?>
LADIESTORY.ID » LIFESTYLE » KENAPA KESEHATAN MENTAL ITU PENTING SELAMA WFH

Kenapa kesehatan mental itu penting selama WFH

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 2 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Kenapa kesehatan mental itu penting selama  WFH

Sepertinya akhir akhir ini banyak orang yang memperhatikan kesehatan mental ditengah menghadapi sitausi covid-19. Apa kamu termasuk yang aware dalam memperhatikan kesehatan mental pada diri kalian? Selain kesehatan fisik ada kesehatan mentalmu yang tak kalah penting untuk dijaga. Karena kesejahteraan mental ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka kecemasan dan kekhawatiran pikiran harus dihapuskan.

Memahami Kesehatan Mental

World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu, yang di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan untuk mengelola stres kehidupan yang wajar, untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan serta di komunitasnya.

Singkatnya ialah bahwa orang yang bermental sehat adalah orang yang menguasai dan mengatasi segala faktor perasaan dalam hidupnya. Sehingga tidak menimbulkan gangguan jiwa, neurosis maupun psikosis. Sebenarnya seberapa penting menjaga kesehatan jiwa bagi kita?

Baca juga: 5 Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi

Dapat Menghindari Rasa Depresi

Ketika mental kita terganggu maka depresi akan datang menghampiri. Depresi harus dicegah karena dapat menyebabkan hidup kita menjadi tidak berjalan normal.

Dapat Menyelesaikan Masalah

Setiap orang pasti pernah dilanda masalah baik masalah yang ringan, bahkan yang paling berat. Dengan mental yang sehat akan menjamin kita untuk bisa menyelesaikan masalah dengan baik tanpa harus berputus asa.

Dapat Menjalani Kehidupan Dengan Baik

Terkadang ketika mendapatkan masalah yang berat, hal tersebut secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kesehatan mental kita. Sehingga membuat hidup kita kacau. Maka, dari itu mental yang sehat adalah hal yang harus senantiasa kita rawat agar hidup lebih baik dan positif.

Dapat Tertawa Lepas

Mereka yang tertawa lepas bisa dikatakan sehat secara mental karena terbebas dari beban dan stres yang mengganggu.

Dapat Meningkatkan Iman

Kesehatan mental juga dapat meningkatkan keimanan kita karena antara iman dan kesehatan mental sangatlah berkaitan. Kita bisa selalu berdoa untuk mendekatkan diri kepada Allah. Doa bisa membuat kita menjadi lebih tenang dalam jiwa dan pikiran.

Baca juga: Tanaman Pembersih Udara Untuk Menjaga Kesehatan Keluarga Saat Masa Pandemi


Seperti kita ketahui bahwa dengan pesatnya perkembangan dunia internet, digital maupun teknologi semakin mempermudah proses-proses kehidupan sosial seperti komunikasi, berekspresi, berdiskusi, mencari informasi serta lainnya. Penyebaran berita tidak benar atau hoax, komentar-komentar negatif, hatespeech, dan yang paling sering terjadi juga bullying. Fenomena ini menjadikan seseorang dapat merasa cemas, sedih bahkan depresi hingga yang paling parah ialah bunuh diri (seperti kasus Sulli dan Goo Ha-Ra artis K-Pop) akibat dampak negatif tersebut.

Seseorang dengan gangguan mental dapat mengalami rasa cemas yang berlebihan. Hal ini akan mengakibatkan ia susah tidur dan mudah lelah, sehingga daya konsentrasinya pun menurun. Ia juga akan menunjukkan perubahan karakter dan kepribadian. Hal ini meliputi perubahan tingkah laku dan juga perubahan emosi yang ekstrem.

 

Kenapa kesehatan mental itu penting selama WFH Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Cara Menjaga Kesehatan Mental

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE