?>
LADIESTORY.ID » COMMUNITY BLOG » HIJAB » KIAT PENTING MENGATASI KEPALA PUSING SAAT PAKAI HIJAB ATAU KERUDUNG

Kiat Penting Mengatasi Kepala Pusing saat Pakai hijab atau kerudung

Kartika Sari
Durasi baca: 4 menit, 0 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Kiat Penting Mengatasi Kepala Pusing saat Pakai hijab atau kerudung

Mengatasi kepala pusing saat pakai hijab. Selain menjadi kewajiban untuk menutupi aurat,  berhijab memiliki kenikmatan tersendiri bagi para kaum muslimat. Yah, dengan berhijab hati jadi lebih tenang dan perilaku tetap terjaga. Selain itu, kini hijab memiliki beragam model fashion yang bisa di padu padankan dengan aneka fashion lainnya seperti gamis, cardigan, dan fashion tertutup lainnya. Namun, tak sedikit  para pengguna hijab atau hijabers  mengalami sakit kepala atau pusing, terutama ketika sedang mengenakan hijab dalam waktu yang lama. Tentu saja hal ini dapat mengganggu aktivitas dan kenyamanan dalam berhijab.

 

Apa sih penyebab pusing pakai hijab?

Sumber foto: Kumparan.com

Masalah yang sering terjadi pad perempuan berhijab biasanya adalah sakit kepala atau rasa gatal di area kepala. Sebenarnya bukan karena anemia atau masalah kebersihan di area kepala. Namun sakit kepala yang dirasakan oleh para pengguna hijab biasanya karena pemakaian hijab dan inner atau ciput yang kurang tepat. Selain faktor tersebut, ada lagi penyebab pusing kepala saat mengenakan hijab, diantaranya:

Baca juga: Produk Shampo Untuk Kulit Kepala Berketombe dan Gatal

  • Penggunaan iner atau ciput yang terlalu kecil
  • Ikatan hijab ada bagian leger terlalu kencang
  • Ikatan rambut terlalu kencang
  • Memilih bahan inner yang kurang tepat sehingga tidak nyaman
  • Ukuran cepol hijab terlalu besar
  • Penggunaan headpiece yang terlalu berat
  • Faktor adaptasi atau pemula

Bagaimana cara mengatasi sakit kepala saat pakai hijab?

Sumber foto: Tribunnews.com

Lantas bagaimana untuk mengatasi sakit kepala atau pusing saat memakai hijab? Apakah ada cara tersendiri yang bisa dilakukan guna untuk menghilangkan rasa sakit, atau setidaknya tidak menimbulkan sakit kelapa? Nah, buat kamu yang masih pemula atau kamu yang sudah lama memakai hijab namun terkadang mengalami pusing atau sakit kepala, mungkin beberapa kiat ini bisa kamu terapkan, antara lain:

 

  • Setelah habis keramas, sebaiknya keringkan terlebih dahulu rambutmu sebelum memakai hijab atau kerudung. Sehingga tidak menimbulkan sakit kepala atau bau apek.
  • Cobalah untuk mengganti model ikatan rambut setiap harinya, agar kepalamu tidak terus menerus tertarik ke arah yang sama.
  • Jangan lupa memilih bahan kerudung yang adem dan nyaman, apalagi jika dipakai setiap hari.
  • Seperti poin di atas yakni penyebab kepala pusing. Kamu dianjurkan untuk tidak memakai ciput terlalu kencang
  • Kepalamu juga butuh istirahat, jika dirasa sudah lama dan mulai pusing sebaiknya lepas dulu sebentar.
  • Hindari beraktivitas di tempat yang panas, karena terkadang hal ini bisa menyebabkan kepala pusing apalagi jika mengenakan hijab terlalu ketat.

 

Bahan hijab atau kerudung yang nyaman dan tidak bikin gatal itu apa?

