?>
LADIESTORY.ID » LIFESTYLE » KESEHATAN MENTAL PADA ANAK HARUS DIPERHATIKAN SEJAK DINI, INI CARANYA

Kesehatan Mental pada Anak Harus Diperhatikan Sejak Dini, Ini Caranya

Kamis, 17 Oktober 2019 | 01:30:00
Durasi baca: 1 menit, 56 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Kesehatan Mental pada Anak Harus Diperhatikan Sejak Dini, Ini Caranya

Fimela.com, Jakarta Menjadi orangtua berarti harus melakukan berbagai hal untuk membuat anak tumbuh dengan baik, termasukseputar kesehatan mental sejak dini. Menurut para ahli, percakapan berkelanjutan dan terbuka tentang kesehatan mental adalah kunci pengembangan kesehatan psikologis anak.

Masih bingung caranya? Dilansir dari sheknows.com , Kamis (17/10/2019), berikut ini adalah beberapa cara untuk bicara tentang kesehatan mental pada anak sejak dini.

Baca juga: Mix and Match Pakaian Untuk Anak Kuliahan!

1. Membangun kapasitas untuk berdiskusi tentang kesehatan mental sedini mungkin

Sebelum memulai percakapan mendalam tentang kesehatan mental dengan anak, penting untuk membangun fondasi kepercayaan yang kuat satu sama lain. Kamu harus memastikan bahwa anak memiliki dasar kepercayaan kepadamu sebagai orangtua.

Hal ini disebut penyesuaian emosional yang akhirnya membangun kemampuan untuk berpikir dan berbicara tentang sesuatu yang abstrak seperti kesehatan mental . Untuk membangun kepercayaan ini, kamu harus belajar terbiasa dengan emosi diri sendiri.

Baca juga: ASI yang Memiliki Peran Di 1000 Hari Kehidupan Pertaman Anak Didunia


2. Membantu anak membangun perasaan mereka sendiri

Orangtua juga bertugas untuk membantu anak mengembangkan dan memahami pengalaman internal mereka, serta membicarakannya dengan orang lain. Membiasakan anak untuk memahami perasaan mereka sendiri akan membantu mereka untuk mengidentifikasi perasaan orang lain juga.

Mengidentifikasi perasaan diri sendiri butuh latihan, kamu sebagai orangtua hanya perlu menyesuaikan diri. Jangan lupa untuk memberi anak ruang untuk melakukannya, tidak perlu terburu-buru.

3. Perhatikan bagaimana anak mengatasi emosi mereka

Setelah membantu anak mengidentifikasi emosi mereka sendiri, lihat juga bagaimana mereka mengelolanya. Beri pemahaman pada anak bahwa emosi terkadang memang terasa tidak nyaman, namun mereka harus selalu berusaha untuk melihatnya dari sisi positif dalam rangka mengembangkan pemahaman tentang kesehatan mental .

Baca juga: Makanan Sehat untuk Anak Dimasa Pertumbuhan

4. Jangan menstigmatisasi penyakit mental

Jangan menstigmatisasi penyakit mental dengan cara apapun. Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan mengembangkan kasih sayang pada anak untuk orang-orang dengan penyakit mental.

5. Beri contoh tentang hubungan yang sehat

Tidak hanya bicara, beri juga contoh pada anak tentang hubungan yang sehat. Demostrasikan pengalaman internalmu sendiri kepada anak agar meeka bisa belajar untuk melakukannya di lain kesempatan.

6. Jadikan sebagai rutinitas

Baca juga: Penting! Kesehatan Reproduksi Pada Para Remaja

Jadikan percakapan tentang kesehatan mental bersama anak sebagai rutinitas harian. Tidak hanya ketika anak mengalami hari yang buruk, namun juga ketika mereka memiliki momen- momen yang baik.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE