LADIESTORY.ID | HEALTH | KENALI TANDA DIABETES PADA WANITA USIA MUDA

Kenali Tanda Diabetes Pada Wanita Usia Muda

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 1 menit, 49 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Kenali Tanda Diabetes Pada Wanita Usia Muda

Diabetes bisa dialami siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun, ada gejala diabetes pada wanita yang mungkin tidak terjadi pada pria. Hal ini tentunya perlu disadari sejak dini oleh para wanita agar penanganan bisa lebih cepat dilakukan. Gejala diabetes yang umumnya terjadi adalah rasa haus dan lapar berlebih, penurunan atau kenaikan berat badan tanpa sebab yang jelas, serta sering buang air kecil. Selain itu, gejala diabetes dapat pula disertai dengan kelelahan, penglihatan kabur, mual, dan luka yang sulit sembuh.

Infeksi Jamur Pada Vagina

Kada gula yang tinggi pada wanita dapat memicu pertumbuhan jamur Candida albicans yang menyebabkan infeksi pada vagina. Penderita akan merasakan gatal dan perih pada area vagina, mengalami keputihan, dan sakit saat melakukan hubungan seksual.

Infeksi Saluran Kemih

Wanita yang mengalami infeksi saluran kemih biasanya memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu karena hiperglikema atau tingginya kadar gula dalam tubuh. Seseorang yang mengalami infeksi ini akan merasa nyeri saat buang air kecil, rasa terbakar atau panas saat buang air kecil, dan mengeluarkan urine yang bercampur darah atau berwarana gelap dan keruh.

Baca juga: Jenis-jenis Perhiasan Yang Paling Di Sukai Para Wanita

Disfungsi Seksual

Diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf sehingga penderitanya sering mengalami kesemutan dan mati rasa pada kaki dan tangannya. Kondisi ini juga dapat terjadi pada vagina penderita diabetes. Hal ini membuat hasrat seksual wanita tersebut akan menurun.

Polycystic Ovary Syndrom (PCOS)

PCOS terjadi saat seorang wanita memproduksi lebih banyak hormon pria daripada seharusnya. hormon pria tersebut diproduksi karena adanya resistensi insulin yang membuat kadar gula menjadi tinggi. PCOS dapat menyebabkan tidak teraturnya siklus menstruasi hingga kemandulan.

Fluktuasi Hormon

Perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi, melahirkan, dan menopause membuat wanita lebih sulit mempertahankan kadar glukosa atau gula darah dengan baik. Oleh karena itu, wanita disarankan untuk lebih rutin memeriksakan gula darah sebelum atau sesudah menstruasi. Apabila Kamu mengalami beberapa gejala diabetes pada wanita seperti yang telah dipaparkan di atas, segeralah berkonsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan tes darah atau tes urine agar penyakit diabetes yang diderita dapat terdeteksi sedini mungkin.

Selain itu, untuk menjaga agar Kamu tetap terhindar dari diabetes, jalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, berolahraga secara rutin, dan menghentikan kebiasaan merokok. Jangan lupa pula untuk tetap memeriksakan kondisi kesehatan kamu secara rutin ke dokter.

Sumber Foto Utama : Pixabay.com

 

DIABETES DIABETES Pada Wanita Ciri Diabetes Pada Wanita Kesehatan Wanita

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health