. Jangan sekali kali menggunakan sikat gigi untuk orang dewasa. Sebaiknya orangtua memilihkan produk sikat gigi yang tebuat dari karet sehingga tidak akan melukai gigi atau gusi anak.
  • Pilih pasta gigi yang sesuai. Pasta gigi yang baik untuk anak adalah pasta gigi yang mengandung flouride dan detergen yang sangat sedikit serta tidak mengandung pemutih dan bahan berbahaya lainnya sehingga aman meskipun tertelan.

Membiarkan anak memilih jenis pasta gigi favorit akan menarik minatnya. Untuk itu, jika anak sudah berusia lebih dari 5 tahun dan ingin mengganti pasta gigi sesuai yang diinginkan, jangan melarangnya. Tapi tetap periksa apakah pasta gigi tersebut mengandung zat berbahaya atau tidak. Begitu juga saat memilih sikat gigi, biarkan ia memilih sikat gigi favoritnya. Hal ini agar suasana sikat gigi jadi rutinitas menyenangkan untuknya.

Baca juga: Berbagai Macam Tipe Kecerdasan Pada Anak

Sumber Foto: Merdeka.com

Anak-anak dapat menyikat giginya sendiri sekitar usia 2 atau 3 tahun. Tapi, anak masih perlu dampingan setidaknya sampai ia berusia 6 tahun. Untuk itu diperlukan kesabaran yang ekstra dari orangtua. Setiap malam ajak si kecil untuk sikat gigi bersama, jangan hanya menyuruhnya. Ingat, anak selalu butuh contoh dan bukan perintah.

Sumber Foto: atmago.com

Beri pemahaman tentang bahayanya orang yang tak menggosok gigi. Orang tua khususnya ibu dapat secara perlahan memberikan pemahaman kepada anak terkait bahaya bahaya yang mengancam apabila orang tak menggosok gigi. Dalam penyampaian bahaya tersebut anda dapat menggunakan buku dongeng tentang gigi. Bisa juga dengan gambar-gambar.

sikat gigi anak rekomendasi sikat gigi anak belajar sikat gigi waktu sikat gigi

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING