Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | KETERLIBATAN PEREMPUAN DALAM MEMAJUKAN PEREKONOMIAN NEGARA

Keterlibatan Perempuan Dalam Memajukan Perekonomian Negara

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 10 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Keterlibatan Perempuan Dalam Memajukan Perekonomian Negara

Keterlibatan perempuan dianggap sangat penting dalam memajukan perekonomian negara. Peran perempuan juga dinilai memiliki potensi untuk mengambangkan industri Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). . Namun permasalahannya adalah, hingga saat ini masih sedikit sekali perempuan yang menjalani karier di bidang STEM, baik secara global maupun di Indonesia. Menurut data dari UNESCO, jumlah ilmuwan perempuan di dunia sebanyak 28 persen dan di Indonesia sendiri terdapat 31 persen.

Padahal UNESCO di tahun 2019 merilis laporan yang menunjukkan bahwa pelajar perempuan di bidang STEM cukup tinggi. Selain itu, jumlah mahasiswa perempuan lulusan bidang sains juga tidak sedikit, yaitu 52 persen, namun angka mahasiswa perempuan tingkat doktor hanyalah 35 persen. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan yang melanjutkan karier di bidang sains masih rendah.

Teknologi yang Membuka Kesempatan Bagi Perempuan

Ketika Anda sudah bisa menikmati kemudahan yang diberikan teknologi, ada banyak perempuan di berbagai belahan dunia lainnya yang tidak memiliki akses atau bahkan sama sekali tidak mengenal apa itu teknologi. Seperti perempuan pedesaan di India misalnya. Diperkirakan hanya ada satu dari setiap 10 perempuan di pedesaan India yang dapat menggunakan internet. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebabnya, beberapa di antaranya adalah budaya, pemahaman yang buruk atas internet, dan minimnya akses.

Baca juga: Hal-hal yang Bikin Bayi Bahagia Dalam Kandungan

Teknologi Mempermudah Perempuan Menjalani Perannya

Di era serba digital saat ini, banyak perempuan yang dituntut untuk bisa menjalani berbagai peran, yaitu sebagai seorang istri, ibu, dan perempuan karier atau entrepreneur. Kesemua peran tersebut sangatlah tidak mudah untuk dijalankan dalam waktu bersamaan. Di sinilah peran teknologi terlihat sangat krusial bagi perempuan. Munculnya berbagai teknologi seperti e-banking dan e-commerce sangat dirasakan manfaatnya oleh perempuan bekerja. Berbagai tagihan rumah tangga dan pengaturan keuangan rumah tangga bisa dilakukan tanpa beranjak dari meja kerja. Begitupun layanan e-commerce yang sangat mempermudah perempuan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hingga saat ini, memberdayakan perempuan agar mereka dapat memiliki kontrol atas kehidupannya sendiri, entah itu dalam berkarier, mengakses kesehatan, kesehatan reproduksi, dan pendidikan tidak hanya menjadi tujuan penting dari Sustainable Development Goals dari PBB. Tetapi juga bagi seluruh lapisan masyarakat di seluruh dunia, termasuk perempuan itu sendiri. Menurut riset dari Bank Dunia, meningkatkan partisipasi pekerja perempuan adalah hal yang sangat penting karena mereka dapat produktivitas ekonomi, serta membuat lembaga dan kebijakan menjadi lebih adil bagi semua orang.

Ketika sebuah negara menjadi lebih sadar akan kebutuhan untuk memberikan lebih banyak peluang bagi perempuan, disitulah peran teknologi dapat dimanfaatkan untuk membantu menjembatani kesenjangan gender.

Di era modern ini, teknologi hadir di tengah kehidupan manusia untuk bisa memudahkan mereka dalam melakukan sesuatu. Termasuk membuka banyak kesempatan bagi perempuan untuk bisa bekerja di industri teknologi itu sendiri. Perkembangan teknologi juga ternyata mampu memajukan perempuan dalam berbagai hal dan semakin memperkecil gap kesetaraan gender.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

 

wanita empowering pemberdayaan wanita menjadi wanita bijak wanita sukses wanita cerdas

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle