LADIESTORY.ID | HEALTH | KE 5 KELOMPOK INI, TERNYATA TIDAK BISA DIBERIKAN VAKSIN COVID 19

Ke 5 Kelompok Ini, Ternyata Tidak Bisa Diberikan Vaksin Covid 19

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 23 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ke 5 Kelompok Ini, Ternyata Tidak Bisa Diberikan  Vaksin Covid 19

Kedatangan vaksin Covid-19 asal China menambah optimisme pemerintah terhadap penanganan Covid-19 di Indonesia. Presiden Joko Widodo mengungkapkan rasa syukurnya karena 1,2 juta dosis vaksin buatan perusahaan biofarmasi Sinovac itu sudah diterima pemerintah. Jokowi menyebut, vaksin yang datang merupakan vaksin siap suntik. Selain itu, akan ada 1,8 juta dosis vaksin siap suntik yang akan tiba pada Januari 2021. Kemudian, pada Januari 2021, akan tiba 45 juta dosis bahan baku curah untuk pembuatan vaksin Covid-19. Sebanyak 45 juta dosis itu akan tiba dalam dua gelombang. Gelombang pertama sebanyak 15 juta dosis dan gelombang kedua sebanyak 30 juta.

Tapi, ada kemungkinan vaksin ini mungkin tidak cocok untuk semua orang, meskipun telah melakukan upaya terbaik. Perlu diingat bahwa ada juga orang yang tidak bisa, atau tidak disarankan untuk menjalani proses vaksinasi. Menurut Ahli Alergi dan Imunologi Profesor Iris Rengganis, orang dengan kondisi tertentu tidak boleh mendapatkan vaksinasi. Pada beberapa orang vaksin akan memberikan reaksi berbeda bahkan bisa jadi tidak efektif.

Berikut adalah beberapa kelompok orang yang tidak bisa divaksinasi.

Mereka yang memiliki penyakit komplikasi

Sementara kelompok yang berbeda mengerjakan protokol untuk membuat vaksin dapat diterapkan untuk semua usia dan kelompok rentan, vaksin apa pun yang diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang mungkin tidak bekerja untuk semua orang. Prediksi saat ini menunjukkan bahwa mungkin ada ratusan ribu orang yang mungkin tidak mendapat manfaat dari vaksin Covid-19 yang diluncurkan saat ini dan mungkin akan dibuat menunggu lebih lama. Beberapa kelompok mungkin juga harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan vaksin yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sekali lagi, vaksin yang berbeda juga dapat mengandung komponen yang berbeda, yang dapat mempengaruhi orang secara berbeda.

Baca juga: Sederet Efek Samping yang Timbul Usai Divaksin Covid-19 Sinovac

Mereka yang mengalami alergi terhadap vaksin sebelumnya

Tidak ada vaksin yang bebas efek samping. Akan selalu ada kemungkinan orang mengembangkan efek samping. Risikonya lebih berat bagi mereka yang pernah mengalami masalah dengan dosis vaksin sebelumnya. Orang yang memiliki alergi tertentu, atau menderita komplikasi yang mengancam mungkin disarankan untuk menunggu sebelum mereka mendapatkan suntikan Covid-19 eksperimental. Karena ini adalah pertama kalinya vaksin Covid-19 dikembangkan, kemungkinan efek sampingnya akan lebih tinggi dari sebelumnya.

Mereka yang memiliki gangguan kekebalan (autoimunitas)

Vaksin bekerja untuk melindungi mereka yang memiliki kekebalan lemah atau termasuk dalam kategori berisiko tinggi. Namun, orang-orang yang kekebalannya terganggu secara serius, menderita komplikasi kronis yang dapat memengaruhi fungsi kekebalan mereka mungkin tidak memberikan tanggapan yang kuat.

Berusia di bawah 14 tahun

Bayi dan balita dapat bertindak sebagai penyebar Covid-19 dan dalam kasus yang jarang terjadi, bahkan dapat menderita komplikasi yang mengancam jiwa karena virus itu. Membuat vaksin untuk mereka juga penting untuk membuka kembali sekolah dan pusat rekreasi dengan aman.

Wanita hamil

Wanita hamil, seperti anak-anak tidak benar-benar dijadikan bagian dari uji coba vaksin Covid-19 dan tidak pernah ada vaksin yang dirancang khusus untuk wanita hamil selama wabah virus semacam itu. Para ahli percaya bahwa dosis eksperimental yang digunakan dalam vaksin mungkin tidak sesuai untuk kesehatan bayi yang sedang tumbuh, dan dapat membuat wanita hamil menunjukkan efek samping yang merugikan.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

Vaksin Covid 19 Covid 19 Kelompok Yang Tidak Bisa Di Suntik Vaksin Vaksin

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health