Sumber foto: Hipwe

Trend hijab di era jaman sekarang membuat para penggunanya bisa memilih bahan maupun model kerudung sesuai selera. Selain alasan model yang dirasa pantas untuk dikenakan, mereka juga memilih bahan dasar hijab guna mendapatkan kenyamanan. Yah, sebagian para hijabers banyak yang merasa bahwa bahan kerudung juga mempengaruhi kenyamanan saat dikenakan, bahkan ada pula yang berpendapat bahwa bahan hijab juga bisa menjadi pemicu sakit kepala. Nah, Mengatasi kepala pusing saat pakai hijab mungkin beberapa daftar bahan hijab atau kerudung ini bisa jadi pilihan.

 

Baca juga: Aneka Model Hijab Dari Segi Bahan


1. Sifon atau Chiffon

Bahan kerudung ini memiliki tekstur yang tipis, lembut dan licin sehingga sangat ringan saat dikenakan. Selain itu, bahan sifon juga mudah dikombinasikan dengan bahan lain. Untuk kamu yang tak mau ribet, mungkin bahan ini sangat cocok untuk dikenakan karena sifon mudah dilipat dan tidak mudah kusut.

2. Hicon

Mungkin sekilas bahan hicon ini mirip dengan sifon. Akan tetapi sifon lebih licin dari kain hicon, dan lebih lembut. Bahan ini memiliki ciri serat kain lebih rapat ketimbang sifon. Biasanya bahan ini sering digunakan sebagai bahan model hijab syari karena cukup tipis. Satu hal lagi yang penting, yakni bahan hicon cukup adem dan tidak membuat gatal saat dikenakan.

3. Satin

Baca juga: Intip Trik Sederhana, Memilih Bahan Hijab Sesuai Bentuk Wajah

Kain satin biasanya memiliki ciri khas warna yang mengkilap dengan permukaan yang licin namun dibagian bahan dalam satin tidak mengkilap dan tidak licin. Umumnya bahan ini digunakan untuk jilbab segi empat dan pashmina. Sangat cocok dikenakan untuk acara resmi. Sudah pasti bahan ini memiliki kenyamanan yang maksimal saat dikenakan.

 

Berapa harga hijab dan dimana penjual terpercaya untuk membelinya?

Sumber foto: Kumparan.com

Harga hijab tentunya bervariasi, semua tergantung kebutuhan baik model, merek dan bahannya. Namun untuk harga pasaran seperti merek sifon, furing, tile, satin pashmina berkisar Rp 15 ribuan hingga Rp 35 ribuan. Namun untuk merek lain yang sedikit mahal seperti spandex, diamond yang memiliki tekstur berkisar hingga Rp 35 ribuan hingga Rp 70 ribuan. Untuk mendapatkan bahan hijab atau hijab kerudung yang sudah jadi, kamu bisa mengunjungi berbagai marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, atau toko online fashion Indonesia.

Nah, setelah kamu tahu semua faktor penyebab sakit kepala saat mengenakan hijab, dan berbagai cara untuk mengatasinya. Bukan berarti harga hijab yang mahal bisa mengatasi kepala pusing saat pakai hijab yah. Mungkin semakin mahal bahan hijab akan semakin berkualitas, namun untuk kenyamanan tergantung dari diri masing-masing, apakah kamu sudah nyaman mengenakan hijab? Satu hal lagi, yang perlu kamu perhatikan adalah penggunaan hijab yang tepat adalah faktor utama untuk menghindari rasa sakit atau ketidak nyamannya mengenakan hijab. Jadi semua kembali pada masing-masing yah, apa sudah benar atau belum dalam mengenakan hijab.

Baca juga: Dibalik Tetap Setia dengan Hijab Segiempat

Tips hijab Cara mengenakan hijab Kiat mengatasi pusing saat berhijab Model hijab Trend hijab Harga hijab Bahan hijab Kerudung

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Chika Andriyani
Chika Andriyani
Iya kadang kalau pemula sering banget tuh sakit kepala, mungkin tergantung cara pakai dan bahan yang dipakainya kali yah ka

RELATED POSTS

TRENDING ON HIJAB